Aksi Cegah Abrasi Tambakrejo


Kategori : Penanaman

Video sebelum kampanye alam .Aksi Cegah Abrasi Tambakrejo

Hasil kampanye alam .Aksi Cegah Abrasi Tambakrejo. pada .18-Dec-2016

Salam Sahabat Alam. Semoga selalu sehat dan menebar manfaat Kami, Lindungi Hutan, merupakan sebuah platform dan gerakan untuk membantu dan mendukung pelestarian ekosistem hutan di Indonesia. Hadirnya Lindungi Hutan berawal dari keresahan kami akan kondisi alam kita saat ini. Tahukan sahabat, bahwa seperti halnya manusia, dunia pun punya paru-paru? Dan salah satu paru-paru tersebut ada di Indonesia, tepatnya di Kalimantan. Bagaimana kondisi paru-paru kita saat ini? Berdasarkan data FAO tahun 2010, hutan dunia –termasuk didalamnya Indonesia—secara total menyimpan 289 gigaton karbon dan memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan iklim dunia (wwf.or.id).

Hal yang membuat kita prihatin ialah melihat sedikitnya 1,1 juta hektar atau 2% dari hutan Indonesia menyusut tiap tahunnya. Data Kementerian kehutanan menyebutkan dari sekitar 130 juta hektar hutan yang tersisa di Indonesia, 42 juta hektar diantaranya sudah habis ditebang (Kementerian Kehutanan RI, dalam wwf.or.id). Karena itulah, Lindungi Hutan hadir sebagai salah satu penggerak dalam pelestarian ekosistem hutan Indonesia.



Kampanye untuk melindungi alam menjadi sebuah cara yang kami lakukan untuk menjaga alam Indonesia yang luas nan indah ini. Pada setiap kampanye, kami memberikan kesempatan kepada partner (kelompok tani ??), pengguna (relawan), dan sponsor untuk ambil bagian dalam pelestarian lingkungan ini. Partner bertugas untuk penyediaan bibit dan melakukan kontrol terhadap pertumbuhan pohon. Pengguna dapat melakukan donasi dan penanaman pohon di tempat yang telah disediakan, begitu juga dengan sponsor. Lindungi Hutan menggunakan sistem yang dapat memberikan manfaat berupa monitoring terhadap rantai alur hasil donasi mulai dari pembibitan, penanaman, pemetaan tempat tanam, hingga efek yang dihasilkan dari pohon yang telah ditanam.

Laporan perkembangan dapat dilihat pada laman website lindungihutan.org. 3 hal yang menjadi fokus kami yakni penanaman pohon, pelestarikan hewan endemik Indonesia, dan menjaga ekosistem gunung.



Pada penanaman pohon kali ini, kami melakukan kerjasama dengan kelompok Camar (Cinta Alam Mangrove Arif dan Rukun) sebagai sebuah kelompok masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan di Desa Tambak Rejo, Kelurahan Tanjung Emas, Semarang. Kelompok Camar merupakan binaan dari Pertamina dan Universitas Negeri Semarang. Lokasi ini sangat sesuai untuk melakukan aksi kampanye, dikarenakan kondisi lingkungan yang sangat memprihatinkan.

Abrasi yang kian meluas dan ditemukannya lokasi yang tidak memiliki batas antara daratan dan lautan, mengakibatkan banyak rumah penduduk yang tenggelam akibat naiknya air laut. Selain itu, beberapa penduduk tetap bertahan di rumah mereka dengan kondisi permukaan lantai/tanah yang ditinggikan untuk menjaga agar air laut tidak menenggelamkan rumah, sehingga kondisi rumah menjadi sangat rendah.



Di lokasi yang dulunya dipakai sebagai lapangan sepak bola, kini hanya menjadi kenangan bagi mereka yang dulu pernah merasakannya. Lokasi ini sekarang menyatu dengan lautan pantai utara Pulau Jawa. Tak hanya sampai di situ, abrasi dan erosi yang terjadi menyebabkan rusaknya kondisi jalan yang ada pada Desa Tambak Rejo ini. Seperti yang diketahui, bahwa daerah Tanjung Emas terdapat sebuah pelabuhan yang dikenal dengan Pelabuhan Tanjung Emas. Pelabuhan yang langsung menghadap ke Laut Jawa ini merupakan jantung utama pusat perekonomian dan pengiriman melalui ekspedisi laut di Semarang. Maka, tidak heran jika banyak perusahaan industri yang berlokasi di sini.

Dengan banyaknya perusahaan yang membangun pabrik di Tanjung Emas, maka kawasan ini memiliki polusi udara yang tinggi. Menjadikan terganggunya keseimbangan antara industri dan lingkungan. Oleh sebab itu, melalui kampanye alam yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Desember 2016 nanti, kami mengajak para pecinta, pemerhati, dan sahabat alam semua untuk bergabung besama, memberikan kontribusi terbaik untuk kelestarian alam kita dalam bentuk donasi. Semoga kebaikan yang sahabat berikan dibalas dengan yang lebih baik lagi oleh-Nya. Anda dapat berdonasi atau gabung Aksi pada kampanye alam di Tanjung Mas ini.

Anda dapat berdonasi sebesar Rp 3.000,00/Pohon. Anda akan mendapatkan fasilitas dari donasi Anda berupa:

1. Certificate Digital Apreciate
2. Akses Monitoring Perawatan, Perkembangan dan dampak penanaman pada aplikasi "Lindungi Hutan"
3. Biaya perawatan tanaman selamanya
4. Pohon donasi Anda akan mendapatkan nama berdasarkan nama anda, anda dapat memantau lokasinya di aplikasi "lindungi hutan"

Keterangan : Baca aturan pengguna pada klik.

Donasi Anda dipergunakan untuk (Rp 3.000,00) :

1. Pembelian Bibit Mangrove

2. Perawatan Tanaman (Selamanya)

3. Pengembangan Platform Lindungi Hutan

4. Tenaga Survey Update perkembangan pohon yang dapat di akses di Platform Lindungi Hutan yang mana anda dapat memantau pertumbuhan pohon melalui aplikasi (selamanya).

Donasi anda akan membantu dalam pelestarian Ekosistem Hutan di Indonesia.
#Update Dokumentasi Penanaman di Tanjung Mas dapat di akses di https://goo.gl/Ha58oX

#Pantauan terakhir - Update Informasi 3 Bulan Sekali



Pak Junaidi

Ketua Kelompok Petani Camar



Jumlah

2,100 Pohon Hidup


Jumlah

13 Pohon Mati


Diameter Rata2

0.4 centimeter



Tinggi Rata2

35 centimeter


Umur Pohon

279 Hari


Emisi CO2 Terserap

-802.6 Kg




Proyeksi Kedepan :

Penanaman 2.113 pohon mangrove di Kawasan Konservasi Hutan Mangrove Tanjung Mas bertujuan untuk menciptakan ekosistem hutan mangrove yang dapat mengurangi abrasi dan erosi di 5 tahun kedepan.


Lindungi Hutan

Created Dec 11, 2016 Kelurahan Tanjung Mas Tambakrejo Semarang

2,113 Pohon dari total goal 2,000 Pohon

106 % Pohon Didonasikan dari 51 Donations