Sayang Pohon : Sayang Welahan


Kategori : Penanaman



Welahan adalah satu dari 15 desa yang berada di Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Letaknya di perbatasan kabupaten Jepara dengan Demak, dapat diakses melalui jalan utama yang menghubungkan Jepara dengan Demak.
-
Pada akhir tahun 2013 terjadi bencana banjir besar yang merendam hampir satu kecamatan termasuk Desa Welahan. Hampir empat tahun berlalu, telah dilakukan tindakan untuk mencegah banjir datang kembali dan tindakan waspada jika banjir datang oleh pemerintah, BPBD dan warga desa.
-
Untuk mendukung dan ikut serta dalam upaya pencegahan banjir, saya, Kukuh Mujiono dan kelima teman Agimoto Panggalo, Sutan Nur Achmad, Vita Melati, Loli Sinaga, dan Tasya Yunada yang sedang melakukan program Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro, berencana untuk melakukan penanaman pohon di Desa Welahan. Kampanye ini kami lakukan berbarengan dengan kampanye Sayang Welahan : Jangan Buang Sampah Di Sungai. Sehingga saling berkesinambungan untuk mendukung upaya pencegahan banjir.
-
Penanaman Pohon, walaupun bukan upaya paling besar, namun merupakan salah satu solusi untuk pencegahan banjir dan sekaligus menambah penghijauan. Bekerjasama dengan Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Karang Taruna Desa Welahan, kami berencana menanam 200 pohon dadap di daerah sekitar sungai di Desa Welahan.
-
Kegiatan kampanye ini akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2017 bertepatan dengan momen HUT RI ke-72 dengan juga melibatkan warga desa untuk ambil bagian sehingga sekaligus mengedukasi pentingnya pohon untuk kehidupan. Ketika warga desa sayang pohon maka mereka juga sayang Welahan.
#Update Kampanye Sayang Pohon : Sayang Welahan telah dilakukan sejak 7 Agustus – 17 Agustus 2017. Kami ucapkan terimakasih banyak kepada pada donatur karena selama 10 hari tersebut telah terkumpul donasi sebanyak 51 jenis pohon dadap. Jika di-rupiah-kan, harga per bibit Rp15.000 dikali 51 pohon adalah Rp765.000 (kena potong 5% untuk Lindungi Hutan)
-
Pada awal kampanye, kami berencana menanam jenis pohon dadap. Namun, kami kesulitan mencari jenis pohon tersebut di daerah Welahan. Sehingga kami melakukan diskusi dengan warga Desa Welahan untuk mengganti jenis pohon dadap dengan pohon lain yang tetap sesuai dengan lokasi di sini.
-
Akhirnya, kami memilih jenis pohon palem putri dengan biaya per bibit Rp20.000. Rincian dana sebagai berikut :
Bibit Pohon Palem Putri 31 bibit x Rp20.000 = Rp620.000
Biaya Sewa Pick-up Pengambilan Bibit Bangsri-Welahan = Rp100.000
Pengembangan Platform LH 5% = Rp38.250
Sisa = Rp6.750
-------------------------------------------------------------------------------------------+
Jumlah = Rp765.000
*sisa uang kami gunakan sebagai biaya tambahan untuk konsumsi saat penanaman.
-
Pada hari Kamis, 17 Agustus 2017, bertepatan dengan HUT RI ke-72, kami melakukan penanaman pohon palem putri di sepanjang sungai Boom Desa Welahan. Namun, tidak hanya satu jenis pohon saja. Bersama Tim KKN-PPM Universitas Dipongoro Desa Sidigede, yang masih satu wilayah kecamatan Welahan, kami juga mendapatkan 500 bibit pohon: mahoni, trembesi, sengon laut, tanjung, alpukat, dan nangka, dari Perhutani Bangsri, Jepara.
-
Tidak semua bibit dari Perhutani kami tanam di sepanjang sungai, sebagian besar kami hibahkan ke warga untuk ditanam sendiri di area lain. Sehingga yang kami tanam di sepanjang sungai adalah 31 pohon palem putri, dan 100 pohon mahoni, alpukat, dan tanjung.
-
Kegiatan penanaman ini bekerjasama dengan Karang Taruna dan masyarakat Desa Welahan. Semangat kami semakin bertambah besar dan me-raksasa berkat adanya dukungan dari mereka. Semoga masyarakat dapat menyayangi pohon-pohon sampai besar, sebesar semangat ketika menanam.
-
Dan, sekali lagi, terima kasih untuk donatur di Lindungi Hutan yang telah ikut menyayangi Desa Welahan dengan memberikan penghijauan untuk masyarakat Desa Welahan. Semoga segala semangat dan rasa sayang kita sampai juga ke desa-desa lain.
-
Terima kasih,
Salam sayang,
Kukuh, Agimoto, Loli, Vita, Tasya, dan
Masyarakat Desa Welahan.

#Pantauan terakhir - Update Informasi 3 Bulan Sekali



N/A

N/A



Jumlah

31 Pohon Hidup


Jumlah

0 Pohon Mati


Diameter Rata2

0 centimeter



Tinggi Rata2

100 centimeter


Umur Pohon

92 Hari


Emisi CO2 Terserap

0 Kg


Proyeksi Kedepan:


Kukuh Mujiono

Created Aug 07, 2017 Desa Welahan, Kecamatan Welahan

51 Pohon Terkumpul

© Lindungi Hutan - 2017