Pesisir Demak akan Hilang Di Telan Abrasi


Donasi Sekarang

Kategori : Penanaman

Video sebelum kampanye alam .Pesisir Demak akan Hilang Di Telan Abrasi


Donasi Sekarang

Kabupaten Demak, adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Demak. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat, Kabupaten Jepara di utara, Kabupaten Kudus di timur Pantai utara Jawa khususnya di pesisir Demak kondisinya kian hari kian memprihatinkan. Hal ini akibat abrasi yang melanda sejumlah desa di wilayah pesisir pantai tersebut. Di Desa Sriwulan Kecamatan Sayung Demak, tiap tahun warganya berkurang 10 persen akibat tak mampu lagi bertahan melawan abrasi.

Salah satu warga berkata bahwa selama ini warga yang berada di desa Sriwulan berupaya bertahan dengan meninggikan tanahnya melalui pengurukan. “ Tinggal di sini itu memiliki rumah pribadi namun ibaratnya ngontrak, setiap lima tahun sekali harus nguruk tanah biar enggak tenggelam, “ ungkap Anshori warga Pondok Raden Patah Sriwulan.

Warga yang tak mampu lagi bertahan memilih untuk pindah meninggalkan desa.



Gambar 1 : Rumah Warga Terkena Abrasi

Lebih parah, di timur desa Sriwulan tepatnya di Desa Bedono bahkan ratusan KK harus di pindahkan. Abrasi yang terjadi di Desa Bedono selama 20 tahun terakhir diperkirakan yang terbesar di kawasan pantai utara dan selatan Jawa dan bahkan di Indonesia.

Dusun Rejosari dan dusun Senik kini hanya menjadi kenangan, seluruh areal dusun telah terkikis abrasi. Pada 2006 sebagian besar rumah milik 206 KK di Dusun Rejosari Senik mulai terendam air. Setelah warga menuntut relokasi, mereka dipindahkan ke Desa Gemulak dan Sidogemah di Kecamatan Sayung. Selain Dusun Rejosari Senik, Dusun Tambaksari di Desa Bedono juga tenggelam, dari 66 KK, tinggal 7 KK yang masih tetap bertahan.



Gambar 2 : Rumah Warga Terkena Abrasi

Luas kawasan yang terkena erosi mencapai 2.116,54 hektare yang menyebabkan garis pantai mundur sepanjang 5,1 kilometer dari garis pantai di tahun 1994 lalu. Saat ini upaya yang telah dilakukan untuk meredam abrasi adalah dengan melakukan penanaman mangrove di bekas areal dusun yang telah tenggelam, upaya tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.



Gambar 3 : Rob Air Laut Naik ke Jalan Warga

Menurut salah satu tokoh masyarakat desa Sriwulan Agus Makmoen, dahulu ada jalan penghubung antara desa Sriwulan, Bedono sampai Timbul Sloko menuju Kecamatan Genuk yang bisa di lalui mobil. “ Kondisi terkini jalan penghubung desa tersebut kini sudah lenyap oleh abrasi.” Kisahnya. Penanaman mangrove sangat penting untuk keselamatan daerah ini dimasa mendatang.

Pada tanggal 24 Desember 2017 akan dilakukan penanaman mangrove dengan target penanaman 2000 pohon.

Donasi yang diperlukan untuk penanaman tersebut sebesar Rp 3.000 / Pohon . Donasi tersebut dipergunakan untuk pembelian bibit, biaya perawatan dan biaya operasional penanaman.

Mari kita menghijaukan Indonesia bersama-sama !!

Bagaimana Cara Berdonasi :

1. Klik tombol Donasi

2. Pilih jumlah pohon yang akan di donasikan , harga per pohon Rp 3.000,00
3. Pilih metode Pembayaran
4. Selesai

Terima Kasih

Source : Kompas TV, Jatengku.com

Donasi Sekarang

#Update Update Kampanye Dimulai Nanti Pada Tanggal Pelaksanaan 24-09-2017

#Pantauan terakhir - Update Informasi 3 Bulan Sekali



N/A

N/A



Jumlah

1 Pohon Hidup


Jumlah

0 Pohon Mati


Diameter Rata2

1 centimeter



Tinggi Rata2

1 centimeter


Umur Pohon

0 Hari


Emisi CO2 Terserap

0 Kg


Proyeksi Kedepan:


Lindungi Hutan

Created Sep 02, 2017 Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung Demak

       Anda bisa bergabung bersama kami dalam penanaman di kampanye ini

0 Pohon Terkumpul

  • There are no donations

© Lindungi Hutan - 2017