Lingkungan Nganjir Andong , Butuh dukungan


Kategori : Penanaman



Pendakian Gunung Andong via Basecamp Pesona Alam atau yang dikenal dengan kawasan “nganjir” merupakan kawasan yang mulai berkurang populasi pohonnya. Bahkan dimusim kemarau sering terjadi kebakaran hutan di daerah ini. Desa Jogoyasan merupakan desa yang menjadi basecamp pendakian gunung andong tepatnya di daerah Magelang Jawa Tengah.

Di sekitar kawasan itu juga, dulunya ada dua mata air yang menjadi sumber air bagi warga Dusun Temu Kidul, Desa Jogoyasan karena mata airnya yang besar dan tidak pernah kering di sepanjang musim kemarau.

Namun berbeda halnya dengan keadaan saat ini, dikarenakan yang terjadi saat ini mata air itu sangat kecil dan bahkan kering ketika terjadi musim kemarau.



Gambar ketika kekeringan melanda kecamatan Ngablak Magelang

Hal tersebut merupakan dampak dari berkurangnya populasi pohon yang ada karena penebangan pohon yang tidak beraturan. Sehingga kini diperlukan lagi penanaman pohon dengan harapan beberapa tahun kedepan, sumber air menjadi tersedia kembali.



Gambar beberapa aktifis lingkungan hidup melakukan penanaman di area andong yang mengalami kegundulan hutan

Selain itu, hewan-hewan endemik Gunung Andong juga banyak yang hidup di sekitar Pos 1 tersebut, seperti kera, ayam alas, elang jawa, jalak batu, dan jalak uren. Sehingga hewan-hewan endemic tersebut membutuhkan dukungan populasi hutan yang memenuhi sehingga hewan-hewan tersebut tidak berpindah tempat atau bahkan punah karena tidak adanya ketersediaan hutan yang cukup sebagai habitatnya.



Gambar kegiatan penanaman yang dilakukan oleh remaja pesona alam di area andong

Oleh karena itu, kami masyarakat Dusun Temu Kidul, Desa Jogoyasan, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, khususnya pengurus Basecamp Pesona Alam Temu Kidul sangat berharap ada komunitas-komunitas pecinta alam dan pemerhati alam serta pemerhati satwa yang mau menyempatkan serta bergerak bersama untuk menanggapi masalah tersebut.



Terutama dalam hal konservasi alam berupa pelindungan hutan dan penanaman pohon. Penanaman dan perawatan pohon yang dilakukan oleh komunitas pesona alam membutuhkan dukungan dari kita semua agar hutan wilayah andong tetap terjaga ekosistemnya.

Kita bisa ikut berkontribusi dalam penanaman pohon yang di adakan pada 6Januari 2018 , dimana Anda dapat membantu penanaman pohon ataupun berdonasi untuk biaya pembelian bibit dan perawatan pohon.

Donasi yang dibutuhkan sebesar Rp 25.000/Pohon Donasi tersebut digunakan untuk biaya pembelian bibit dan perawatan pohon.

Bagaimana Cara Berdonasi :

1. Klik tombol Donasi
2. Pilih jumlah pohon yang akan di donasikan , harga per pohon Rp25.000,00
3. Pilih metode Pembayaran
4. Selesai


Anda Juga dapat bergabung dalam penanaman pohon dengan cara :


1. Klik tombol Gabung Aksi
2. Pilih Kampanye Alam yang di ikuti
3. Selesai

Laporan keuangan kegiatan penanaman akan di cantumkan dalam aplikasi ini.

Terima Kasih
#Update Update Kampanye Dimulai Nanti Pada Tanggal Pelaksanaan 31-12-2017

#Pantauan terakhir - Update Informasi 3 Bulan Sekali



N/A

N/A



Jumlah

1 Pohon Hidup


Jumlah

0 Pohon Mati


Diameter Rata2

1 centimeter



Tinggi Rata2

1 centimeter


Umur Pohon

10 Hari


Emisi CO2 Terserap

-0 Kg


Proyeksi Kedepan:


Pesona Alam

Created Sep 15, 2017 Desa Jogoyasan, Kec. Ngablak , Magelang

49 Pohon Terkumpul

© Lindungi Hutan - 2018