Connect with us

Pendukung

Melawan Krisis Iklim! Cerita Malian Nasiha dan Renita Putri Yulianti Rutin Donasi Online

Published

on

Melawan krisis iklim dengan berdonasi pohon.

Krisis iklim merupakan salah satu dampak buruk akibat pemanasan global (global warming). Berbagai permasalahan perubahan iklim yang terjadi telah menyadarkan Malian Nasiha dan Renita Putri Yulianti untuk berkontribusi dalam upaya penghijauan. Berdonasi online di LindungiHutan menjadi salah satu cara mudah yang mereka berdua lakukan.

Barang kali kita sudah kelewat sadar jika kondisi bumi makin hari semakin panas, sepanas foto mantan yang glow up setelah ditinggal!

Namun, kenapa aksi-aksi dan upaya mitigasi tampaknya masih sepi dilakukan? Apakah karena segmented dengan orang-orang dalam circle tertentu sehingga gaungnya tidak terdengar luas? Atau memang kenyataannya masih belum dilakukan secara optimal?

Kalau mengutip dari databoks.katadata.co.id, mayoritas atau 71,1% masyarakat Indonesia menilai isu perubahan iklim serius dan berpotensi mengancam kehidupan masyarakat. Presentasi tersebut merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara.

Angka tersebut seharusnya menumbuhkan optimisme kita bersama untuk percaya dan mau berubah dan berbenah bersama menangani bencana krisis iklim. 

Percayalah! Isu soal krisis iklim bukanlah tema-tema yang hanya boleh dibahas oleh elitis atau ilmuwan kelas atas yang berbicara dengan bahasa sains. Perbincangan soal krisis iklim seharusnya dibawa di meja coffeeshop anak muda, burjo depan kos, maupun angkringan pinggir pasar.

Pembahasan krisis iklim harusnya dikemas semudah mungkin dan dikaitkan dengan aktivitas sehari-hari yang berdampak langsung. Dengan demikian, kita semua bisa relate dan tak lagi mengawang-awang ketika berbicara mengenai hal tersebut.

Jika kesadaran kolektif akan pentingnya mitigasi perubahan iklim telah terwujud, langkah berikutnya adalah mendorong segala upaya realisasinya. Mulai dari hal sekecil apapun yang kamu bisa! Nyatanya, kepedulian terhadap lingkungan bisa diwujudkan lewat banyak hal.

Baca juga: Alicia Novinta Dhini Soetopo: Setia Berdonasi Pohon Bersama LindungiHutan Sejak Tahun 2019

Gerakan diet kantong plastik, apresiasi kolaborasi brand untuk penanaman pohon, hingga tagar activism, semua itu bisa kamu lakukan dari tempat tidurmu. Intinya, tak perlu takut untuk mulai dari mana, kapan, dan bagaimana?

Kalau kata Ben, CEO LindungiHutan, menyebarkan konten edukasi di media sosial sudah merupakan langkah awal positif yang nantinya bisa diikuti langkah-langkah besar lainnya.

Kenalan dengan Donatur of The Month Malian Nasiha (November) dan Renita Putri Yulianti (Oktober)

Malian Nasiha dan Renita Putri adalah contoh nyata bagaimana anak muda mengambil peran dalam upaya pelestarian lingkungan. Malian dan Renita adalah dua donatur yang mendapatkan apresiasi dari LindungiHutan atas kontribusi donasinya.

Bukti upaya melawan krisis iklim yang dilakukan oleh Renita.
Sertifikat Donors of The Month Renita oleh LindungiHutan.

Perkenalan Renita dengan LindungiHutan berawal dari postingan di Instagram yang berlanjut dengan kepo-kepo beberapa kegiatan.

“Oh iya, pas itu baca storie­-nya Kak Asabelia penulis yang ultah Jimin BTS, terus lihat-lihat Instagram LindungiHutan. Lihat-lihat kegiatannya apa saja, gimana cara donasinya,” Tutur Renita.

LindungiHutan adalah platform penggalangan dana untuk hutan serta mencakup kegiatan seperti aktivitas penghijauan, kolaborasi dengan mitra, UMKM, dan perusahaan, pemberdayaan penggerak atau mitra lapangan di berbagai daerah, hingga edukasi masyarakat terkait hutan dan alam.

Malian dan Renita masing-masing memiliki alasan melakukan donasi pohon. Namun, keduanya memiliki kesamaan concern terhadap perubahan iklim yang terjadi.

“Aku liat akhir-akhir ini banyak berita krisis iklim, dan yang aku baca pohon mangrove banyak manfaatnya,” Jelas Malian.

Sertifikat donatur of the month Malian.
Sertifikat Donors of The Month Malian atas kontribusi aktifnya berdonasi pada Bulan November 2022.

Sementara itu, Malian menuturkan keinginannya untuk turut melindungi keseimbangan ekosistem sebagai upaya menjaga keasrian bumi.

“Kenapa saya tertarik berdonasi di LindungiHutan, selain hal ini untuk melindungi keseimbangan ekosistem, ini juga sebagai langkah kecil upaya menjaga keasrian bumi yang sekarang mulai gersang dan panas,”

Baik Malia maupun Renita mengaku merasa mudah ketika melakukan donasi pohon bersama LindungiHutan. Sebab, donasi bisa dilakukan melalui beberapa alternatif pembayaran.

“Mudah kok, bisa pakai Dana, Gopay, apa aja bisa,” Ungkap Malia.

Terakhir, Malia berharap ke depannya LindungiHutan bisa makin jaya dan amanah.

“Harapan untuk LindungiHutan, semoga makin jaya, tetap amanah agar bisa membantu daerah yang membutuhkan,” Pungkas Malia.

Baca juga: Alasan Donasi Pohon Devi Purnamasari, Deforestasi Jadi Pemicu Bersama LindungiHutan! (2022)

Ambil Langkah Nyata dengan Menanam Pohon Bersama LindungiHutan Hanya 10 Ribu Rupiah

LindungiHutan telah dipercaya 40 RIBU sahabat alam untuk menanam pohon dengan mudah, transparan, dan berkelanjutan. Kami menjalin kerja sama dengan puluhan petani bibit dan masyarakat sekitar hutan untuk memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan