Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) Tanam 353 Pohon di Jakarta

Bersama LindungiHutan, MAPA menginisiasi kampanye alam "Planting A Better Future" sebagai bentuk aksi nyata bersama menghijaukan Indonesia dengan menanam 353 mangrove di Ekowisata Hutan Mangrove PIK
PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) menanam 353 pohon di Jakarta bersama LindungiHutan.
Bersama LindungiHutan, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) menginisiasi program penghijauan "Planting A Better Future" sebagai bentuk aksi nyata bersama menghijaukan Indonesia. MAPA sukses menanam 353 pohon mangrove di Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Kapuk Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Tanaman bakau (Rhizophora sp.) dipilih karena menyimpan banyak manfaat, salah satunya dapat mencegah intrusi air dan abrasi.
Video Dokumentasi Kegiatan PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) di Ekowisata Hutan Mangrove PIK, Jakarta.

PT MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) adalah bagian perusahaan dari PT Mitra Adiperkasa, sebuah perusahaan ritel terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 2.400 toko ritel. Berdiri pada tahun 1995, MAP mengalami pertumbuhan pesat selama bertahun-tahun ditandai dengan peluncuran saham perdana perusahaan pada bulan November 2004.

Kini MAP adalah peritel gaya hidup terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 2.600 gerai ritel dan beragam portofolio yang mencakup sports, fashion, department stores, kids, food & beverage serta produk-produk lifestyle. Beberapa merek terkemuka yang dikelola oleh MAP antara lain Starbucks, Zara, Marks & Spencer, SOGO, SEIBU, Oshkosh B’Gosh, Converse.

Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia, MAP memiliki lebih dari 25.000 karyawan, MAP memenangkan penghargaan Most Admired Companies (Top 20) dari Fortune Indonesia pada tahun 2012, Top 40 Companies dari Forbes Indonesia pada tahun 2011 dan Top 50 Companies dari Forbes Indonesia pada tahun 2020. Selain dari bidang usaha ritel, MAP juga merupakan distributor terkemuka untuk merek-merek sports, kids, dan lifestyle.

Implementasi Tanggung Jawab Sosial-Lingkungan PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) di Bidang Lingkungan

Komitmen perusahaan untuk turut bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan diwujudkan oleh PT MAP Aktif Adi Perkasa (MAPA) sebagai anak perusahaan MAP. Dalam hal ini, MAP melakukan penghematan penggunaan energi, seperti pemanfaatan bohlam dan monitor LED, juga mematikan lampu dan AC di kantor pusat pada saat jam istirahat serta sesuai jam kerja.

Tahun 2020, akibat adanya kebijakan Work From Home, konsumsi energi di kantor pusat menurun sebanyak 31,58% menjadi 1,69 Gwh dibandingkan konsumsi tahun sebelumnya sebesar 2,47 Gwh.

Tahun 2020 juga menjadi momen MAP melantik 88 karyawan yang mendaftar menjadi relawan Green Champions yang berkomitmen untuk menerapkan praktik-praktik berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari, serta berusaha mengajak karyawan lainnya guna menerapkan gaya hidup yang lebih berkelanjutan.

Selain itu, dalam rangka membantu pengurangan sampah plastik serta mendukung peraturan pemerintah untuk mengurangi plastik, tas belanja pada gerai-gerai MAP kini sudah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Pada akhir tahun 2020, 86% tas belanja sudah menggunakan bahan dasar kertas atau spunbond bag yang bisa digunakan secara berulang-ulang.

Baca juga: Penerbit Haru Tanam Ratusan Pohon di Kendal Jawa Tengah

PT Map Aktif Adiperkasak Tbk (MAPA) Berkolaborasi Bersama LindungiHutan Guna Implementasi Program CSR Lingkungan

Karyawan MAPA ikut hadir dalam pelaksanaan program CSR penghijauan di ekowisata hutan mangrove PIK, Jakarta Utara.
Foto bersama karyawan MAPA yang hadir dalam program penanaman pohon mangrove bersama LindungiHutan. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Konsen MAPA terhadap kelestarian lingkungan ternyata tak hanya berhenti dalam praktik menjalankan bisnisnya. Lebih dari itu, MAPA turut serta berkontribusi secara langsung dalam konservasi hutan dan lingkungan dengan melakukan kegiatan CSR.

Bersama LindungiHutan, MAPA menginisiasi kampanye alam ‘Planting A Better Future’ sebagai bentuk aksi nyata bersama menghijaukan Indonesia.

Melalui kampanye alam tersebut, MAPA sukses mengumpulkan 353 pohon Mangrove Rhizophora dan ditanam di Pantai Indah Kapuk (PIK) Kota Jakarta Utara pada tanggal 9 September 2022. Adapun, proses penanaman pohon berlangsung lancar dan diikuti secara antusias oleh internal MAPA serta dibantu Dinas Kehutanan dan Pertamanan.

MAPA sebagai pelaku industri sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan bumi. Apa yang dilakukan oleh MAPA sudah semestinya kita apresiasi. Berbagai upaya konservasi hutan dan penghijauan harus senantiasa kita dukung demi terwujudnya bumi yang hijau kembali.

MAPA Menanam 353 Pohon Mangrove di Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara

Pantai Indah Kapuk (PIK) adalah sebuah komplek perumahan yang lokasinya terletak di Penjaringan, Jakarta Utara, serta Kapuk, Jakarta Barat. Awalnya, proyek pembangunan kompleks perumahan ini sempat mendapat kritikan akibat berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan menyalahi peraturan yang berlaku.

Adanya kompleks perumahan tersebut juga menuai kontroversi akibat pembangunannya yang dilakukan di atas lahan yang sebelumnya adalah hutan mangrove dan rawa. Seiring berjalannya waktu, sejak tren ekowisata mulai digemakan, pembangunan Hutan Mangrove PIK kembali direncanakan.

Lokasi yang dipilih berada di Jl. Katamaran Indah 1 RT.7, RT1/RW7, Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Ibukota Jakarta. Lahan seluas 99,82 hektare tersebut penuh tertanami ribuan bibit mangrove. Hingga sekarang, kawasan Ekowisata Mangrove PIK menjadi salah satu lokasi wisata primadona warga Jakarta dan sekitarnya.

Guna mempertahankan ekosistem serta melestarikan alam di wilayah Pantai Indah Kapuk, MAPA bersama LindungiHutan melakukan penanaman pohon bakau (Rhizophora sp.). Pohon bakau dipilih karena menyimpan banyak manfaat seperti:

  • Mencegah intrusi air dan abrasi,
  • Menyerap emisi Karbon Dioksida,
  • Sebagai habitat ikan,
  • Menjaga kualitas air,
  • Sarana wisata dan pendidikan.

Baca juga: BCA Insurance Jalankan Program Penghijauan di Bekasi

Semoga inisiasi penanaman mengrove oleh PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) dapat memberikan dampak baik bagi lingkungan maupun masyarakat setempat.

Muhamad Iqbal
Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.