Kampanye Alam "Bantu POKDARWIS Pagatan Besar KALSEL" - LindungiHutan

Bantu POKDARWIS Pagatan Besar KALSEL

Dibuat: Berkat Mangrove | Aug 12, 2018

Lokasi: Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung | Kota: Pagatan Besar

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Riau


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia sekaligus memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pengelolaan wilayah pesisir pantai merupakan pekerjaan yang penting untuk menghindari abrasi pantai serta menahan gelombang dan angin laut yang dapat merusak ekosistem dan perumahan penduduk yang berdekatan dengan pantai.



Foto : Proses Pembuatan Lokasi Untuk Penanaman

Kalimantan memiliki garis pantai sepanjang 8.054 km yang terbentang dari semenanjung Sambas sampai Pulau Nunukan di dekat Sabah. Sebagian besar garis pantai ini tersebut berhadapan dengan pantai yang dangkal disusul hutan mangrove dan hamparan lumpur atau pasir di belakangnya. Pada beberapa tempat yang sempit ditemui pantai berbatu dan muara sungai yang membentuk ekosistem agak berbeda.


Foto : Proses Pembibitan


Hutan mangrove adalah vegetasi pohon yang menempati pantai berlumpur di dalam wilayah pasang surut, dari daerah pasang tertinggi sampai pasang terendah (surut). Peranan hutan mangrove sangat banyak, diantaranya dapat memperlambat arus air yang mengandung lumpur dan dapat mengendapkan partikel lumpur tersebut dalam suatu proses pembentukan endapan di sisi dataran hutan mangrove.

Hutan mangrove dapat menahan gelombang air dan melindungi endapan yang telah terbentuk dari pengaruh pasang surut. Fungsi lainnya adalah sebagai habitat yang baik bagi banyak spesies seperti ikan, udang-udangan, molusca dan lain-lain. Hutan mangrove juga sebagai pemasok zat hara organik melalui rantai makanan detritus.



Foto : Lokasi Disekitar Penanaman

Begitu pentingnya peranan hutan mangrove, maka sudah selayaknya kita semua turut perduli menjaga dan melestarikan hutan tersebut. Sebagai contoh, sebuah bencana terjadi akibat rusaknya hutan mangrove, terjadi di Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung. Pada tahun 1983 terjadi abrasi sedalam hampir 100 meter pada wilayah pesisir tersebut sepanjang hampir 800 meter.



Foto : Proses Pembibitan Oleh Petani Bibit

Melihat kondisi abrasi yang terus terjadi, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Pangatan Besar melakukan aksi nyata dengan melakukan penanaman pohon mangrove. Aksi ini akan dilaksanakan di Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Melalui Kampanye ini, POKDARWIS Pagatan akan melaksanakan penanaman pada tanggal 09 September 2018 dengan target 2000 pohon mangrove. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Indra Winarta

21 Pohon

Setyo

17 Pohon

Semangat terus Lindungi Hutan

Anonymous

10 Pohon

semoga semakin banyak orang-orang yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan

nurul iman

10 Pohon

Semoga alam kita semakin lestari

Anonymous

7 Pohon

  • Anonymous

    7 Pohon

  • BAYU SAMUDRA

    4 Pohon

    Sedikit tapi menyelamatkan Alam., Hutan Indonesia adalah warisan yang harus dijaga.

  • Anonymous

    5 Pohon

  • Tridika

    5 Pohon

    Semoga hutan Indonesia tetap terjaga

  • Anonymous

    4 Pohon