Kampanye Alam "Bantu POKMASLAWISMA Bagek Kembar Lombok Barat" - LindungiHutan

Bantu POKMASLAWISMA Bagek Kembar Lombok Barat

"Dulu, pematang tambak sekitar sini utuh mas. Pohon-pohon Avecinea nya juga banyak. Sekarang.. tinggal akarnya saja, Mas. - Agus Alwi (NTB)"

Dibuat: Agus alwi | Aug 07, 2018

Lokasi: Kecamatan Sekotong, NTB | Kota: Lombok Barat

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Riau

8 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Assalamu’alaikum Sahabat Alam,
Salam Lestari!

Perkenalkan, nama Saya Agus Alwi. Saya berasal dari sebuah daerah kecil di Timur Indonesia, yaitu Dusun Madak Belek, Desa Cendimanik, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dulu, pematang tambak di lokasi ini masih utuh. Pohon bakaunya banyak. Sedangkan, saat ini keadaannya cukup memprihatinkan. Pematangnya hilang dan pohonnya pun hanya ada beberapa tegakan karena sebagiannya telah roboh terkena abrasi.

Hal tersebut membuat saya dan teman-teman Kelompok Pengelola Wisata Mangrove (POKMASLAWISMA) Bagek Kembar tergerak untuk melakukan aksi. Kami berniat dan telah berupaya memperbaiki kondisi tersebut, sayangnya masih terkendala teknik dan biaya.

Harapan kami, setelah masalah ini teratasi adalah abarasi tidak terjadi lagi, masyarakat bisa sejahtera dari hasil tangkapan di sekitar hutan mangrove dan mendapat nilai ekonomi lebih dari hasil pengunjung yang berwisata - Agus Alwi.



Foto : Teknik yang digunakan untuk penanaman

Menurut Bank Dunia, Tahun 2005 di Indonesia ada sekitar 80 persen satwa liar spesies kunci berada di luar hutan konservasi di dataran rendah. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mendorong wilayah-wilayah itu menjadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE). Dengan menjadi KEE, wilayah tersebut akan mendapatkan perhatian dari pemerintah agar ekosistemnya terjaga dan lestari yang pada akhirnya dapat menjamin keberadaan satwa spesies kunci.

Foto : Penanaman dibulan Juli 2018

Salah satu ekosistem yang mendapat perhatian adalah ekosistem mangrove. Mangrove sering disebut hutan bakau, merupakan ekosistem peralihan antara darat dan laut. Ekosistem ini dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Fungsi ekosistem mangrove sangat banyak, diantaranya menjaga stabilitas pantai, mencegah abrasi, menangkap sedimen (mencegah sedimentasi), tempat hidup berbagai satwa burung, ikan, mamalia, dan aneka binatang, meredam gelombang tinggi (tsunami), dan sebagai obyek destinasi wisata alam.



Foto : Penanaman disekitar lokasi

Di Kabupaten Lombok Barat dengan panjang garis pantai mencapai kurang lebih 235 kilometer (Sumber: Perhitungan dari Peta RBI 1:25.000) terdapat beberapa segmen pantai yang memiliki ekosistem mangrove. Salah satu yang sangat menonjol terlihat adalah di Teluk Lembar. Panjang garis pantai d Teluk Lembar kurang lebih 27 kilometer membentang dari Pantai Cemare hingga Pantai Kadinan. Lokasi yang paling banyak ditumbuhi mangrove adalah di sisi utara (Dusun Cemare) dan sisi selatan (Desa Cendi Manik dan Desa Yet Mayang/Lembar).



Foto : Lokasi penanaman di kala senja

Akhir tahun 2017, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB melalui Barat, Dinas Lingkungan Hidup Lombok Barat menginisiasi Forum Pelestari Mangrove Lombok Barat sebagai tempat untuk berkumpul berdiskusi melestarikan ekosistem mangrove di Lombok Barat. Sebagai kelanjutannya akan ditetapkan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Mangrove Lombok Barat pada tahun 2018.

Source: begekkembar

Nah, melalui kampanye ini, POKMASLAWISMA Bagek Kembar akan melaksanakan aksi penanaman pada tanggal 4 November 2018 dengan target 2000 pohon mangrove. Hanya dengan berdonasi Rp 5.000/pohon, kamu sudah mendapat 1 bibit pohon beserta perawatannya.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Tunggu apalagi?
Yuk, bantu saudara kita di NTB melindungi hutan!
Caranya ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai
Kamu juga bisa Gabung Aksi penanaman, lo. Cukup klik Tombol “Gabung Aksi” dan kamu sudah ikut berkontribusi melindungi hutan*.
Salam Lestari!!
*Biaya ditanggung peserta.

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Dekiyusuf

100 Pohon

Salam lestari

Last Child

50 Pohon

Jaga Bumi bersama untuk Kita

WidjonoAhmad

30 Pohon

Agung Setyawan

20 Pohon

Dina Apriyana

20 Pohon

Semoga apa yang telah saya berikan dapat bermanfaat bagi semua orang. Karena kita satu, siapa kita? INDONESIA. #Gerakanpemudapedulilingkungan