Kampanye Alam "1000 Pohon untuk Tambaksari Cilacap" - LindungiHutan

1000 Pohon untuk Tambaksari Cilacap

"Kondisi di tempat kami pratikum ini sedang dalam keadaan tidak menguntungkan, maka dari itu kami ingin membantu masyarakat dengan mengembangkan potensi yang ada - Syafia (UIN Jakarta)"

Dibuat: Nesa putri syafia | Aug 08, 2018

Lokasi: Tambaksari, Cilacap | Kota: Cilacap

9 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.

Assalamu’alaikum, Hallo Sahabat Alam.

Sudah pernah ke Dusun Tambaksari Cilacap?
Perkenalkan, nama saya Nesa Putri Syafia dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Prodi Kesejahteraan Sosial. Saat ini, Saya dan teman-teman sedang melakukan praktikum 2 di Dusun Tambaksari, Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.



Foto : Keadaan di Dusun Tambaksari

Kami menyadari kondisi di tempat kami pratikum ini sedang dalam keadaan tidak menguntungkan, maka dari itu kami ingin membantu masyarakat dengan mengembangkan potensi masyarakat dusun tambaksari agar dapat beralih profesi dari petani ilegal kayu jati menjadi petani kreatif penghasil minyak kayu putih.

Tanah yang tandus menjadikan alasan kebanyakan warga dusun tambaksari kesulitan dalam mengolah kegiatan pertanian yang mereka miliki, selain itu, faktor irigasi yang belum maksimal menyebabkan sering terjadinya gagal panen dan setelah itu perekonomian para petani dan buruh petani menjadi tidak stabil. Hal ini juga menyebabkan para warga dusun tambaksari berbondong bondong mencari mata pencaharian lain.



Foto : Di sekitar Lokasi Penanaman

Desa Binangun sendiri dikelilingi dengan perhutanan kayu jati milik pemerintah yang dikelola oleh perhutani. Ini merupakan salah satu modal SDA yang dimiliki oleh Desa Binangun, Dusun Tambaksari. Masyarakat beralih profesi menjadi penebang kayu jati liar (ilegal logging). Setelah itu mereka jual kepada warga desa yang menjadi pengrajin futniture kayu jati. Lalu mereka jual ke pembeli swasta.

Pembangunan yang baik adalah pembangunan yang dapat memperhatikan keseimbangan Ekologis dan berkelanjutan. Program penanaman 1000 pohon kayu putih ini adalah upaya untuk menciptakan sumber ekonomi baru agar menciptakan masyarakat yang sejahtera dengan memperhatikan keseimbangan ekologis dan keberlanjutan - Nesa Putri Syafia (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Source: forestry information

Nah, melalui Kampanye ini, Prodi Kesejahteraan Sosial UIN Jakarta akan melaksanakan penanaman pada tanggal 28 Oktober 2018 dengan target 1000 Pohon Kayu Putih. Hanya dengan berdonasi Rp 7.000/pohon, kamu sudah mendapat 1 bibit pohon beserta perawatannya.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Tunggu apalagi?
Yuk, bantu saudara kita di Cilacap melindungi hutan!
Caranya ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Kamu juga bisa Gabung Aksi penanaman,lo. Cukup klik Tombol “Gabung Aksi” dan kamu sudah ikut berkontribusi melindungi hutan*.
Salam Lestari!!
*Biaya ditanggung peserta.

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

50 Pohon

Nugraha

20 Pohon

Kegiantan ini sangat positif. Selain untuk menjaga keletarian hutan, juga dapat membantu ekonomi warga sekitar.

Kusnadi

20 Pohon

Semoga sukses!!!!

Alfarida Puteri Nur Nabila

20 Pohon

Anonymous

20 Pohon

Semoga sukses dengan program pemberdayaan masyarakat, sekaligus pelestarian alam nya yaa

  • Mitra Mobilindo

    10 Pohon

    Semoga bermanfaat

  • Anonymous

    14 Pohon

  • Anonymous

    7 Pohon

  • Anonymous

    3 Pohon

    Bismillah! Semoga bermanfaat :)

  • Anonymous

    3 Pohon