Kampanye Alam "Cegah Abrasi Pesisir Bengkulu" - LindungiHutan

Cegah Abrasi Pesisir Bengkulu

"Menyumbang pohon berarti ikut serta berpartisipasi dalam menyelamatkan pesisir dan kehidupan di pesisir - Wawan Stawan (Komunitas Mangrove Bengkulu)"

Dibuat: Komunitas Mangrove Bengkulu | Aug 28, 2018

Lokasi: Pantai Panjang dan Pulau Baai | Kota: Bengkulu

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Bengkulu

27 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Assamu’alaikum Wr Wb, Salam Lestari!

Hai sahabat, perkenalkan nama saya Wawan Stawan (25 Tahun) lulusan Sarjana Kehutanan Universitas Bengkulu. Saat ini, saya tergabung dalam Komunitas Mangrove Bengkulu. Komunitas ini berdiri 26 Agustus 2013 atas inisiasi para pendiri yang memandang perlu adanya suatu gerakan di wilayah pesisir Bengkulu yang berkonsentrasi kepada hutan mangrove.

Sejak 2013, komunitas Mangrove Bengkulu berfokus pada Pelestarian Mangrove dengan melakukan kegiatan pendidikan dan penanaman (baik kerja sama antara lembaga pendidikan, pemerintah maupun lembaga keagamaan dan masyarakat). Melakukan kerja sama dengan pihak-pihak pemegang izin wilayah yang mengindikasikan adanya ekosistem hutan mangrove. Melakukan sosialisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk penyadartahuan arti penting keberadaan hutan mangrove serta manfaat ekonomi dari hutan mangrove. Eksplorasi jenis-jenis mangrove yang ada di Bengkulu serta melakukan pendidikan dan pelatihan kepada anggota komunitas Mangrove.



Foto : Lokasi Pesisir Pantai

Bengkulu memiliki garis pantai yang sangat panjang dan tingkat abrasi yang tinggi. Kondisi hutan mangrove di Bengkulu hingga saat ini masih mengalami penurunan drastis baik karena degradasi lahan maupun konversi lahan untuk di jadikan tambak maupun pemukiman warga. Hutan yang masih ada kita pertahankan dan yang terlanjur berkurang kita tanami.



Foto : Penamanan Bersama

Pada kegiatan sosialisasi yang dilakukan dan wawancara langsung terhadap masyarakat didapat data bahwa pertama ketika terjadi angin barat dan gelombang besar air pasang naik sampai ke rumah-rumah warga karena hilangnya penahan alami gelombang dan jumlah tangkapan nelayan yang drastis menurun diikuti beberapa jenis komoditi nelayan yang hilang seperti udang dan jenis-jenis ikan tertentu karena hilangnya tempat tinggal dan berkembang biak.



Foto : Lokasi Penanaman

Kami berharap, semua pihak dapat bekerja sama bersama Komunitas Mangrove Bengkulu dalam upaya penyelamatan ekosistem mangrove terkhusus di wilayah Bengkulu. Menyumbang pohon berarti ikut serta berpartisipasi dalam menyelamatkan pesisir dan kehidupan di pesisir.

Melalui Kampanye ini, Komunitas Mangrove Bengkulu akan melaksanakan penanaman di Taman Wisata Alam Pantai Panjang dan Pulau Baai pada tanggal 25 November 2018 dengan target 2000 pohon mangrove. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 8.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Gusti Rizky Sukma Iskandar Putera

21 Pohon

Semangat!!!

Last Child

20 Pohon

Jaga Bumi bersama untuk Kita

Rebi Novrida

12 Pohon

Semangat Selalu lindungi hutan

Heri Septiawan

12 Pohon

Ayo semangat

Anonymous

12 Pohon

  • Anonymous

    3 Pohon

  • Abdul Basith

    3 Pohon

    Mari kita kembalikan jargon Indonesia negeri zamrud khatulistiwa yang kini sudah semakin terkikis karena perilaku manusia yang merusak. Dengan menggalakkan kembali reboisasi. Salam Hijau

  • Amalia Putri

    5 Pohon

    Semangatt ! :)

  • Anonymous

    4 Pohon

    Mangrove, sang pahlawan ekosistem bagi wilayah pesisir bengkulu