Kampanye Alam "Lestarikan Habitat Kukang" - LindungiHutan

Lestarikan Habitat Kukang

"Bantu memulihkan habitat kukang akibat kebakaran hutan"

Dibuat: Kukangku Indonesia | Sep 03, 2018

Lokasi: Kawasan Hutan Konservasi Masigit - Kareumbi | Kota: Bandung

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Bandung

12 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini

Video sebelum kampanye alam Lestarikan Habitat Kukang


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Setiap tahunnya, sebanyak 2000 ekor kukang diburu dan diperjual belikan sebagai peliharaan. Kejahatan satwa terhadap kukang sulit dihentikan jika minat orang untuk memelihara selalu ada. Perilaku ini justru mendorong siklus perburuan dan perdagangan terus terjadi.

Terkadang, alasan orang membeli dan memelihara kukang adalah kasihan melihat kondisi kukang yang dijual. Bahkan ada juga yang beralasan bahwa memelihara kukang itu lebih baik daripada membiarkannya tinggal di alam yang semakin rusak akibat ditebangi, dibakar dan dialihfungsikan.



Foto : kebakaran di kawasaan habitat kukang

Sekilas, alasan tersebut terlihat tepat, namun hal ini tak lebih dari pembenaran yang tidak menyelesaikan permasalahan yang ada.

Akar permasalahan berupa kerusakan habitat cenderung dibiarkan, sedangkan kukang yang diambil dan dipelihara menciptakan permasalahan baru yang semakin pelik bagi kelestarian satwa. Mengambil kukang dari habitatnya dan memperlakukan mereka sebagai peliharaan sama saja dengan menghilangkan peran kukang bagi alam dan lingkungan.

Dalam waktu dekat ini, IAR Indonesia sebagai lembaga konservasi yang bergerak pada pelestarian kukang akan melaksanakan program pelepasliaran kukang di Kawasan Hutan Konservasi Masigit - Kareumbi. Pemilihan hutan Masigit - Kareumbi sebagai lokasi rilis telah melalui studi kelayakan habitat kukang.



Foto : tempat rencana pelepasliaran kukang

Akan tetapi kami tak bisa memungkiri bahwa sebagian kawasan hutan Masigit - Kareumbi pernah mengalami kebakaran hebat pada tahun 2015. Sebagian kawasan lainnya memang masih memungkinkan untuk digunakan sebagai lokasi pelepasliaran kukang. Namun untuk jangka panjang, area-area eks-kebakaran harus dipulihkan agar peran dan keberadaan hutan dapat memberi manfaat seperti sediakala.

Program penghijauan sebenarnya sudah dilakukan melalui program wali pohon oleh Wanadri selaku mitra untuk pengelolaan kawasan konservasi Masigit - Kareumbi. Program wali pohon ini sudah berjalan sejak 2008 lalu dengan jumlah pohon sebanyak 216.112 yang ditanam dan terpantau tumbuh. Sayangnya, kejadian kebakaran menambah beban penghijauan yang sudah dilakukan sebelumnya. Upaya rehabilitasi lahan eks kebakaran sudah dilakukan pada sebagian kawasan, namun 80% sisanya masih menunggu agar bisa kembali ditanami pohon pohon baru. Untuk mendukung program pelestarian kukang di Masigit - Kareumbi dan juga program wali pohon yang diinisiasi oleh Wanadri, Kukangku berinisiatif untuk mengajak teman teman semua bersama melakukan penghijauan dan memulihkan kondisi hutan eks kebakaran.

Bagaimana donasi ini digunakan
Setiap donasi yang terkumpul sebesar Rp. 50.000 akan mewakili satu bibit pohon yang diasuh dan dijamin selama 3 tahun. Bila dalam masa tiga tahun tersebut pohon mengalami kegagalan tumbuh atau kematian, maka pohon akan diganti pada musim tanam berikutnya.
Bibit pohon berupa jenis tumbuhan seperti Puspa, Manglid, Salam, Rasamala, dan Ki Sireum akan ditanam pada saat memasuki musim penghujan dan dipantau hingga usia pohon mencapai 3 tahun. Kami sadar bahwa keberadaan hutan Kareumbi tak hanya penting bagi kukang semata, tapi juga bagi seluruh elemen yang berada di sekitar Sumedang, Garut dan Bandung. Dan kami tak ingin bahwa kerusakan habitat ini menjadi alasan dan pembenaran bagi mereka yang memelihara kukang. Kini saatnya kita menjadi solusi dengan menjadi penyelamat hutan untuk habitat kukang. Bantu kami mewujudkannya. #JagaHabitatnya #LestariKukangnya

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Danar Ardhito

Rp200,000

danar ardhito

Rp120,000

Andi Sugiarto

Rp100,000

Anonymous

Rp50,000

Anonymous

Rp50,000