Kampanye Alam "Hijaukan Gunung Sumbing Kembali" - LindungiHutan

Hijaukan Gunung Sumbing Kembali

"Hutan yang rusak bukan hanya mengancam ekosistem hutan tetapi juga satwa liar yang terancam masuk ke pemukiman."

Dibuat: Lindungi Hutan | Oct 10, 2018

Lokasi: Gunung Sumbing | Kota: Wonosobo

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Temanggung

Video sebelum kampanye alam Hijaukan Gunung Sumbing Kembali


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi mengatakan kebakaran terjadi di petak 20 Resor Pemangku Hutan (RPH) Kecepit, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, Kesatuan Pemangku Hutan Kedu Utara.



Foto : Lahan hutan yang habis terbakar

Lokasi kebakaran di gunung Sumbing berada pada ketinggian di atas 2307,6 meter dari permukaan laut (mdpl). Kebakaran melanda kawasan hutan di gunung Sindoro dan meluas hingga Sumbing, baik masuk wilayah Kabupaten Wonosobo, Temanggung dan Magelang, sejak Jumat (9/9/2018). Kemudian api sempat padam pada Rabu (12/9/2018) namun kembali menyala pada Kamis (13/9/2018).



Foto : Kebakaran yang terjadi melahap sabana

Kobaran api di Gunung Sumbing semakin membesar lantaran embusan angin yang kencang dan banyaknya tanaman yang mengering pada musim kemarau. Luas area terbakar di gunung Sumbing mencapai 490 hektar dan berjarak lokasi kebakaran dengan lahan pertanian warga berkisar 4-5 kilometer.



Foto : Upaya petugas dalam memadamkan api

Tetapi bencana itu menyisakan pekerjaan rumah bagi semua pihak untuk mengembalikan fungsi hutan yang telah rusak itu kembali seperti sedia kala. Hutan yang rusak bukan hanya mengancam ekosistem hutan tetapi juga satwa liar yang terancam masuk ke pemukiman. Maka perlu dilakukan penanaman (penghijauan) kembali untuk mengembalikan fungsi hutan Gunung Sumbing.

Source: tribunnews, republika, regional.kompas, nasional.kompas, www.detiknews.com, youtube

Melalui Kampanye ini, Lindungi Hutan dan relawan dari Gunung Sumbing akan melaksanakan penanaman pada tanggal 09 Juni 2019 dengan target 2000 pohon. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 30.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Operasional Kegiatan
  4. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  5. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  6. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

3 Pohon

Salsabila Melati Astri

1 Pohon