Kampanye Alam "Pohon untuk Tirang yang Hilang" - LindungiHutan

Pohon untuk Tirang yang Hilang

"Yuk bantu cegah Abrasi Pantai tirang! Jangan biarkan abrasi ini terus meluas! Setiap kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan lain."

Dibuat: Lindungi Hutan | Oct 18, 2018

Lokasi: Pantai Tirang | Kota: Semarang

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Semarang

29 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Sebagai masyarakat Semarang, tahukah kamu jika dulu Semarang memiliki sebuah pulau di pesisir Tirang? Akibat Abrasi, kini pulau itu telah hilang. Pulau kecil tak berpenghuni ini berada di ujung Kampung Tapak, Tugurejo, Kota Semarang. Dulunya, pulau ini memiliki pohon mengrove yang rimbun, bahkan sempat dijadikan ikon keindahan wisata alam di Kota Semarang. Sayangnya, yang tersisa saat ini hanyalah garis pantai bekas Pulau Tirang yang hilang akibat tenggelam.

Di balik kisah sedih tersebut, tempat ini masih menyimpan sisa-sisa keindahan, berupa Pantai Tirang. Lokasi Pulau Tirang yang berada di antara kawasan tambak pesisir utara, di bibir pantai Laut Jawa menyebabkan Pantai Tirang rentan terkena abrasi. Pantai Tirang yang dulu menjadi madona tempat rekreasi, kini seolah tak lagi menjadi daya tarik wisatawan. Hal itu karena keindahannya pun mulai pudar seiring abrasi yang terus menerus menggerus pantai ini.

Daya tarik pantai ini justru muncul dari sejumlah orang yang ingin menyelematkan wilayah ini dari derasnya air laut yang membuat garis Pantai Tirang terus berkurang. “Kami berusaha menyelamatkan aset-aset wisata di kampung kami. Diantaranya menyelamatkan sisa-sisa Pulau Tirang yang hilang tenggelam akibat abrasi. Sekarang sisanya tinggal garis pantai,” ujar Eko dikutip dari jatengtoday.com.



Foto : Penanaman LindungiHutan bulan Mei 2017

Melihat keadaan tersebut, Relawan LindungiHutan Semarang tergerak untuk membantu para sahabat alam untuk menyelamatkan Tirang dengan melakukan aksi penanaman.

Melalui Kampanye ini Relawan LindungiHutan Semarang akan melaksanakan penanaman pada tanggal 02 Desember 2018 dengan target 5000 pohon mangrove. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Bambang Kelik Budiharso

100 Pohon

Hijaukan Indonesia !

reboot™

52 Pohon

we love the earth and we hope more and more do too!

M. Ariozaki

40 Pohon

Panji pramana

20 Pohon

Anonymous

20 Pohon