Kampanye Alam "Bantu Yogyakarta Hadapi Abrasi di Pesisir Pantai Bugel" - LindungiHutan

Bantu Yogyakarta Hadapi Abrasi di Pesisir Pantai Bugel

"Yuk bantu donasi, karena disana banyak saudara kita yang harus diselamatkan."

Dibuat: Dani Dwi Karlina | Dec 03, 2018

Lokasi: Ring 1 Bugel, Panjatan, Kulon Progo | Kota: Yogyakarta

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Yogjakarta


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Perkenalkan, kami dari pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) Kulon Progo. Komunitas kami bergerak di bidang sosial. Kami bertugas untuk mendampingi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari PKH yang bertujuan supaya keluarga dari KPM PKH mencapai keluarga yang sejahtera mandiri.

Wilayah dampingan kami salah satu diantaranya adalah wilayah kecamatan Panjatan, Kulon progo yaitu desa Bugel. Beberapa KPM kami tinggal di wilayah Trans-Ring yang akan berdampak langsung bila terjadi abrasi atau rob. Sekitar bulan Agustus 2018 terjadi Rob yang menyebabkan air masuk sampai ke pemukiman warga. Hal ini karena tidak ada tanaman berupa pohon yang menahan ombak bila terjadi air pasang. Oleh karena itu perlu menanam kembali pohon yang terkena abrasi.



Foto : lokasi disekitar penanaman

Kondisi lokasi saat ini semakin parah, karena pasir pantai semakin terkikis. Penyebab kondisi sekarang ini karena kurang kesadaran/minimnya warga untuk tetap melakukan konservasi lingkungan. Dampak terhadap masyarakat lahan pertanian warga Trans-Ring yang terkena abrasi-Rob rusak, bila dalam jangka waktu lama pemukiman warga akan menjadi Pantai.

Yang paling membuat orang teman-teman harus berdonasi di pantai Bugel adalah untuk menyelamatkan wilayah desa Bugel dan pemukiman warga kaerena kebanyajan warga disana adalah keluarga yang menerima fasilitas pemberdayaan dari pemerintah berupa lahan pertanian dan tempat tinggal.



Foto : lokasi disekitar penanaman

Harapan kami, dengan adanya kerja sama instansi kami (pendamping PKH Kabupaten Kulon Progo) dapat mengajak warga Kulon progo khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya untuk ikut berdonasi menyelamatkan Pantai serta berpartisipasi dalam aksi sosial menyelamatkan pemukiman Warga dekat pantai. Serta dapat memberikan penyuluhan dan mengajak warga sekitar untuk peduli lingkungan dan melestarikan alam.

Penanaman akan kami laksanakan di Ring 1 Bugel, Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta pada tanggal 24 Februari 2019 dengan target 2000 pohon cemara laut. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 20.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai
Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

10 Pohon

Semangatttt...

Novian Abadi

5 Pohon

Semoga bermanfaat

Mardi

5 Pohon

Semoga bermanfaat Lestari Alamku makmur desaku

Anonymous

1 Pohon

Semangat tanam pohon demi masa depan anak kita

ELFATH

1 Pohon

Yuk .....Lestarikan Alam kita....

  • Asfa

    1 Pohon

    Donasi

  • Anonymous

    1 Pohon

  • ELFATH

    1 Pohon

    Yuk .....Lestarikan Alam kita....

  • Anonymous

    10 Pohon

    Semangatttt...

  • Mardi

    5 Pohon

    Semoga bermanfaat Lestari Alamku makmur desaku