fb Kampanye Alam "Kuta #RawatBumi: Mangrove for Bali" - LindungiHutan

Kuta #RawatBumi: Mangrove for Bali

"Bantu tempat kami. Bukan hanya biota, pesisir kami juga hilang akibat abrasi."

Dibuat: Lindungi Hutan | Dec 11, 2018

Lokasi: Wanasari Tuban | Kota: Kuta

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Bali


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Dahulu pada tahun 1980, waktu jaman kakek saya, tempat kami merupakan tempat pembuatan garam dan baru kapur (penganti semen saat ini). Dimana untuk memenuhi bahan bakunya kususnya kayu bakar yang digunakan untuk proses produksi kakek dan nenek kita pada saat itu melakukan penebangan pohon untuk kayu bakar dan daunnya di gunakan untuk bahan makanan ternak kambing. Kegiatan ini dilakukan untuk bertahan hidup tanpa ada maksud untuk merusaknya.

Itu berlangsung hingga tahun 1998 sehingga hutan mangrove yang ada menjadi gundul dan mengakibatkan biota biota laut makin berkurang di wilayah mangrove kami. Bukan hanya biota, pesisir kami juga hilang akibat abrasi.



Foto: kerusakan hutan di wilayah pesisir Bali

Bukan hanya rusak karena ditebang, penyebab lainnya adalah wilayah kami merupakan bagian HIlir dari alur sungai yang berasal dari Sungai Kerobokan, Kuta dan legian dimana sungai tersebut banyak mengirimkan sampah kewilayah mangrove yang menyebabkan banyaknya mati pohon mangrove yang masih muda, selain itu juga ada nya pembangunan di daerah hulu pintu masuk hutan mangrove yaitu bangunan bendungan penangkal banjir mengakibatkan penebangan pohon yang banyak karena di kerjakan tanpa memperhatikan dampak lingkungan. Juga pembangunan jalan toll di atas laut di bali yang banyak mengorbankan pohon mangrove.

Sebagai bentuk kepedulian kami, kami membantuk sebuah kelompok dari masayrakat pesisir. Namanya Kelompok Nelayan Wanasari Tuban, Kuta, Bali. Saat ini kami ikut memberi sumbangsih pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesadaran dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam dengan memberikan dan berbagi tentang pengetahuan dan wawasan tentang peran hutan mangrove terhadap keseimbangan habitat dan ekosistem nya.



Foto: lokasi penanaman pertama

Selain itu, kami juga telah melakukan banyak hal untuk memperbaiki keadaan ini. Diantaranya canoe Clean Mangrove yaitu melakukan bersih berish sampah yang ada di seputara hutan mangrove dengan menggunakan kano terutama mengambil sampah yang nyangkut di pohon pohon mangrove. Melakukan kegiatan teknik pembuatan bibit mangrove kepada beberapa komunitas atau mahasiswa di bali. Dan melakukan pengawasan terhadap penebang liar di hutan mangrove tuban.



Foto: lokasi penanaman kedua

Namun, untuk mengembalikan fungsi hutan mangrove yang sudah ada. Kami masih kekurangan dana. Baik untuk pembibitan, operasional maupun biaya perawatan pohon.

Penanaman akan kami laksanakan di kawasan Wanasari Tuban, Kuta, Bali dengan target 5000 pohon mangrove. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 8.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Oedel

50 Pohon

Semangat terus untuk bumi ini. Terima kasih

Brandon Alexander

10 Pohon

Tanam Tanam, jangan berhenti!!! Rawat alammu, jangan hanya menikmati.

  • Oedel

    50 Pohon

    Semangat terus untuk bumi ini. Terima kasih

  • Brandon Alexander

    10 Pohon

    Tanam Tanam, jangan berhenti!!! Rawat alammu, jangan hanya menikmati.