fb Kampanye Alam "1000 Mangrove untuk Kartika Jaya" - LindungiHutan

1000 Mangrove untuk Kartika Jaya

"“Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah 60 hektar kerusakan ini tidak meluas??”"

Dibuat: Hima pjkr | Dec 27, 2018

Lokasi: Pantai Kartika Jaya, Kecamatan Patebon | Kota: Kendal

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Kendal

15 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Pantai Kartika Jaya merupakan sumber arus ombak air utama sebelum pemukiman warga di pesisir Patebon, Kabupaten Kendal. Pantai tersebut juga dekat dengan tambak budidaya milik warga yang merupakan poros utama ekonomi warga setempat. Sayangnya, sejak tahun 2009 daerah Patebon terkena abrasi parah, menyebabkan Pantai Kartika Jaya juga terkikis seluas lebih dari 60 hektar.



Foto : kegiatan yang pernah dilakukan PJKR di Demak

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah meluasnya dampak abrasi tersebut adalah dengan cara membangun sabuk hijau pesisir dengan penanaman mangrove. Secara umum, hutan mangrove memiliki beberapa manfaat dan peranan, seperti; mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi, sebagai penyaring alami, tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa spesies fauna, serta berperan dalam pembentukan pulau dan penstabilan daerah pesisir.

Sebelumnya, sudah ada program penanaman di Pantai Kartika Jaya, tetapi ternyata jumlahnya belum cukup untuk menghalau gencaran abrasi disana.



Foto : lokasi penanaman

Oleh sebab itu, kami, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (HIMA PJKR) Universitas PGRI Semarang tergugah untuk melakukan program rehabilitasi mangrove di pesisir Pantai Kartika Jaya. Harapan kami, semoga donasi banyak terkumpul sehingga kami dapat melakukan penanaman pohon di Pantai Kartika Jaya.

Kami juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi dan kesadaran masyarakat untuk bisa bersama-sama saling menjaga dan memanfaatkan mangrove secara bertanggungjawab. Selain itu kedepannya semoga nantinya kawasan ini dapat menjadi kawasan konservasi mangrove.

Target penanaman yang akan dilakukan pada Minggu, 10 Februari 2019 di Pantai Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kendal ini sebanyak 1.000 bibit. Besaran donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/bibit.

Dengan Rincian :
  • Biaya Bibit
  • Biaya Tanam
  • Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  • Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  • Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

PARK MIN YOUNG

325 Pohon

Hima PJKR UPGRIS

300 Pohon

Semoga Bermanfaat

Mitra Mobilindo

30 Pohon

Muhamad Iqbal

20 Pohon

Anonymous

20 Pohon

kembali ke alam