fb Kampanye Alam "Bantu Pongo Ranger, Lindungi Orangutan Kalimantan" - LindungiHutan

Bantu Pongo Ranger, Lindungi Orangutan Kalimantan

"Orangutan perlu kita, bantu donasi sekarang!"

Dibuat: Pongo Ranger Community | Dec 27, 2018

Lokasi: Hutan Desa di Ketapang | Kota: Ketapang

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Ketapang


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Kalimantan adalah rumah terbaik bagi orangutan Borneo. Namun, spesies ini begitu terancam, hingga statusnya telah menjadi Sangat Terancam punah menuju kepunahan jika tidak ada usaha apapun untuk mempertahankan mereka. Studi paling komprehensif tentang orangutan di Kalimantan memperkirakan jumlah populasi orang melorot lebih dari 100.000 sejak tahun 1999, karena perkebunan kelapa sawit dan perindustrian kertas menyusutkan habitat mereka di hutan dan konflik-konflik fatal dengan penduduk meningkat (Voa Indonesia, 2016). Berdasarkan hasil Population and Habitat Viability Assessment Orangutan 2016, saat ini kepadatan populasi orangutan kalimantan cenderung menurun dari 0,45-0,76 individu per kilometer persegi menjadi 0,13-0,47 individu per kilometer persegi di habitat seluas 16.013.600 hektar dan tersebar di 42 kelompok populasi (metapopulasi). Hanya 18 kelompok populasi di antaranya diprediksi akan lestari hingga 100 – 500 tahun ke depan. (Mongabay.co.id, 2016).



Foto : Orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus Wurmbii)

Masalah konflik dengan manusia, menyusutnya habitat, kegiatan perburuan dan fragmentasi habitat telah menyebabkan penurunan orangutan sebanyak 25 persen dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Belum lagi, di awal tahun 2018, Indonesia dihebohkan dengan matinya orang-utan di Kalimantan Timur yang terkena 130 peluru hingga mati mengenaskan. Di Kalimantan Barat, Ketapang sebagai kabupaten terluas memiliki Hal ini menjadi hal serius yang perlu ditindaklanjuti, untung memberikan harapan hidup bagi spesies Kharismatik ini.

Ketapang, sebagai salah satu kabupaten terluas di Kalimantan Barat, juga merupakan rumah dari sebagian besar spesie Pongo Pygmaeus Wurmbii di Kalimantan. Namun, deforestasi, hutan juga menjadi masalah terbesar di Ketapang yang pada akhirnya mendesak orang-utan keluar dari habitatnya dan mulai berkonflik dengan manusia. Pendidikan dan Penyadartahuan menjadi sesuai hal yang sangat darurat untuk dilakukan.



Foto : penanaman pohon

Siapa dan Apa yang kami lakukan?

Pongo Ranger Community hadir atas inisiasi sekelompok pemuda-pemudi local Kabupaten Ketapang, untuk melakukan sesuatu bagi lingkungan mereka dan untuk menyelamatkan orangutan sebagai salah satu spesies kunci di Hutan mereka. Fokus pada pendidikan lingkungan hidup, PRC yakin bahwa segala sesuatu bermula dari pendidikan, dan pendidikan lingkungan hidup akan membantu membentuk generasi muda yang sadar untuk menyelamatkan lingkungan mereka. PRC Telah legal berdasarkan Surat Keputusan Kemenkumham Nomor AHU- 0006393- AH.01.07 Tahun 2018. Terbentur dengan sistem sekolah yang sebagian besar tidak berwawasan lingkungan, tidak menyurutkan langkah PRC untuk memberikan pendidikan lingkungan hidup secara sukarela bagi anak-anak local di Ketapang.



Foto : bagian dari Pongo Ranger

Beberapa platform edukasi lingkungan yang telah dijalankan adalah :

Afterschool Program

Afterschool program adalah program yang diinisiasi tahun 2016 bersama tim edukasi IAR Indonesia. Program ini berbentuk edukasi lingkungan hidup bagi siswa SMP di daerah dengan Hutan Desa di Ketapang yaitu di SMP 7 Desa Pematang Gadung. Pematang Gadung memiliki hutan desa dengan luas 14.000 hektar yang merupakah hutan desa terluas kedua di Indonesia. program ASP di desain menggunakan metode bermain sambil belajar dan outdoor setelah kegiatan beajar mengajar di sekolah. Metode yang menjadi ciri khas program ASP adalah membuka dengan bermain, belajar dengan bermain dan menutup dengan bermain. Jadi, melalui program ini peserta didik dibawa untuk bisa belajar lingkungan hidup dengan gaya yang menyenangkan dan tidak membosankan.



Foto : pembelajaran afterschool

Afternoon Chit Chat

Platform ini berbentuk english club yang terbuka bagi siapapun yang ingin belajar bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan. Program ini diinisiasi awal tahun 2018 bekerja sama dengan tim volunteer dari yayasan IAR Indonesia yang banyak berasal dari luar negeri. Pongo Ranger Community menginisiasi ini juga dalam upaya edukasi lingkungan yang diintegrasikan lewat belajar bahasa inggris bersama.



Foto : kegiatan afternoon chit chat

Pongo Goes to School

Kegiatan ini berbentuk sosialisasi yang dilakukan sejak 2017 dengan mengunjungi sekolah-sekolah bertepatan dengan masa adaptasi siswa baru maupun pada saat ekstrakurikuler.

Pongo Academy

Pongo Academy adalah program yang dilaksanakan untuk memberikan peningkatan kapasitas bagi pemuda local di Ketapang. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah pengingkatan kapasitas Public speaking yang dikaitkan dengan kemampuan melaksanakan edukasi lingkungan, pelatihan negosiasi, observasi dan edukasi bersama tim medis Yayasan IAR Indonesia terkait proses rehabilitasi orangutan, observasi pertanian organik, serta beberapa permainan menarik dan interaktif di akhir kegiatan hari pertama.



Foto : pembelajaran di luar kelas

Kampanye Digital

Program ini menjadi bagian dari program kerja tahunan dari Bidang edukasi yang mempersiapkan konten dan bidang publikasi dan desain PRC yang menyusun strategi dan penyebaran konten lewat akun sosial media Pongo Ranger Community.

Tahun 2018 menjadi tahun yang sangat menggembirakan bagi kami, karena PRC berhasil menjangkau 566 anak-anak dan pemuda lokal untuk mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, memberdayakan 52 pemuda lokal menjadi educator lingkungan, ditambah dengan jangkauan akun melalui social media kami yang telah mencapai lebih dari 1000 jangkauan.

Kami ingin bisa terus beropeasi di tahun depan (2019) dan tahun-tahun berikutnya. Untuk dapat memenuhi standar kualitas program yang kami impi-impikan, kami membutuhkan dukungan dari kawan kawan sekalian.

Melalui kampanye ini, Pongo Ranger ingin melanjutkan kembali usaha edukasi lingkungan yang telah dilakukan. Besaran donasi yang diperlukan adalah Rp. 85.200.000 ( USD 5881) untuk setahun dengan rincian sebagai berikut :

  1. Biaya operasional untuk transportasi
  2. Logistik Kegiatan, untuk media pembelajaran, bibit pohon, dan Buku Bacaan
  3. Publikasi dan Dokumentasi

Bukan kah mimpi untuk melihat Kalimantan lebih baik dan bermartabat adalah mimpi kita semua?

Untuk bisa berkontribusi pada gerakan perubahan ini, teman-teman bisa berdonasi langsung dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Masukan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran

Terimakasih atas perhatian dan dukungan kawan-kawan sekalian. Kalau bukan kita, siapa lagi?

DWI RIYAN,Founder dan Pengurus Pongo Ranger Community & Anak-Anak Kalimantan !!!

Source: Voa Indonesia, Mongabay, Instagram, IAR Indonesia

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Aaron Eisenberg

Rp218,000

Anonymous

Rp200,000

Bremud

Rp100,000

Anonymous

Rp100,000

Sella angelina

Rp25,000