fb Kampanye Alam "Mempawah #RawatBumi: Selamatkan Pesisir Bersama Mempawah Mangrove Conservation" - LindungiHutan

Mempawah #RawatBumi: Selamatkan Pesisir Bersama Mempawah Mangrove Conservation

"Yuk bantu dengan berdonasi pohon sebanyak-banyaknya."

Dibuat: Lindungi Hutan | Jan 10, 2019

Lokasi: Mempawah Hilir | Kota: Mempawah

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Ketapang


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Hutan mangrove mempunyai peranan penting dalam melindungi daerah pesisir pantai. Akar-akar tumbuhan mangrove mampu mengikat dan menstabilkan substrat lumpur, pohonnya mengurangi energi gelombang dan memperlambat arus, sementara vegetasi secara keseluruhan dapat memerangkap sedimen.



Foto : Kondisi di Lokasi sekitar Penanaman

Kecamatan Mempawah Hilir merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan laut. Banyak resiko yang dihadapi masyarakat yang bermukim di pesisir pantai salah satunya abrasi yang membuat masyarakat kehilangan tempat tinggal yaitu pada tahun 1995. Pada tahun tersebut sebagian besar masyarakat harus pindah karena permukiman mereka telah tergusur abrasi. Bencana tersebut merupakan akibat kerusakan hutan mangrove yang tidak dilestarikan.



Foto : Bibit Pohon untuk Ditanam

Salah satu lokasi ekosistem tipe pantai mangrove di Kecamatan Mampawah Hilir adalah hutan mangrove di Dusun Pasir Laut Desa Pasir. Jenis tanah pada hutan mangrove di lokasi ini adalah alluvial dan jenis tanah berlumpur (glei humus). Tegakan mangrove di Dusun Pasir Laut Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah didominasi oleh vegetasi jenis Avicenia sp, bakau (Rhizophora sp), berembang, kelapa, kayu umbal, dan nipah (Nypa fructicans).

Adanya berbagai aktivitas masyarakat di daerah pesisir pantai untuk meningkatkan taraf hidupnya, telah menimbulkan perubahan-perubahan terhadap ekosistem dan sumber daya alam sehingga berpengaruh terhadap lingkungan diwilayah pesisir khususnya garis pantai.

Source: Mongabay



Foto : Penanaman Oleh Mempawah Mangrove Conservation bersama relawan LindungiHutan

Kondisi yang terus memprihatinkan, abrasi dan pengkirisan garis pantai membuat Mempawah Mangrove Conservation (MMC) melakukan aksi nyata dengan melakukan penanaman pohon mangrove. Penanaman akan dilaksanakan di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Melalui Kampanye ini, Mempawah Mangrove Conservation akan melaksanakan penanaman pada tanggal 21 April 2019 dengan target 2000 pohon mangrove.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website LindungiHutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

  • There are no donations