fb Kampanye Alam "Situbondo #RawatBumi: Selamatkan Habitat Burung Kuntul di Mangrove Situbondo" - LindungiHutan

Situbondo #RawatBumi: Selamatkan Habitat Burung Kuntul di Mangrove Situbondo

"Dulu jarak antara tepi laut dan jalan raya sekitar belasan meter dan akibat abrasi jarak dengan tepi laut hanya tinggal beberapa meter dari pemukiman penduduk - Seta."

Dibuat: Ranti Seta | Jan 14, 2019

Lokasi: Situbondo | Kota: Situbondo


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Perkenalkan, nama saya Seta, berdomisili di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Saya berprofesi sebagai PNS di Dinas Lingkungan Hidup Kab. Situbondo.

Pekerjaan saya yang berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan dan hutan membuat saya hampir tiap hari menghadapi realita permasalahan di lingkungan dan hutan sekitar Situbondo. Dan saya tertarik dengan permasalahan yang ada di hutan mangrove.



Foto: sekitar lokasi penanaman

Situbondo memiliki luasan mangrove sebesar 220,15ha (DLH Kab. Situbondo, 2007), tetapi sayangnya semakin tahun kerusakannya semakin meluas. Dalam dua tahun terakhir abrasi (pengikisan) pantai sudah mencapai 5 - 10 meter dari garis pantai, menyebabkan hilangnya pohon-pohon karena tergerus ombak.

Hilangnya pohon-pohon mangrove tersebut berimbas pada habitat burung Kuntul (Ardeidae sp.) yang ada disana. Padahal menurut pantauan saya dan teman-teman Situbondo Mangrove Camp, terdapat sekitar ribuan ekor burung yang bersarang.



Foto: sekitar lokasi penanaman

Oleh sebab itu, dalam rangka Hari Bumi tahun ini, saya mengajak teman-teman untuk ikut kegiatan penanaman mangrove di Bungatan, Situbondo. Penanaman dilakukan disana karena daerah ini merupakan salah satu titik terparah yang terdampak abrasi. Apabila tidak dilakukan penanaman dilokasi tersebut, maka mangrove yang masih tersisa disana akan mati tergerus ombak. Untuk itu kita harus melakukan penanaman penyelamatan mangrove yang sudah ada.

Penanaman ini akan dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, yang oleh LindungiHutan dikemas melalui “Gerakan Rawat Bumi”.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 6.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Bungatan Situbondo.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

5 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Pemandangan alam itu gratis, kalian hanya cukup menjaga dan melestarikan alam itu. Salam Lestari!!!

Moh. Haris Rizqianto

5 Pohon

Semoga alam di situbondo bsa dijaga kelestarian nya,, termasuk jga d kota.q probolinggo...

Mikael Bima

4 Pohon

  • Anonymous

    5 Pohon

    Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

    Pemandangan alam itu gratis, kalian hanya cukup menjaga dan melestarikan alam itu. Salam Lestari!!!

  • Moh. Haris Rizqianto

    5 Pohon

    Semoga alam di situbondo bsa dijaga kelestarian nya,, termasuk jga d kota.q probolinggo...