fb Kampanye Alam "Tegal #RawatBumi: Mangrove untuk Pulau Kodok" - LindungiHutan

Tegal #RawatBumi: Mangrove untuk Pulau Kodok

"Yuk bantu berdonasi, menjaga Pesisir Pantai Utara Jawa agar tidak hilang adalah tugas dan tanggung jawab kita semua."

Dibuat: Bagus Arif Prasetyo | Jan 14, 2019

Lokasi: Tegal Timur | Kota: Tegal

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Tegal

11 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Halo kak, perkenalkan nama saya Bagus, saat ini saya bekerja sebagai karyawan swasta dan sebagai Koordinator Relawan LindungiHutan Tegal. Saya berasal dari Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Terkenal sebagai Kota Bahari karena terletak di pinggir Laut Jawa, dengan panjang garis pantai7,5 kilometer, nyatanya Tegal juga memiliki masalah abrasi yang cukup parah sehingga mengakibatkan rob di beberapa titik.



Foto: sekitar lokasi penanaman

Selama bertahun-tahun, ROB selalu melanda beberapa kecamatan di Kota Tegal yang dekat dengan laut, seperti di Tegal Barat dan Tegal Timur. Rob terjadi utamanya apabila ada ombak besar dan air laut pasang. Biasanya, rob muncul pada sore hari, sekitar pukul 16.00 hingga 18.00 WIB (Kompas, 2011).

Akibat rob dan abrasi ini, cukup banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya karena tambak mereka rusak. Bahkan ada beberapa pantai wisata yang terpaksa ditutup akibat abrasi dan gelombang tinggi merusak bangunan di sekitar pantai.



Foto: sekitar lokasi penanaman

Saya dan teman-teman relawan dan komunitas prihatin dengan kondisi tersebut, bukan tidak mungkin dalam 5 tahun mendatang akan lebih banyak garis pantai yang hilang apabila generasi saat ini tidak peduli dan beraksi.

Oleh sebab itu kami ingin melakukan aksi penanaman mangrove di Pantai Pulau Kodok, salah satu pantai yang cukup parah terdampak abrasi, dan mengajak teman-teman ikut serta dalam kegiatan ini.

Penanaman ini akan dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, yang oleh LindungiHutan dikemas melalui “Gerakan Rawat Bumi”.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Pulau Kodok, Tegal Timur.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  3. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  4. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

15 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

bersama menghijaukan Indonesia

Neilis Vika Risqiyah

10 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Satriya Alfiza

5 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

ravenna dcn

5 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Alif Prasetyo

5 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Jika belum bisa ikutan terjun tanam pohon bareng kawan2 lindungihutan.com.. paling tidak budayakan menanam mulai dr lgkungan trdkat kita sprti hlmn rumah, jgn biarkan ada lahan tidur. Salam Go Green !