fb Kampanye Alam "Langsa #RawatBumi: Tanam Pohon untuk Selamatkan Hutan" - LindungiHutan

Langsa #RawatBumi: Tanam Pohon untuk Selamatkan Hutan

"Yuk ikut andil dengan mengikuti Gerakan Rawat Bumi atau juga bisa dengan cara berdonasi untuk penanaman dan parawatan pohon."

Dibuat: fahrul razi | Jan 21, 2019

Lokasi: Langsa | Kota: Langsa

8 Sahabat Alam Tergabung



Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Perkenalkan, nama saya Fahrul Razi dari Staf Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah III Aceh.

Langsa adalah kota pemekaran kabupaten Aceh Timur dan merupakan salah satu kota otonom termuda di Provinsi Aceh. Langsa terletak di sebelah utara Pulau Sumatera dan terdiri dari 66 Gampong yang tersebar di 5 Kecamatan. Demi kepentingan ekonomi jangka pendek telah terjadi alih fungsi lahan. Kerusakan hutan terus meningkat akibat pembukaan lahan baru dan kegiatan illegal logging masa lalu pada era tahun 90an. Kondisi hutan yang kritis akibat praktik kawasan hutan dijadikan kebun pribadi sehingga merubah fungsi area tersebut.



Foto: lokasi sekitar penanaman

Kondisi seperti ini apabila tetap berlangsung mengakibatkan berkurangnya cadangan air tanah karena daerah-daerah yang seharusnya menjadi resapan air telah berubah fungsi. Oleh sebab itu, saya bersama teman-teman pegiat lingkungan dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Langsa berencana mengadakan penanaman di Alue Rimueng Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa.



Foto: lokasi sekitar penanaman

Penanaman ini dalam rangkaian “Gerakan Rawat Bumi”. Gerakan rawat bumi yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Bumi tanggal 22 April bertujuan untuk memulihkan serta memelihara keseimbangan ekosistem hutan langsa menjadi lebih baik,memulihkan kembali daerah resapan air yang secara tidak langsung memegang peran penting sebagai pengendali banjir dan ketersediaan cadangan air tanah.Harapan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti hutan bagi kelangsungan hidup.

Yuk ikut andil dengan mengikuti Gerakan Rawat Bumi atau juga bisa dengan cara berdonasi untuk penanaman dan parawatan pohon. Tanaman yang akan ditanam berupa pohon durian, petai, jengkol dan sentang, harapannya dengan penanaman berbagai pohon yang dapat dikonsumsi tersebut masyarakat disekitar hutan tidak menebang pohon lagi, apalagi kawasan tersebut merupakan kawasan hutan lindung yang didalamnya terdapat habitat satwa yang dilindungi yaitu orang utan. (Deandra)

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 10.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

10 Pohon

Ipah, khanza Dan zaki

10 Pohon

Mari menanam Dan merawat Bumi kita

Anonymous

10 Pohon

Tanam dan rawatlah agar bermanfaat tuk kehidupan

Deny Hidayat

5 Pohon

Salam lestari

Shofa husra

5 Pohon

Salam lestari!

  • Anonymous

    10 Pohon

  • Shofa husra

    5 Pohon

    Salam lestari!

  • Anonymous

    5 Pohon

    Walaupun kita tidak bisa mengembalikan bumi ke bentuk awalnya setidaknya kita bisa melindungi bumi dengan cara merawatnya

  • Anonymous

    2 Pohon

  • Ipah, khanza Dan zaki

    10 Pohon

    Mari menanam Dan merawat Bumi kita