fb Kampanye Alam "Siak #RawatBumi: Lindungi Desa Kami dari Abrasi" - LindungiHutan

Siak #RawatBumi: Lindungi Desa Kami dari Abrasi

"Kondisi ini kian memprihatinkan terutama bagi nelayan yang bertempat tinggal dikawasan tersebut dengan runtuhnya bibir pantai ke laut."

Dibuat: Lindungi Hutan Riau | Jan 29, 2019

Lokasi: Siak | Kota: Siak

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Riau

6 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Bukit Batu merupakan salah satu dari 13 kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Sebagian besar penduduk bermukim di ibu kota Bukit Batu yakni Sungai Pakning. Dahulu Kecamatan Bukit Batu dikenal dengan julukan kota di Atas Minyak, Bawah Minyak. Saat ini, selain hutan yang luas, sebagian besar wilayah Bukit Batu berisi perkebunan karet, sawit dan kelapa.

Abrasi merupakan hal yang cukup menakutkan bagi sebagian warga pesisir utara. Berdasarkan data pengamatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis (2018) setidaknya di Kecamatan Bukit Batu panjang pantai yang terkena dampak abrasi 40 Km, dengan panjang daerah kritis 11 Km dan laju rata-rata abrasi pertahun 3-5 meter. Abrasi yang terjadi di wilayah pesisir Kabupaten Bengkalis sudah terjadi sejak tahun 1988 sampai sekarang. Artinya, peristiwa akibat fenomena alam ini sudah berlangsung puluhan tahun dan sudah banyak kawasan pemukiman dan perkebunan maupun tanah maysarakat dan bibir pantai yang amblas diterjang gelombang, sehingga ada beberapa kawasan yang kita kategorikan ke dalam kawasan kritis.



Foto: Pantai Tenggayun

Abrasi yang terjadi disejumlah desa di kecamatan Bukit Batu kabupaten Bengkalis terus mengancam kehidupan masyarakat disana, namun upaya penanganan yang dilakukan pemerintah masih sangat minim. Desa yang sudah terkenal abrasi cukup parah diantaranya desa Sepahat, Tenggayun, Parit Satu Api-Api sampai desa Buruk Bakul dan Sungai Selari. Kondisi ini kian memprihatinkan terutama bagi nelayan yang bertempat tinggal dikawasan tersebut dengan runtuhnya bibir pantai ke laut.

Menurut Tun Ariyul Fikri yang sebagai Pengamat Lingkungan dan Direktur Eksekutif Lingkaran Hijau Bengkalis dalam riau.go.id (2017) menilai, abrasi tersebut sudah memasuki tahap mengkhawatirkan dan bukan lagi sekedar mengikis daratan. Bahkan sudah mengancam rumah dan perkebunan masyarakat. Gelombang pasang yang datang dari Selat Melaka telah menyisir Selat Bengkalis dan merobohkan pesisir pantai yang ada. Tingkat abrasi di desa-desa bagian utara Bukti Batu sudah sangat mengkhawatirkan. Bukan hanya mengancam ekosistem, tapi juga kehidupan masyarakat yang bermukim di pesisir pantai. Sementara langkah kongkrit penanganan dari pemerintah masih jauh dari harapan.



Foto: Abrasi yang terjadi di pesisir Bengkalis

Pemerintah kabupaten sudah berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan penanganan dengan membuat batu pemecah gelombang di daerah rawan abrasi. Tetapi tidak mungkin dilakukan secara keseluruhan karena membutuhkan biaya yang sangat besar.Maka upaya baik untuk mengatasinya adalah dengan penanaman mangrove secara terus menerus.

Melalui kampanye ini, Relawan LindungiHutan Riau ikut serta dalam "Gerakan Rawat Bumi"akan melakukan penanaman bibit pohon mangrove di ekosistem sekitar Desa kayu ara permai, Kec. Sungai Apit, Kab. Siak. (Dedes)



Foto: Lokasi penanaman

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  3. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  4. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai


Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

30 Pohon

Barakallah untuk bumi Indonesiaku.

Lindungi Hutan Riau

10 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Anonymous

10 Pohon

Firman Aidi

10 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Selamat kan bumi kita

Anonymous

5 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi