fb Kampanye Alam "Polewali Mandar #RawatBumi: Tanam Mangrove untuk Lindungi Daerah Pesisir" - LindungiHutan

Polewali Mandar #RawatBumi: Tanam Mangrove untuk Lindungi Daerah Pesisir

"Besar harapan saya, mangrove-mangrove yang tumbuh di Bajoe dan kampung Appe nantinya bisa melindungi dari ombak dan angin yang tak bersahabat. Mari lindungi Bajoe dan kampung Appe' Polewali!!"

Dibuat: Muh Rizal | Jan 30, 2019

Lokasi: Polewali Mandar | Kota: PolMan

Dibantu Relawan Polewali Mandar


12 Sahabat Alam Tergabung



Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Halo, Sahabat LindungiHutan, di mana pun berada! Apa kabar?

Perkenalkan nama saya, Bang Lupus. Begitulah kawan-kawan saya biasa memanggil. Saya aktif terlibat di beberapa komunitas pelestari lingkungan. Sudah banyak kegiatan bertema lingkungan yang telah saya ikuti, dua di antaranya adalah penanaman pohon dan bersih gunung. Bagi saya, melakukan kegiatan-kegiatan tersebut tak ubahnya seperti memenuhi panggilan alam.

Dan kini, setelah lama berkecimpung dalam kegiatan pelestarian, tiba-tiba muncul sesuatu yang mengusik benak saya: kenapa saya justru tak banyak berkontribusi untuk daerah asal saya, Polewali Mandar? Padahal, di sana masih banyak daerah-daerah tertinggal dan rawan bencana yaitu Bajoe, desa Rea, kec. Binuang dan Kampung Appe Kelurahan Polewali, kec. Polewali yang butuh didengar dan mendapat perhatian kita semua.



Foto: Kampung di pesisir Polewali

Salah satu daerah itu adalah Bajoe. Bajoe merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Rea, Kecamatan Binuang. Berlokasi di pinggir pantai, membuat Bajoe rentan terhadap bencana abrasi. Apalagi beberapa waktu lalu saya sempat mendengar kabar jika angin kencang dari laut menerpa Bajoe. Ombak setinggi 2 meter juga berulang kali menerjang bibir pantai, membuat warga merasa khawatir jika kondisi ini terus dibiarkan akan mengancam keselamatan mereka.

Jiwa saya terusik membayangkan warga Bajoe yang tak lagi bisa tidur nyenyak tiap kali mendengar deburan ombak. Keelokan dan keramahan Pantai Bajoe yang selama ini saya kenal tiba-tiba menghilang begitu saja dalam benak saya. Bajoe seolah telah memanggil saya untuk kembali mengabdikan diri pada tempat saya berasal, tanah Binuang. Bajoe seolah meminta saya membantu menyelamatkan masa depannya agar senantiasa menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk para penghuninya.





Foto: Pesisir Bajoe minim penahan ombak

Tetapi saya menyadari, saya tak bisa sendirian menyelamatkan Bajoe. Bajoe butuh kita semua. Dan untuk itulah, saya mengajak para sahabat di mana pun berada melakukan donasi serta aksi penanaman mangrove untuk pesisir Bajoe yang lebih baik. Penanaman akan dilaksanakan didua lokasi, yaitu Dusun Bajoe dan Kampung Appe, polewali. Sedangkan aksi bersih pantai dipusatkan disepanjang Pantai Bahari Polewali pada tanggal 21 April 2019 nanti.

Penanaman ini diselenggarakan sebagai bagian dari Gerakan Rawat Bumiyang diinisiasi oleh LindungiHutan untuk memperingati Hari Bumi. Semoga dengan penanaman ini bisamemunculkan lagi senyum warganya untuk kembali merajut mimpi-mimpi indah mereka. Bajoe menanti Anda semua.(Dinny)



Foto: Lokasi penanaman

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan


Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai


Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Muh Rizal

130 Pohon

Azhari Surahman

40 Pohon

Anonymous

40 Pohon

Sbg bentuk peduli lingkungan dan masyarakat pantai

Alm. Hj. Nurbiah

20 Pohon

Aku memikirkan masa depan anak-anakku sebagai seorang konservator

Anonymous

20 Pohon

Insyaa Allah dengan kesadaran masyarakat utk mulai menanam pohon maka habitat laut kita akan terjaga, hewan2 laut bs berkembang biak dgn baik, tentunya semua itu akan kembali kekita sebagai masyarakat

  • Anonymous

    4 Pohon

  • Anonymous

    40 Pohon

    Sbg bentuk peduli lingkungan dan masyarakat pantai

  • Anonymous

    20 Pohon

    Insyaa Allah dengan kesadaran masyarakat utk mulai menanam pohon maka habitat laut kita akan terjaga, hewan2 laut bs berkembang biak dgn baik, tentunya semua itu akan kembali kekita sebagai masyarakat

  • Muh Rizal

    130 Pohon

  • Alm. Hj. Nurbiah

    20 Pohon

    Aku memikirkan masa depan anak-anakku sebagai seorang konservator