fb Kampanye Alam "Cibuaya Karawang #RawatBumi: Benteng Mangrove untuk Cibuaya" - LindungiHutan

Cibuaya Karawang #RawatBumi: Benteng Mangrove untuk Cibuaya

"Daerah Karawang kena abrasi cukup parah, tapi mangrove disini masih kurang untuk membentengi kami dari dampak abrasi. Tolong bantu kami."

Dibuat: Rastiman | Feb 04, 2019

Lokasi: Cibuaya Karawang | Kota: Karawang


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Abrasi di sejumlah daerah di Kabupaten Karawang semakin parah. Hal ini berdampak pada hilangnya akses warga yang tinggal di sepanjang garis pantai. Sedikitnya 47 Km garis pantai dari total 84 Km garis pantai keseluruhan di Kabupaten Karawang mengalami pengikisan pantai atau abrasi. Salah satu yang terparah ada di daerah Cibuaya.

Sejak beberapa tahun terakhir sejumlah kampung di wilayah pesisir utara Desa Cemara Jaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang 'tenggelam' akibat abrasi. Abrasi yang terjadi di sekitar daerah itu cukup parah karena cukup luas daratan yang tergerus air laut Cemara Jaya.



Foto: abarasi dilokasi sekitar penanaman

Selain faktor cuaca, kerusakan di daerah sekitar pesisir pantai utara Karawang tersebut juga terjadi akibat adanya pembukaan tambak secara besar-besaran dan kurangnya mangrove yang ada disana.

Mangrove masih dianggap sebagai salah satu tumbuhan yang dapat mencegah abrasi yang kerap menyapa pesisir utara. Sifatnya yang dapat meredam gelombang dan menjerat sedimen dianggap mampu menanggulangi abrasi yang terjadi.

Oleh sebab itu, saya mengajak sahabat untuk membantu saya mengkonservasi pesisir Karawang bersama Komunitas Mangrove Tangkolak Barat. Harapannya penanaman ini akan membantu pantai kami agar tidak abrasi lagi dan akan semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap mangrove yang ada. (Dede)

Penanaman ini akan dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 21 April 2019, yang oleh LindungiHutan dikemas melalui “Gerakan Rawat Bumi”.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 7.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Desa Cemara Jaya, Kecamatan Cibuaya.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Ayim

3 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Tetap lestari,hijah alamku hijau juga indonesiaku

Anonymous

2 Pohon

Jangan sampai terjadi lagi abrasi. #HijaukanKembaliKarawang #BravoLindungiHutan

Ayim

2 Pohon

Tetap lestari,hijah alamku hijau juga indonesiaku

  • Ayim

    2 Pohon

    Tetap lestari,hijah alamku hijau juga indonesiaku

  • Ayim

    3 Pohon

    Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

    Tetap lestari,hijah alamku hijau juga indonesiaku

  • Anonymous

    2 Pohon

    Jangan sampai terjadi lagi abrasi. #HijaukanKembaliKarawang #BravoLindungiHutan