fb Kampanye Alam "Deli Serdang #RawatBumi: Mangrove Untuk Pantai Labu" - LindungiHutan

Deli Serdang #RawatBumi: Mangrove Untuk Pantai Labu

"Penanaman ini untuk menjaga keseimbangan debit air dan melestarikan biota laut yg ada di muara sungai tepat dekat rumah kami."

Dibuat: ISLAMI FATWA | Feb 19, 2019

Lokasi: Deli Serdang | Kota: Deli Serdang

Dibantu Relawan Sumatera Utara


10 Sahabat Alam Tergabung



Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Kabupaten Deli Serdangadalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Utara. Kabupaten ini dikenal memiliki keanekaragaman sumber daya alamnya yang besar sehingga merupakan daerah yang memiliki peluang investasi cukup menjanjikan di wilayah Sumatera Utara.

Topologi wilayah kabupaten Deli Serdang terdiri dari daerah pantai, dataran rendah dan dataran tinggi pegunungan dengan luas ± 2.497.72 Ha, yang terdiri dari 22 kecamatan, 380 desa dan 14 kelurahan. Dataran pantai terdiri dari 4 kecamatan ( Hamparan Perak, Labuhan Deli, Percut Sei Tuan, dan Pantai Labu ). Potensi utama di sini adalah pertanian, perkebunan, perikanan, pertambakan, peternakan unggas dan pariwisata.



Foto: Kondisi mangrove di Pantai Labu

Di kecamatan Pantai Labu terdapat wisata bahari yang ramai dikunjungi masyarakat Deli Serdang di akhir pekan. Disini terdapat kawasan mangrove yang cukup luas yang berfungsi sebagai daya tarik wisata sekaligus pelindung kampung nelayan yang ada di sepanjang pesisirnya.

Namun beberapa tahun terakhir, kondisi mangrove yang ada disana mengalami kerusakan akibat eksploitasi yang berlebihan untuk kegiatan pertambakan udang. Dampaknya, masyarakat di daerah tersebut sudah sukar untuk mendapatkan kepiting maupun udang. Selain itu air laut pada saat pasang sudah memasuki perkampungan, menyebabkan masyarakat disana mulai mengeluhkan terjadinya rob.



Foto: Lokasi penanaman

Prihatin akan hal itu, kami dari Relawan LindungiHutan Sumatera Utara akan mengadakan kegiatan penanaman mangrove disana pada tanggal 21 April 2019 mendatang. Penanaman ini menjadi satu rangkaian kegiatan Gerakan Rawat Bumi yang diadakan LindungiHutan untuk memperingati Hari Bumi.

Penanaman akan dilakukan di kawasan pesisir Pantai Labu. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 40.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan


Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anggit Rizki Panuntun

4 Pohon

Semoga jantung bumi kembali sehat!

Rinto F Simorangkir

1 Pohon

dIVA hUMAIRA

1 Pohon

Anonymous

1 Pohon

Ayo menanam pohon untuk bumi yang indah dimasa depan

Anonymous

1 Pohon

  • Anonymous

    1 Pohon

  • Anonymous

    1 Pohon

    Ayo menanam pohon untuk bumi yang indah dimasa depan

  • Ahmad Arif Budiman Nasution

    0 Pohon

    1 pohon untuk sejuta kehidupan

  • Siska Budiarti

    0 Pohon

    Kalau bukan kita yang menjaga alam, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Satu pohon berguna untuk banyak kehidupan. Mari rawat hutan kita. Mari hijaukan Indonesia. #RawatBumi

  • Anggit Rizki Panuntun

    4 Pohon

    Semoga jantung bumi kembali sehat!