fb Kampanye Alam "Selamatkan Pesisir, Selamatkan Hutan Bakau Ternate" - LindungiHutan

Selamatkan Pesisir, Selamatkan Hutan Bakau Ternate

"Bantu Kami dengan Donasi, Selamatkan Bumi Selamatkan Manusia"

Dibuat: Jeivland Christian Samuel Mongkau | Apr 04, 2019

Lokasi: Pantai Tabanga, Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate, Maluku Utara | Kota: Ternate

Dibantu Relawan Ternate


10 Sahabat Alam Tergabung



Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Nama Saya Samuel Mongkau, Saya adalah Ketua Panitia Pelaksana Rawat Bumi bersama Lindungi Hutan Cabang Ternate, Lindungi Hutan Ternate baru Terbentuk pada bulan Mei 2019, Tujuannya adlah untuk menyuarakan kampanye Rawat Bumi pada Masyarakat kota Ternate akan kesadaran akan HUtan Bakau yang mulai Menyusut.

Luas Hutan Bakau di Kota Ternate, Maluku Utara. Menyusut hingga 90%. Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyatakan hutan bakau hanya tersisa di empat Lokasi. Luasnya tak lebih dari 100 Meter dan ukuran pohonnya berdiameter besar. Bakau di Ternate yang Terancam hilang rata-rata merupakan jenis Sonneratia alba, Rhizophora Apiculata, Ipomoea pes-caprae, dan Avicennia Marina. hutan bakau di beberapa kelurahan seperti Sulamadaha, Takome, Mangga Dua, dan Kalumata, Memiliki 35 Jenis Bakau dari 29 marga dan 23 Suku.

Kondisis Pantai yang langsung Bebatasan dengan tebing terjal membuat bakau jenis itu kurang dapat berkembang dengan baik. Padahal hutan bakau kawasan pantai Ternate merupakan daerah "Asuhan" (Nursery Ground), daerah mencari makan, dan daerah pemijahan berbagai jenis biota perairan, seperti Ikan, Udang, dan Kerang. "KAlau kita lihat di lapangan mungklin luasan hutan Mangrove hanya tinggal 5%"

Nyaris habisnya Hutan bakau umumnya akibat reklamasi yang marak di Ternate. Selain itu, tingkat kesadaran tentang pentingnya bakau kian mempercepat Proses berkurangnya luasan hutan bakau di ternate.

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

5 Pohon

Bersahabat dengan alam bersama dengan sesama

Anonymous

3 Pohon

Julyana rizki amalia

2 Pohon

Terimakasih teman2 yg sudah perduli dan mau bertindak untuk alam ini. Tetap semangat yaa, jangan menyerah!! GBU

Rara Humairah

2 Pohon

  • Julyana rizki amalia

    2 Pohon

    Terimakasih teman2 yg sudah perduli dan mau bertindak untuk alam ini. Tetap semangat yaa, jangan menyerah!! GBU

  • Anonymous

    3 Pohon

  • Anonymous

    5 Pohon

    Bersahabat dengan alam bersama dengan sesama