fb Kampanye Alam "#HutanMerdeka: Bantu perjuangan Relawan Surabaya untuk Perawatan di Pegunungan Anjasmoro" - LindungiHutan

#HutanMerdeka: Bantu perjuangan Relawan Surabaya untuk Perawatan di Pegunungan Anjasmoro

"Bantu kami untuk melakukan penyulaman dan perawatan di Pegunungan Anjasmoro, dengan Donasi dan Gabung Aksi."

Dibuat: M. Lutfi Khakim | Jul 03, 2019

Lokasi: Pegunungan Anjasmoro, Desa Rejosari, Kecamatan Jatirejo. | Kota: Mojokerto

Dibantu Relawan Surabaya


Sahabat Alam Tergabung





Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Hallo sahabat, salam lestari !

Perkenalkan nama saya Fafa berdomisili Jemursari, kota Surabaya.

Saya berkecimpung di dunia lingkungan sejak tahun 2014. Pada saat itu, mendaki disalah satu gunung di Jawa Timur dan melihat polemik yang ada di gunung tersebut yaitu sampah. Pada tahun 2017 - sekarang justru menjadi polemik serius dikalangan pendaki. Tidak hanya sampah, vandalisme, pembunuhan satwa liar, penebangan pohon untuk pelebaran jalan di hutan maupun untuk kepentingan politik pun terus bermunculan di akun sosial media. Salah satu faktornya adalah semakin banyaknya manusia yang tidak peduli akan linkungan karena kurangnya edukasi sejak kecil hingga kurangnya kesadaran pada diri sendiri.

Sebelum acara penanaman RawatBumi di Mangrove Gunung Anyar Surabaya, saya juga pernah melakukan penanaman diberbagai daerah diantaranya di lereng Pegunungan Anjasmoro, Desa Rejosari, Kec. Jatirejo, Mojokerto. Penanaman tersebut diikuti oleh teman-teman Lindungi Hutan Surabaya.


Foto: Relawan Lindungihutan Surabaya

Namun setelah acara penanaman tersebut, jarang dilakukannya perawatan serta monitoring karena wilayah yang cukup luas dan tenaga yang kurang memadai. Pada akhirnya, bibit pohon yang sudah ditanami banyak ditumbuhi Gulma dan sebagian telah kehilangan acir serta serta tanda dari bibit pohon tersebut.

Gulma adalah jenis tumbuhan pengganggu yang berdampak buruk bagi tanaman utama. Gulma akan semakin meluas dan akan mengambil alih nutrisi didalam tanah yang akan menghambat proses pertumbuhan pada bibit pohon tersebut. Jika ada pohon yang mati, akan diganti dengan bibit pohon baru (penyulaman). Kegiatan tersebut akan kami rangkai dalam acara selanjutnya yaitu “HutanMerdeka” .



Foto: Pegunungan Anjasmoro

Penyulaman dilakukan di lereng Pegunungan Anjasmoro, Desa Rejosari. Kec. Jatirejo, Mojokerto, pada tanggal 3-4 Agustus 2019. Besaran donasi yang diperlukan untuk perawatan dan penyulaman pohon adalah Rp. 10.000.

Dengan rincian:
  1. Biaya penyulaman dan perawatan
  2. Oprasional kegiatan
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Adapun kegiatan ini kami selenggarakan dengan agenda
  1. Camcer
  2. Makrab
  3. Sharing Session
  4. Perawatan dari Gulma
  5. Penyulaman
  6. Clean Up
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  5. Selesai


Foto: Lokasi Penanaman

Harapan adanya kegiatan ini dapat menjadikan moment untuk memperingati kemerdekaan Indonesia sekaligus juga sebagai langkah nyata untuk memberikan kemerdekaan pada hutan beserta isinya.

Harapan untuk generasi muda Indonesia adalah generasi muda yang disebut generasi milenial harus mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar sebab manusia sebagai agen perubahan untuk menentukan keberlangsungan hidup dimasa mendatang.

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

  • There are no donations