Kampanye Alam "Pantai Tirang yang Hilang" - LindungiHutan

Pantai Tirang yang Hilang

Dibuat: Lindungi Hutan | Mar 15, 2017

Lokasi: Pantai Tirang Semarang | Kota: Semarang

18 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini

Video sebelum kampanye alam Pantai Tirang yang Hilang


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Pantai tirang memang rasanya cukup jarang terdengar di telinga masyarakat sebagai salah satu bagian destinasi wisata di Semarang. Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Marina (beseberangan dengan Pantai Maron). Lebih tepatnya lagi pantai satu ini berlokasi di Desa Tambakrejo, kecamatan Tugurejo, Semarang.
Pantai Tirang memberikan panorama keindahan yang sangat khas dari deretan tambak dan mangrove yang berjajar rapi di tepian tambaknya yang mampu memanjakan mata.



Apa yang menarik di pantai tirang ??

Meskipun jika dibandingkan dengan Pantai Maron, pantai yang satu ini tergolong cukup memilukan.


Masalah abrasi dan erosi telah membuat sebagian bibir pantai ini hilang. Jika dibiarkan terus , pantai ini akan hilang karena tergerus oleh air laut. Berikut penampakan pantai tirang jika di lihat melalui google map :



Beberapa pohon cemarat laut tumbuh subur di pantai ini.



Beberapa penjual disini mengeluhkan sepinya pengunjung di Pantai Tirang dan juaga masalah alam yang terjadi di sekitar pantai tirang. Terlebih lagi ekosistem di pantai ini yang semakin hari -semakin memburuk.



Penanaman mangrove di sekitar pantai tirang , lebih tepatnya di area konservasi dapat membantu dalam pemulihan ekosistem di wilayah ini. Terlebih lagi jika mangrove tersebut tumbuh subur akan membuat daya tarik tersendiri dari pantai tirang. Ekosistem pesisir terjaga dan membantu dalam meningkatkan ekowisata di daerah ini. Masalah abrasi dan erosipun dapat tertangani dalam jangka panjang.



Adanya penanaman mangrove di sekitar pantai Tirang dapat membantu mencegah abrasi dan erosidalam jangka panjang.

Anda dapat melakukan kontribusi melalui donasi sebesar Rp 3.000/pohon atau
gabung aksi penanaman pada 14 Mei 2017.

Donasi anda akan dipergunakan untuk :
1. Biaya pembelian bibit
2. Biaya pembelian acir
3. Biaya perawatan tanaman selama 1 tahun
4. Operasional penanaman (pada 14 Mei 2017)
5. Pengembangan Aplikasi Lindungi Hutan

Perkembangan dan perawatan donasi anda dapat dilihat di aplikasi lindungi hutan, www.lindungihutan.org. Menciptakan hutan digital yang dapat dipantau oleh masyarakat merupakan tujuan dari penanaman ini.

- Membantu menjaga ekosistem hutan Indonesia



Jika anda ingin mengikuti proses penanaman pada tanggal 14 Mei 2017 , anda dapat Klik tombol gabung aksi.

Setelah anda selesai klik gabung aksi, panitia akan memberikan informasi teksis proses penanaman (H-2 sebelum acara).

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan