Kampanye Alam "Dukung Penyelamatan Hutan Mangrove Brebes" - LindungiHutan

Dukung Penyelamatan Hutan Mangrove Brebes

Dibuat: Mashadi | Sep 02, 2017

Lokasi: Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Jawa Tengah. | Kota: Brebes

12 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini

Video sebelum kampanye alam Dukung Penyelamatan Hutan Mangrove Brebes


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Lingkungan pantai Brebes ternyata mengalami kerusakan yang cukup parah bila dibandingkan dengan lingkungan daratan. Kerusakan laut, akibat sedimentasi dan menipisnya areal mangrove. Padahal laut dan pantai bagian dari lingkungan kita yang turut menghidupi ribuan nelayan tradisional Brebes.

Tingkat abrasi yang mengakibatkan kerusakan di pesisir pantai di Brebes dari tahun ke tahun semakin memprihatinkan, bahkan pada tahun 2009 tercatat 513, 59 hektar menjadi 619.50 hektar, sehingga harus ada upaya penanganan serius dari semua pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan kondisi lingkungan pantai.



Abrasi merupakan proses pengikisan pantaioleh tenaga gelombang lautdan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosipantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut.

Walaupun abrasi bisa disebabkan oleh gejala alami, namun manusiasering disebut sebagai penyebab utama abrasi. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi adalah dengan penanaman mangrove. Berawal dari misi penyelamatan pantai yang tergerus abrasi, Desa Kaliwlingi, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisatabaru bagi masyarakat Brebes dan sekitarnya. Yakni, wisata alam mangrovesekarang banyak dikunjungi warga.

Lokasi wisataini berada di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, yang berjarak 10 km dari kota. Selain mangrove, keindahan alam juga terpapar dalam deretan pantai di pesisir utara sepanjang 36 kilometer. Masyarakat sekitar menyebutnya pulau pasir.

Peran serta penduduk lokal dan masyarakat sekitar pantai sangat di harapkan untuk mengatasi masalah abrasi pantai, oleh karena itu perlu adanya kesadaran dari setiap orang dengan pihak terkait untuk selalu memahami betapa pentingnya masalah ini, sehingga ditemukan solusi terbaik untuk mengatasi abrasi pantai.



Penanaman pohon mangrove dilakukan oleh pemerintah daerah yang berfungsi sebagai penahan agar tidak terjadinya abrasi dan juga sebagai tempat berkembang biaknya ikan dan penghalau adanya abrasi laut,walaupun pada dasarnya arus pantai Brebes tidak besar jika dibandingkan dengan pantai selatan jawa seperti Parangtritis.

Tingkat kerusakan lingkungan pantai di wilayah Brebes bertambah parah Hasil inventarisasi yang dilakukan Ikatan Petani Pengendali Lingkungan Kabupaten Brebes pada tahun ini menunjukkan bahwa kerusakannya mencapai hektare Ini lebih tinggi dibanding pada periode hingga yang hanya hektare ujar Mashadi Koordinator Ikatan Petani Pengendali Lingkungan Kabupaten Brebes saat melakukan penanaman mangrove di muara Sungai Wingi Desa Pandansari Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes kemarin Menurut dia kerusakan itu akibat penebangan mangrove.



Dalam rangkaian Hari Lingkungan Sedunia, Badan Lingkungan Hidup kabupaten Brebes akan mengadakan berbagai kegiatan antara lain penanaman 1000 pohon di perkotaan, lingkungan kantor dan 5 kelurahan.Menata lingkungan Brebes boleh dikatakan sangat berat karena wilayahnya terluas kedua se Jawa Tengah yang terdiri atas gunung, darat dan laut. Semuanya harus ditangani agar tetap terjaga dan lestari untuk anak cucu. Dengan adanya kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh pemerintah,sekarang.

Penanaman mangrove yang akan dilakukan pada tanggal 10 Maret 2018 akan membantu peningkatan mangrove di brebes. Penanaman mangrove akan dilakukan diDesa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes. Target penanaman sebanyak 2000 pohon.

Anda dapat berdonasi sebesar Rp 3.000/pohon untuk biaya pembelian bibit, operasional penanaman dan biaya perawatan.



Brebes butuh Kita !! Agar mangrovenya terjaga.

Bagaimana Cara Berdonasi :

1. Klik tombol Donasi

2. Pilih jumlah pohon yang akan di donasikan , harga per pohon Rp 3.000,00
3. Pilih metode Pembayaran
4. Selesai

Terima Kasih

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

100 Pohon

Elok Rahmawati

33 Pohon

Anonymous

26 Pohon

#SejutaPohon02

Andi Bachtiar

26 Pohon

Seneng bisa contribute ... #SejutaPohon02

Éndah Lidya

26 Pohon

#SejutaPohon02

  • Devi Nabilah R

    10 Pohon

    #SejutaPohon02

  • Bayu Krishna

    10 Pohon

    Semoga bumi yang kita tinggali semakin lestari #SejutaPohon02

  • Anonymous

    10 Pohon

    Bismillah barokah, *save our earth, save our live #SejutaPohon02

  • Anonymous

    10 Pohon

    Semoga hutan kita kembali menghijau dan membantu mengurangi dampak global warming #SejutaPohon02

  • Andika Pradifan, ST

    26 Pohon

    #SejutaPohon02