Kampanye Alam "Ini Budayaku , 1001 Pendaki Tanam Pohon" - LindungiHutan

Ini Budayaku , 1001 Pendaki Tanam Pohon

Dibuat: Lindungi Hutan | May 18, 2018

Lokasi: Gunung Ungaran | Kota: Ungaran

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Semarang

7 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Tak dapat dipungkiri lagi, bahwa kegiatan alam bebas (outdoor activity) terutama mendaki gunung, dalam beberapa dekade terakhir ini peminatnya semakin bertambah. Terbukti dengan semakin berkembangnnya organisasi-organisasi, klub-klub dan komunitas kegiatan alam bebas baik di tingkat SMA, Universitas swasta atau negeri, dan juga masyarakat umum.



Foto : Euforia Pendaki Kekinian

Bahkan sekarang bermunculan sekolah pendaki gunung ataupun paket wisata perjalanan yang berkenaan dengan kegiatan pendakian.
Hal ini tentunya sangat menggembirakan untuk perkembangan kegiatan ini.Salah satu gunung favorit yang banyak didaki di wilayah Jawa Tengah khususnya daerah Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal adalah Gunung Ungaran. Gunung Ungaran adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia. Dengan ketinggian 2.050 meter, gunung ini adalah gunung tinggi pertama yang dilihat pengendara dari Semarang ke arah selatan, di sisi kanan (barat).




Foto : Kegiatan Pendakian Gunung Ungaran

Namun, diperkirakan gunung ini pernah meletus pada zaman kerajaan dahulu, dengan letusan yang amat dahsyat sehingga menghancurkan dua pertiga bagian puncak dari semula sehingga yang dapat dilihat sekarang adalah hanya sepertiga bagian dari gunung Ungaran berapi purba.

Diperkirakan, gunung ini sedang mengalami masa tidur panjang dan sewaktu-waktu dapat aktif kembali. Gunung Ungaran mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Karena cakupan wilayahnya yang sangat luas, kawasan hutan di Gunung Ungaran merupakan daerah tangkapan air yang sangat signifikan dan menjadi penopang kebutuhan air mineral utama di beberapa wilayah di Jawa Tengah yaitu , Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kotamadya Semarang.

Foto : Kegiatan Penanaman oleh 1001 Pendaki Tanam Pohon

Oleh karena itu upaya konservasi dan pelestarian lingkungan di kawasan Gunung Ungaran menjadi mutlak diperlukan guna menjaga cadangan air sebagai kebutuhan hidup masyarakat.

Melalui kegiatan reboisasi yang bernama 1001 PENDAKI TANAM POHON (SATU PENDAKI SATU POHON) 2016 kami berusaha menunjukkan upaya yang nyata, serta memberi sedikit sumbangsih dalam pembangunan nasional khususnya di bidang pelestarian lingkungan.


Foto : Kegiatan Penanaman oleh Komunitas 1001 Pendaki Tanam Pohon

Disamping untuk meningkatkan kemampuan, mental, disiplin serta kebersamaan dalam batas kemanusiaan yang merupakan jati diri kami, untuk membangun dan mencapai cita dan tujuan hidup manusia.



Foto : Kegiatan Penanaman oleh Komunitas 1001 Pendaki Tanam Pohon

Dukunganmu untuk pelestarian hutan tidak harus turun ke langsung, Kamu bisa membantu kami dengan berdonasi untuk kegiatan kami dengan Donasi sebesar Rp 20.000,00 / Pohon Donasi Kamu akan kami pergunakan untuk .

  1. Akomodasi Perawatan Pohon di Gunung Ungaran
  2. Penyulaman bibit yang telah Mati


Foto : Kegiatan Penanaman oleh Komunitas 1001 Pendaki Gunung

Kami melakukan perawatan dan penyulaman pohon selama 3 Bulan sekali dalam jangka waktu satu tahun. Laporan pengalokasian dana akan Kami berikan kepada donatur selama proses penanaman dan perawatan berlangsung.

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur Pelestarian Hutan
  6. Selesai
  7. Donasi 100 % akan dialokasikan ke 1001 Pendaki Tanam Pohon
Lindungi Hutan dan 1001 Pendaki Gunung berkolaborasi dalam melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Conanephie

5 Pohon

Lestari alamku lestari negriku..

Duta Eka Prayudha

5 Pohon

Anonymous

3 Pohon

Semangat panitia, semoga lancar, berkah dan berhasil

Anonymous

3 Pohon

Lets SAVE Groot!

Riang Hadra

2 Pohon

Semoga terkumpulkan banyak dan para pendaki dapat membantu menjaga kelestarian hutan kita semua