Kampanye Alam "UNIKA Peduli Tanjung Mas" - LindungiHutan

UNIKA Peduli Tanjung Mas

Dibuat: Lindungi Hutan | Jun 25, 2018

Lokasi: Tanjung Mas Semarang | Kota: Semarang

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Semarang

27 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Masyarakat pesisir yang tinggal di seluruh pulau di Indonesia membutuhkan perlindungan. Hal tersebut dilakukan untuk menghalau berbagai ancaman yang datang silih berganti kepada masyarakat di kawasan tersebut.

Ancaman tersebut, bisa berupa ekonomi, kesejahteraan, sosial, kesehatan, dan lainnya. Yang paling mendasar, ancaman untuk masyarakat pesisir adalah akan kehilangan tanah dan rumah sebagai akibat dampak dari abrasi.

Warga Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, mengeluhkan akses di jalan menuju pasar ikan dalam kondisi rusak (Tribun Jateng)
Warga Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, mengeluhkan akses di jalan menuju pasar ikan dalam kondisi rusak(Tribun Jateng)


Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang, merupakan salah satu lokasi yang terkena dampak abrasi cukup parah.

Abrasi telah menyebabkan rusaknya tempat usaha dan perekonomian warga yang sebagian besar menggantungkan hidupnya sebagai nelayan dan petani tambak. Setidaknya penuruan tanah di Kampung Tambakrejo karena abrasi, setinggi 20 cm setiap tahunnya.

Penyebab terjadinya Abrasi ini adalah naik nya permukaan laut dan penurunan tanah, kerusakan ekosistem mangrove, pendangkalan sungai, tertutupnya muara sungai, debit air hujan atau kiriman air yang berlabih, penataan ruang yang kurang tepat.
Pemakaman di Kelurahan Tanjung Mas, Semarang utara, Jateng, sering terendam ketika rob sejak beberapa tahun terakhir. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia


Banyak hal dilakukan untuk mencegah makam terendam banjir rob oleh pemerintah, termasuk menanam mangrove untuk menghambat laju air laut serta meninggikan permukaan tanah makam sejak tahun 2016, tetapi air laut tetap saja merendam sebagian makam dan kampung itu.

Disamping usaha dari pemerintah, pelibatan masyarakat dilakukan melalui pembentukan kelompok tani Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun (CAMAR), pelatihan, dan pendampingan. Tak hanya memperbaiki kerusakan akibat abrasi, upaya konservasi mangrove oleh masyarakat Desa Tambakrejo juga telah memberikan dampak positif lain.
Kelompok CAMAR sedang melakukan perawatan bibit bakau

Berdasarkan data Kelompok Camar, hingga kini lebih dari 117.000 pohon mangrove sudah tertanam di wilayah pesisir Tambakrejo yang ditanam oleh Jumairi dan pihak lain melalui kelompok Cemara dibawah binaan Pertamina.

Kini melalui kelompok Camar, nelayan sekitar sudah mampu melakukan budidaya pohon mangrove dan menghasilkan bibit pohon mangrove untuk dijual maupun keperluan penelitian.


Foto penamanan pohon oleh Soegijapranata Echo Life tahun 2015

Melihat kondisi pesisir kota semarang yang semakin parah, teman-teman dari Soegijapranata Echo Life UNIKA berinisiatif mengadakan penanaman sebagai bentuk kepedulian.

Melalui Kampanye penanaman ini Relawan dari Unika Soegijapranata Echo Life dan Tim Lindungi Hutan akan melaksanakan penanaman di Kawasan Tanjung Mas yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2018 dengan target 2000 pohon mangrove.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000 /pohon.
Dengan Rincian :
Biaya Tanam
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Acir
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dan pendakian dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !! LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

UNIKA

150 Pohon

Bantu pelestarian hutan mangrove tanjung mas Semarang

Andika Pradifan

24 Pohon

Hijau = Alami = Harus Dijaga

Andika Pradifan

23 Pohon

EXO

20 Pohon

iKON

15 Pohon