Kampanye Alam "Ayo Rawat Mangrove Bersama HIMITEKA IPB" - LindungiHutan

Ayo Rawat Mangrove Bersama HIMITEKA IPB

Dibuat: Lindungi Hutan | Jul 19, 2018

Lokasi: Pantai Jaladiri, Pagiri, Pangandaran | Kota:

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Bogor


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Hutan mangrove merupakan hutan tropis yang tumbuh di pantai dan muara-muara sungai. Pantai dengan ombak yang tenang, terdapat endapan lumpur, curah hujan tinggi, iklim tropis sering mangrove.



Foto : Lokasi disekitar Penanaman

Selain itu, Hutan mangrove juga merupakan ekosistem yang sangat langka di dunia yakni hanya 2%, keberadaannya bermanfaat dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, dalam bidang ekologis ekosistem hutan mangrove berfungsi sebagai penyedia nutrisi bagi biota perairan, habitat biota laut, habitat burung-burung, penahan badai, penahan abrasi, penyerap limbah, pencegah intrusi air laut, dan mencegah terjadinya banjir rob.



Foto : Banjir di Kabupaten Pangandaran

Salah satu daerah dengan kawasan hutan mangrove ialah wilayah pesisir pangandaran tepatnya wilayah di Kecamatan Parigi. Namun kawasan pesisir Pantai Pangandaran telah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh abrasi karena minimnya ekosistem mangrove di daerah tersebut, dengan demikian perlu mempertahankan fungsi hutan mangrove untuk tindakan pelestarian yang terarah.



Foto : Lokasi disekitar Penanaman



Foto : Lokasi disekitar Penanaman

Tindakan pelestarian dapat berupa mempertahankan ekosistem mangrove yang ada dan melakukan penanaman mangrove. Tidak hanya penanaman, perawatan dan pemantauan perlu dilakukan agar pohon yang di tanam dapat diketahui perkembangannya.

Source: Indowarta, Pikiran Rakyat



Aksi nyata dilakukan untuk melakukan perawatan pohon mangrove yang sudah dan akan di tanam melalui Kegiatan yang selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Institut Pertanian Bogor (HIMITEKA IPB) dalam acara KONSURV 2018Parigi sebagai area konservasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir”. Lokasi penyelenggaraan di Pantai Karang Jaladiri, Parigi, Pangandaran.

Melalui Kampanye ini HIMITEKA IPB akan melaksanakan penanaman dan perawatan pada tanggal 30 Agustus 2018 dengan target 2000 pohon mangrove.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000 /pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya Acir
  4. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  5. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  6. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dan pendakian dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!




LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

kholis nurohman

50 Pohon

Muhammad Rizky Rahman

10 Pohon

Kalau bisa membantu kenapa tidak?

Yayat Herdiatmana

10 Pohon

Chansa Hilmira

10 Pohon

Anonymous

6 Pohon

Bismillah, InsyaAllah bermanfaat