Kampanye Alam "#MeluNandur @demakhariini" - LindungiHutan

#MeluNandur @demakhariini

Dibuat: DEMAK HARI INI | Jul 25, 2018

Lokasi: Sayung, Demak | Kota: Demak

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Demak

66 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
ABRASI pantai melanda wilayah pesisir Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dalam dua dekade belakangan. Pengikisan sangat terlihat di wilayah pantai di Kecamatan Sayung hingga Wedung. Terbatasnya sistem pelindung pantai dan konversi lahan yang terjadi di Demak dan Kota Semarang, ikut menyebabkan penggerusan pantai. Akibatnya, sebagian besar wilayah pesisir hilang karena tergerus air laut.



Foto : Ibu-ibu yang Sedang Menjaga Rumahnya dari Sampah Akibat Banjir

Fenomena ini berakibat pula pada kehidupan masyarakat yang tinggal di pesisir baik dari segi sosial, ekonomi, maupun psikologi. Banyak warga yang kehilangan tanah, sawah maupun tambak akibat semakin parahnya pengaruh abrasi pantai. Tak ayal wargapun kehilangan tempat tinggal, terutama mereka yang berada di barisan paling depan. Bahkan sarana dan tempat ibadahpun turut terkena dampaknya.



Foto : Anak-anak yang Kehilangan Tempat Bermain

Salah satu hal yang paling ekstrem dari bencana ini adalah penduduk dari dua dusun yang ada di Desa Bedono Kecamatan Sayung kehilangan tempat tinggal sehingga direlokasi ke desa lain.

Fakta yang cukup mencengangkan lainnya adalah luas kawasan yang terkena erosi mencapai 2.116,54 hektar yang menyebabkan garis pantai mundur sepanjang 5,1 kilometer dari garis pantai di tahun 1994 lalu.



Foto : Kehilangan Lahan Yang terjadi ditahun 2002, 2008 dan 2017

Abrasi ini disebabkan oleh berbagai faktor, dari kenaikan permukaan laut (sea level rising), adanya pembangunan yang menjorok ke pantai seperti pembangunan kolam pelabuhan yang digunakan untuk parkir kapal yang menjorok 1.8 KM ke pantai.

BBC, Jateng.tribunnews




Foto : Penanaman Oleh Relawan LH Di Sayung pada Awal Tahun 2018

Melalui Kampanye ini, @demakhariini dan Relawan LindungiHutan Demak akan melaksanakan penanaman pada tanggal 23 September 2018 dengan target 5000 pohon mangrove.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

OSIS SMK NEGERI 1 DEMAK

70 Pohon

Hijaukan Demak

Syaifalhajj

60 Pohon

Jaga alam kita untuk generasi penerus kita. Gerak sekarang. Kapan lagi??

sampahmuda

60 Pohon

event ODM bersama sampahmuda, mendonasikan sampah yang ditimbulkan dari event Orientasi Dipo Muda dalam program #TrashForTree

NIKISAGA

50 Pohon

Jaga Bumi untuk Kita

Sinema Demak

40 Pohon

Hubungan timbal balik manusia dg alam sangat penting bagi kehidupan sekarang dan nanti