fb Kampanye Alam "Makassar #RawatBumi: Bantu Selamatkan Pesisir Biringkanaya Kota Makassar" - LindungiHutan

Makassar #RawatBumi: Bantu Selamatkan Pesisir Biringkanaya Kota Makassar

"Selamatkan daerah kami dari abrasi, itu juga akan memberdayaankan kelompok-kelompok tani di daerah kami."

Dibuat: Nur Akbar Alam | Dec 11, 2018

Lokasi: Makassar | Kota: Makassar

Dibantu Relawan Makassar


34 Sahabat Alam Tergabung



Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Perkenalkan, nama saya Nur Akbar Alam, saya berasal dari Biringkanaya Kota Makassar dan berkerja sebagai tenaga kontrak Manggala Agni Daops Gowa. Saya adalah seorang Kader Konservasi Tingkat Madya Angkatan III Tahun 1994/1995.

Kami menyadari hutan mangrove memiliki nilai, baik dari faktor alamnya maupun dari kehidupan yang ada didalamnya. Selaku kader konservasi, kami berusaha untuk selalu peduli terhadap perubahan-perubahan global dengan mencoba melestarikan mangrove pesisir, karena mangrove dapat berfungsi sebagai pencegah abrasi, pengikisan tanah akibat air laut, penghasil oksigen, tempat tinggal berbagai tumbuhan dan hewan kecil seperti kepiting, kerang, ikan-ikan kecil, dan spesies primate yang tinggal di dahan mangrove itu dan masih banyak manfaat yang lain, terutama di pesisir kelurahan untia kecamatan Biringkanaya yang menjadi prioritas penyelamatan mangrove kami.



Foto: usaha yang pernah dilakukan untuk mencegah abrasi

Yang dapat dilakukan adalah pemulihan pesisir melalui penanaman mangrove mapun perbaikan ekosistem wilayah pesisir secara terpadu dan berbasis masyarakat. Tapi kami masih mengalami kendala dalam pembelian bibit, pengawasan, pengamanan, perawatan mangrove dan kurangnya kepedulian generasi muda terhadap pelestarian mangrove.



Foto: lokasi petani bibit mangrove

Harapan nya, dengan kegiatan ini nanti nya dapat mengembalikan fungsi mangrove dan pemberdayaan kelompok-kelompok tani di daerah pesisir.

Penanaman akan kami laksanakan di Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya dengan perintis Hamsa & Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea dengan perintis Saraba Kota Makassar dengan target 70000 pohon mangrove dengan luas wilayah tanam 2Km dengan jarak tanam 1m x 1m. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai
Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Siti Mutmainnah Suherman

20 Pohon

Siti Mutmainnah Suherman

20 Pohon

Panjang umur semangat baik

Ismail

10 Pohon

Lindungi SDA demi masa depan bersama...

Ihwandy Agus Mandong

10 Pohon

Mari lindungi hutan dengan menanam pohon

Firman

10 Pohon