fb Kampanye Alam "Barito Kuala #RawatBumi: Mangrove untuk Desa Kuala Lupak" - LindungiHutan

Barito Kuala #RawatBumi: Mangrove untuk Desa Kuala Lupak

"Kita harapkan melalui penanaman ini selain mencegah abrasi juga dapat mengembalikan kawasan konservasi sekaligus berfungsi mengembalikan ekosistem hutan mangrove"

Dibuat: Ahmad Rozali | Jan 31, 2019

Lokasi: Barito Kuala | Kota: Barito Kuala

Dibantu Relawan Banjarmasin


19 Sahabat Alam Tergabung





Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Kabupaten Barito Kuala adalah salah satu Pemerintah Kabupaten diprovinsi Kalimantan Selatan. Ibu kota kabupaten ini terletak di Marabahan. Kabupaten yang terletak paling barat dari Provinsi Kalimantan Selatan ini diapit oleh dua buah sungai besar yaitu Sungai Barito dan Sungai Kapuas, hal ini sangat mempengaruhi tata air yang ada di wilayah kabupaten ini.

Secara umum, Barito Kuala merupakan daerah rawa gambut. Daerah ini didominasi oleh tumbuhan rawa dan daerah pantainya ditutupi oleh hutan bakau (mangrove), dengan sedikit cemara laut. Di salah satu kecamatan di Barito Kuala bahkan terdapat Hutan Suaka Marga Satwa yang mewakili tipe ekosistem hutan rawa mangrove di Kalimantan Selatan. Suaka Marga Satwa tersebut berada di Desa Kuala Lupak Kecamatan Tabunganen.



Foto: Gerbang desa Kuala Lupak

Desa Kuala Lupak
memang menjadi salah satu daerah di Barito Kuala yang terletak di pesisir. Dan sebagai daerah pesisir, permasalahan disanapun juga sama: abrasi.

Abrasi memang menjadi momok bagi daerah pesisir. Pemanasan global yang terus terjadi membuat muka air laut terus meninggi setiap tahunnya, menyebabkan pengikisan pantai dan membuat garis pantai terus menyusut.

Penanaman mangrove di daerah Kuala Lupak dianggap sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan pesisir ini dari kerusakan yang lebih parah, apalagi dengan adanya pembukaan tambak. Diharapkan penanaman ini akan menghijaukan kembali lahan hutan mangrove yang kondisinya saat ini sangat berkurang lantaran pembukaan tambak ikan besar-besaran.



Foto: Penanaman mangrove oleh Relawan LH Banjarmasin

Oleh sebab itu, kami dari Relawan LindungiHutan Banjarmasin mengajak teman-teman semua untuk ikut serta dalam penanaman yang akan kami lakukan pada tanggal 21 April 2019 mendatang. Penanaman ini termasuk dalam “Gerakan Rawat Bumi” yang diinisiasi oleh LindungiHutan untuk memperingati Hari Bumi.

Penanaman akan dilakukan di Desa Kuala Lupak, Kecamatan Tabunganen. Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 10.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  3. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  4. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Warga Banjarmasin

160 Pohon

Kami dari warga Banjarmasin, berharap dengan penanaman ini akan terus berlanjut penghijauan daerah lain di kalimantan selatan.

Ahmad rozali

80 Pohon

Ahmad [email protected]

15 Pohon

Aufloagmelas

10 Pohon

Anonymous

10 Pohon

Berharap agar bumi baik-baik saja, terawat, terlindungi, terjaga, terpelihara, terlestarikan.