fb Kampanye Alam "Batanghari #RawatBumi: Kerja Nyata Selamatkan Bulian di Tahura Sultan Thaha Syaifuddin" - LindungiHutan

Batanghari #RawatBumi: Kerja Nyata Selamatkan Bulian di Tahura Sultan Thaha Syaifuddin

"Bantu kami jaga dan rehabilitasi Tahura Sultan Thaha Syaifuddin dengan penanaman pohon Bulian disana."

Dibuat: Dorel efendi | Feb 07, 2019

Lokasi: Batanghari Jambi | Kota: Jambi

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Jambi

11 Sahabat Alam Tergabung dalam Aksi Kampanye ini


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Saat era penjajahan Belanda, kawasan hutan pada Tahura Sultan Thaha Syaifuddin merupakan bagian dari hutan lindung, lho! Dimana vegetasi alami disana adalah pohon Bulian (Eusideroxylon zwageri), Meranti (Shorea spp.), dan Karet (Hevea brasiliensis) yang tersebar disepanjang kawasan hutan tersebut. Pada Tahura Sultan Thaha Syaifuddin juga masih dapat kita temui beberapa satwa seperti kijang, rusa, dan beruang madu.

Berdasarkan surat keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 94/KPTS-II/2001 tanggal 15 Maret 2001, bahwa Tahura Sultan Thaha Syaifuddin – Senami memiliki luas 15.830 ha, yang dibagi menjadi tiga blok pengelolaanyaitu ; blok perlindungan, blok pemanfaatan, dan blok koleksi tanaman. Pembagian blok tersebut didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan keadaan fisik lapangan, potensi sumber daya alam serta pertimbangan teknis, ekologis, sosial, dan ekonomi.



Foto: Relawan LH Jambi bersama petugas Tahura

Penanaman yang akan dilakukan di Tahura Sultan Thaha Syaifuddin diharapkan selaras dengan tujuan utama pengelolaan Tahura Sultan Thaha Syaifuddin yaitu sebagai konservasi, plasma nutfah, dan pelestarian lingkungan, koleksi tumbuhan dan satwa alami, pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, kebudayaan, pariwisata dan rekreasi alam.

Sedangkan kayu Bulian (Eusideroxylon zwageri) menjadi salah satu tumbuhan endemik yang penting untuk dipertahankan dan dilestarikan. Keberadaannya yang sudah langka kini hanya dapat ditemui di beberapa tempat tertentu di dunia seperti Sumatera, Kalimantan, Malaysia, dan Filipina. Maka dari itu, sistem pengkayaan pohon Bulian sangat tepat diterapkan pada kegiatan restorasi Tahura Sultan Thaha Syaifuddin.

Manfaat dari rencana aksi restorasi antara lain berupa hasil hutan bukan kayu atau HHBK; rotan dan lebah madu. Selain itu pengkayaan pohon bulian tersebut nantinya dapat menjadi penambatan karbon, sebagai lokasi pendidikan dan penelitian serta ekowisata yang bisa menjaring wisatawan dalam dan luar negeri.



Foto:Lokasi penanaman di Tahura



Foto: Pohon Bulian

Wah! Melimpah kan manfaatnya? Oleh sebab itu kami dari Relawan LindungiHutan Jambi mengajak kalian semua untuk ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon Bulian di Tahura Sultan Thaha Syaifuddin pada tanggal 21 April 2019 mendatang.

Penanaman ini masuk dalam “Gerakan Rawat Bumi” yang diusung LindungiHutan dalam rangka memperingati Hari Bumi. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 18.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  3. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  4. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Dorel efendi

44 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Salam lestari!

Dorel efendi

41 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Salam lestari!

Indah prihatini

5 Pohon

Dinda Tri Agustina

2 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Anonymous

2 Pohon

Keep the spirit, Lindungi Hutan!