fb Kampanye Alam "Cilamaya Karawang #RawatBumi: Mari Tanam Mangrove untuk Lawan Abrasi Pesisir Pasir Putih Cilamaya" - LindungiHutan

Cilamaya Karawang #RawatBumi: Mari Tanam Mangrove untuk Lawan Abrasi Pesisir Pasir Putih Cilamaya

"Penambangan pasir yang tidak ramah lingkungan membuat daerah kami terkena abrasi, kami butuh mangrove untuk mencegah abrasi lebih luas lagi."

Dibuat: Suhaeri | Jan 24, 2019

Lokasi: Cilamaya Karawang | Kota: Karawang


Sahabat Alam Tergabung





Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Nama saya Suhaeri, saya adalah warga Dusun Pasir Putih, Desa Sukajaya, Cilamaya Kulon, Karawang. Sehari-harinya saya bekerja sebagai nelayan dan pengelola Kawasan Mangrove Pasir Putih.

Abrasi di sejumlah daerah di Kabupaten Karawang semakin parah. Hal ini berdampak pada hilangnya akses warga yang tinggal di sepanjang garis pantai. Sedikitnya 47 Km garis pantai dari total 84 Km garis pantai keseluruhan di Kabupaten Karawang mengalami pengikisan pantai atau abrasi. Salah satunya adalah daerah Cilamaya Kulon.



Foto: Mangrove Dusun Pasir Putih, Cilamaya

Cilamaya Kulon adalah kecamatan di Kabupaten Karawang yang merupakan pemecahan dari kecamatan Cilamaya Raya. Kecamatan ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara. Sebagai daerah yang terletak di pesisir utara Jawa Barat, Cilamaya Kulon juga mengalami pengikisan pantai cukup parah. Hingga tahun 2017 lalu ada sebanyak 938 kepala keluarga di Dusun Pasir Putih yang terancam kehilangan tempat tinggalnya akibat abrasi yang terus menerjang daerah ini.

Kondisi lingkungan yang semakin rusak ditambah dengan maraknya illegal fishing dan permasalahan sampah yang terjadi di lingkungan saya membuat akhirnya tersadar bahwa lingkungan Cilamaya ini butuh diperbaiki segera.



Foto: Aktivitas petani mangrove Pasir Putih

Oleh sebab itu saya tertarik dengan gagasan “Gerakan Rawat Bumi” yang diinsiasi oleh LindungiHutan terkait penanaman dan bersih sampah dalam rangka Hari Bumi 22 April mendatang.

Rencananya kami akan menanam mangrove di Dusun Pasir Putih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon. Kebetulan disana kami sudah memiliki kelompok tani mangrove bernama Kelompok Petani Mangrove Pasir Putih.



Foto: Lokasi penanaman

Untuk membantu kami, kalian bisa berdonasi sebesar Rp 5.000/pohon untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Dusun Pasir Putih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon.

Dengan Rincian
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Operasional Kegiatan
  4. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  5. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  6. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ?
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai


Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Habitatku

170 Pohon

memberikan kebahagian kecil untuk bumi kita

supriyanto

20 Pohon

Anonymous

10 Pohon

Terimakasih Untuk Team LindungiHutan

Juhari Seprianto

10 Pohon

Semangat untuk tim #LindungiHutan dan rekan-rekan dalam #RawatBumi yang berupaya melakukan penghijauan nusantara. Semoga apa yang dicita-citakan tercapai di kemudian hari. Salam lestari!

Syauqi Zaidan

5 Pohon