fb Kampanye Alam "Ende #RawatBumi: Mari Cegah Abrasi di Pantai Pu’unaka, Ende" - LindungiHutan

Ende #RawatBumi: Mari Cegah Abrasi di Pantai Pu’unaka, Ende

"Pu'unaka selalu jadi ancaman gelombang pasang setiap tahun. Memang bencana tidak bisa dihindari, namun risiko harus sedikit dikurangi, salah satunya dengan penanaman ini."

Dibuat: Ismail Harun | Feb 24, 2019

Lokasi: Ende | Kota: Ende

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Ende


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Hai, perkenalkan sayaIsmail Harun dari Relawan LindungiHutan Ende. Saya sendiri berdomisili di Ende Selatan, salah satu kecamatan yang terdapat di Kabupaten Ende. Ada yang tahu Ende ada dimana? Kabupaten Ende adalah sebuah kabupaten di Pulau Flores,Nusa Tenggara Timur. Luas kabupaten ini ialah 2.067,75km² dengan populasi pada tahun 2016 sebanyak 282.154 jiwa.

Kecamatan Ende Selatan merupakan daerah paling selatan di Kabupaten Ende dan berbatasan langsung dengan Laut Sawu di selatannya. Hal tersebut menjadikan kecamatan ini menjadi salah satu daerah rawan bencana abrasi.



Foto: Rumah warga terkena abrasi

Tercatat ada tiga kelurahan di Kecamatan Ende Selatan yaitu Kelurahan Rukun Lima, Paupanda dan Kelurahan Tanjung, dikategorikan rawan abrasi. Abrasi maupun gelombang pasang di sini bukan kejadian baru tapi terus terulang setiap tahun. Hal ini menjadikan masyarakat yang bermukim di sepanjang pantai di tiga kelurahan yang masuk dalam zona rawan abrasi tersebut selalu was-was akan bencana.

Selain itu, masyarakat Pu’unaka di Kecamatan Tanjung yang mayoritas nelayan juga khawatir ancaman tsunami mengingat NTT merupakan daerah rawan gempa. Terlebih jika mengingat gempa bumi dahsyat tahun 1992.

Oleh sebab itu saya dan teman-teman ingin mengadakan penanaman di pesisir Pantai Pu’unaka, Kecamatan Tanjung, Ende Selatan. Kami ingin menanami sepanjang pantai dengan tanaman Waru. Alasan pemilihan jenis ini adalah karena pantai di sini didominasi pasir sehingga kurang cocok ditanami bakau, dan juga secara alami Waru banyak tumbuh di sini sehingga mudah untuk pembibitannya.



Foto: Lokasi penanaman

Penanaman kami akan dilaksanakan pada tanggal 21 April mendatang, bersama dengan penanaman di daerah lainnya yang tergabung dalam Gerakan Rawat Bumi dari LindungiHutan. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 25.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

2 Pohon

  • Anonymous

    2 Pohon