fb Kampanye Alam "Sumbawa #RawatBumi: Selamatkan Gili Dangar Ode dari Abrasi" - LindungiHutan

Sumbawa #RawatBumi: Selamatkan Gili Dangar Ode dari Abrasi

"Gili Dangar Ode menjadi salah satu destinasi Pesona Indonesia di Sumbawa, Mari bersama bahu-membahu menjaga kelestariannya agar dia tetap menjadi warisan bagi akan cucu kita"

Dibuat: Ferdi Perdiansyah | Jan 24, 2019

Lokasi: Sumbawa NTB | Kota: Sumbawa

Dibantu Relawan Sumbawa Besar


11 Sahabat Alam Tergabung



Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Hai Sobat! Perkenalkan saya Ferdi Perdiansyah dari Komunitas Sumbawa Grow Up (SGU). Sumbawa Grow Up (SGU) adalah kelompok yang berangotakan 7 orang yang konsentrasi dalam transplantasi terumbu karang, penanaman mangrove dan kampanye tentang sampah. SGU sudah berjalan 2 tahun lebih untuk selalu berkampanye tentang kelestarian laut maupun hutan.

Gili Dangar Ode adalah sebuah pulau kecil nan eksotis dikawasan utara Teluk Saleh. Teluk Saleh saat ini sudah dikenal sebagai akuarium dunia karena memiliki 59 jenis karang dan 405 jenis ikan karang. Di Dangar Ode sendiri bila beruntung bisa menemui lumba-lumba yang berenang dengan lincahnya.





Foto: Gili Danger Ode

Perubahan iklim yang ekstrim menimbulkan dampak pada peningkatan volume air laut hingga keadaan gelombang yang semakin tinggi, yang berpotensi menimbulkan abrasi pantai. Hal iniah yang terjadi di pantai Gili Dangar Ode diketahui bibir pantai Gili Dangar Ode sudah terabrasi sekitar 3 meter. Kondisi ini bisa lebih parah jika tidakan ada tindakan untuk mencegahnya. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan dengan melakukan penanaman cemara udang di sekitar bibir pantai. Penanaman jenis ini selain dapat mencegah abrasi juga membuat kawasan ini nantinya akan menjadi rindang. Gili Dangar Ode merupakan tempat singgah para nelayan di Teluk Saleh dan merupakan salah satu potensi wisata yang sangat menarik. Apabila ini dibiarkan maka potensi wisata akan menghilang dan akan menghilangkan juga mata pencaharian warga pesisir di sekitar gili.

Melihat potensi dan kekayaan alam yang berada di Kabupaten Sumbawa khususnya di Teluk Saleh, kami berkomitmen memperjuangkan kelestariannya. Kurangnya kesadaran masyarakat mengenai kerusakan membuat kekayaan ini tersebut terancam musnah. Dengan kampanye dan gerakan secara langsung kami berharap bisa menyadarkan masyarakat dan semoga semakin banyak yang peduli dengan kelestarian alam ini di darat maupun di laut. Penanaman ini akan dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 21 April 2019, yang oleh LindungiHutan dikemas melalui “Gerakan Rawat Bumi”. (Deandra)





Foto: Penanaman yang sebelumnya pernah dilakukan SGU di lokasi

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 25.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Gili Dangar Ode, NTB.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan


Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai


Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

4 Pohon

ferdi perdiansyah

4 Pohon

Mari Berbuat Baik Untu Alam Kita

Panji Arief Sumirat

2 Pohon

Semoga terus bisa mendorong kegiatan untuk melestarikan ekosistem di bumi ini, tujuannya agar anak cucu kita bisa turut menikmati keindahan alam.

Edward

2 Pohon

Sumarti

2 Pohon

For bright future