fb Kampanye Alam "Jayapura #RawatBumi: Selamatkan Mangrove Teluk Youtefa dari Kerusakan" - LindungiHutan

Jayapura #RawatBumi: Selamatkan Mangrove Teluk Youtefa dari Kerusakan

"Teluk Youtefa masih membutuhkan bantuanmu, mari bantu kami selamatkan hutan mangrove yang ada di Papua!!"

Dibuat: Iznillah puswita | Jan 31, 2019

Lokasi: Jayapura | Kota: Jayapura

Dibantu Relawan Jayapura


19 Sahabat Alam Tergabung





Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Teluk Youtefa terletak di Kota Jayapura, Propinsi Papua. Teluk ini sangat terkenal dengan potensi pemandangan alam laut yang indah, sehingga pada Tahun 1996 ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam sesuai surat keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 714/Kpts-II/1996 dengan luas 1.675 Ha. Keberadaan taman wisata ini sangat penting untuk dijaga kelestarian alamnya, karena salah satu potensi sumber daya alam yang terdapat di kawasan Teluk Youtefa adalah hutan mangrove di beberapa kampung, antara lain Tobati, Enggros, Nafri dan Entrop.

Hutan mangrove mempunyai fungsi ganda dan merupakan mata rantai yang sangat penting dalam memelihara keseimbangan siklus biologi di suatu perairan. Fungsi mangrove mencakup fungsi fisik antara lain menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dari erosi laut atau abrasi, intrusi air laut, menahan dan mengendapkan lumpur serta menyaring bahan tercemar, dan juga fungsi biologis sebagai tempat hidup berbagai jenis biota.



Foto: Teluk Youtefa

Hutan mangrove di kawasan Teluk Youtefa ini berperan penting bagi kehidupan masyarakat yang ada di sekitar kawasan tersebut. Namun di sisi lain, kondisi hutan mangrove di kawasan Teluk Youtefa saat ini sudah sangat memprihatinkan. Data Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) menjelaskan telah terjadi perubahan luasan tutupan hutan mangrove pada kawasan Teluk Youtefa mulai tahun 1967 sampai 2008, dimana luasan mangrove pada tahun 1967 seluas 511,24 Ha dan tahun 2008 hanya 241,24 Ha. Mirisnya lagi, perubahan luasan mangrove tersebut masih berlangsung sampai saat ini mengingat tingginya aktifitas pembangunan di wilayah pesisir Kota Jayapura.

Pantai Mendug di Teluk Youtefa menjadi salah satu lokasi yang dibabat untuk pembangunan jalan Hamadi-Holtekamp pada tahun 2015 lalu. Peran pemerintah yang harusnya hadir untuk mereboisasi mangrove disana justru malah tidak terasa. “Pemerintah tidak hadir untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, oleh sebab itu kami lakukan dengan cara kami sendiri” kata Fredy, koordinator kegiatan penanaman mangrove (oleh Balai Wilayah Sungai Papua dan Forum Komunitas Jayapura (FKJ), serta relawan Lindungi Hutan Jayapura) bulan Agustus 2018 lalu.



Foto: Penanaman oleh Relawan LH Jayapura di lokasi, 2018 lalu (Cr: Abdel Gamel Naser)

Oleh karena itu, kita harus melanjutkan penyelamatan hutan mangrove kembali di tahun ini untuk menekan adanya pengurangan luasan dari hutan mangrove tersebut. Selain itu juga untuk mengajak masyarakat sekitar untuk lebih peduli lagi dalam melakukan penanaman mangrove. Aksi penanaman ini dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi yang dikemas melalui “Gerakan Rawat Bumi” oleh LindungiHutan. Yuk, ikut terlibat langsung untuk kemajuan Negara Indonesia kita tercinta menjadi lebih lestari (Tri Yuliyanti)



Foto: Lokasi penanaman(Cr: Abdel Gamel Naser)

Penanaman akan dilakukan di Kawasan Mendug, Teluk Yotefa, Enggros, Wai Mhorock, Abepura. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai


Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Iznillah puswita

40 Pohon

Iznillah puswita

40 Pohon

Andi Nurul Hafsah

23 Pohon

Rawatlah Bumi!

Ica Abdhika

22 Pohon

sending LOVE for MAMA EARTH ❤❤

Anonymous

20 Pohon

Bersahabat dengan alam bersama dengan sesama