fb Kampanye Alam "Kendari #RawatBumi: Lestarikan Sumber Mata Air Tahura Murhum" - LindungiHutan

Kendari #RawatBumi: Lestarikan Sumber Mata Air Tahura Murhum

"Harapannya dengan Gerakan Rawat Bumi ini, keberadaan sumber mata air di tahura sini bisa tetap terjaga dan lestari hingga generasi anak cucu kita."

Dibuat: Laode muh ikbal | Jan 22, 2019

Lokasi: Kendari | Kota: Kendari

Dibantu Relawan Kendari


7 Sahabat Alam Tergabung





Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Kendari merupakan ibu kota Sulawesi Tenggara. Kota ini memiliki luas 296,000 km dan terletak di pinggir Teluk Kendari. Sebagian wilayah kota Kendari berupa gunung yang dikenal dengan nama Gunung Nipa-Nipa.

Gunung ini berfungsi sebagai kawasan hutan sehingga bisa berperan dan berfungsi sebagai penyangga lingkungan kota Kendari. Tak salah jika Menteri Kehutanan RI melalui keputusan Nomor 289/Kpts-II/95 tanggal 12 Juli 1995 menetapkan kawasan ini sebagai Taman Hutan Raya (Tahura) yang bernama Tahura Murhum. Bahkan pada tahun 1999 Tahura Murhum ditetapkan sebagai Kawasan Hutan Tetap seluas 7.877,5 ha (Keputusan Menteri Kehutanan No.103/Kpts-II/1999 tanggal 1 Maret 1999.



Foto: Tahura Murhum

Tahura ini berada disebelah utara Teluk Kendari dan memanjang dari Kecamatan Mandonga, Kecamatan Kendari Barat seluas 2.302,6 Ha sampai di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kecamatan Soropi Kabupaten Konawe seluas 5.574,9 Ha. Tahura ini memiliki keaneka ragaman dan keunikan jenis flora maupun fauna serta keindahan alam yang sangat mempesona.

Dia memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat di Sulawesi Tenggara khususnya Kendari. Tidak terbayang keindahan perbukitan dan luas hutan yang hijau pasti akan menambah romansa sejuk yang tentu membuat masyarakat nyaman. Adanya sumber air yang alami tentu menjadi satu kelebihan sekaligus kebutuhan untuk masyarakat.



Foto: Salah satu sumber mata air di Tahura Murhum

Lalu bagaimana jika keindahan tersebut keberadaanya mulai banyak di intai untuk diganti menjadi tempat wisata?? Tentunya akan terjadi berbagai dampak yang bisa merubah atau mempengaruhi kekayaan alam yang sudah ada. Ekosistem dan kehidupan yang ada di dalam hutan itu akan kehilangan tempat tinggal dan keasriannya jika hutan terus menerus dibuka untuk lahan wisata, tanpa ada penanaman kembali untuk mengganti pohon setelah di tebang. Hal ini akan berdampak pada vegetasi di Tahura Marhum yang mengalami perubahan sangat pesat, begitupun pada sumber mata air yang sangat berperan bagi kehidupan masyarakat .

Hal ini menjadi keresahan teman-teman Relawan LindungiHutan Kendari. Kami kemudian berinisiatif untuk menanam pohon di lokasi tersebut dengan tujuan agar sumber mata air di Tahura Marhum dapat terlindungi dan tetap lestari.

Melalui gerakan menanam pohon di 100 daerah se-Indonesia, LindungiHutan ingin mengajak kita semua bersama mewujudkan “Gerakan RawatBumi” sebagai aksi nyata perduli lingkungan dan menjaga kekayaan alam. Agar hutan tetap lestari dan bisa bermanfaat untuk kehidupan masyarakat yang menghuni tanpa merubah atau mengurangi yang sudah menjadi potensinya. (Afif)



Foto: Peta lokasi penanaman oleh Relawan LH Kendari

Rencananya kami akan menanam pohon Mahoni, Kayu Besi, dan Jabon di sekitar mata air Tahura Marhum, Kendari.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 10.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Tahura Murhum, Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  3. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  4. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

5 Pohon

Jimin

5 Pohon

Budiman mampi

2 Pohon

Budiman mampi

2 Pohon

mario valentino

2 Pohon

semoga bumi kita ini tetap hijau dan terjaga alamnya