fb Kampanye Alam "Pati #RawatBumi: Aksi Nyata Cegah Abrasi" - LindungiHutan

Pati #RawatBumi: Aksi Nyata Cegah Abrasi

"Ada ratusan rumah, sejumlah sekolah, dan mushala yang mulai terkikis gelombang laut. Menanam mangrove adalah salah satu cara mencegahnya."

Dibuat: Nur avivi indrayati | Jan 16, 2019

Lokasi: Banyutowo Pati | Kota: Pati

Dibantu Relawan Pati


12 Sahabat Alam Tergabung





Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Jalur Pantura (Jalur Pantai Utara) merupakan Jalan Nasional Rute 1 atau jalan utama yang ada di Pulau Jawa. Jalan ini melewati 5 provinsi sepanjang 1.316 km di sepanjang pesisir pantai utara Jawa, yaitu Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jalur ini menjadi urat nadi utama transportasi darat karena setiap harinya dilalui oleh 20.000-70.000 kendaraan. Jalur ini berperan paling strategis dalam perekonomian Indonesia. Boleh dikatakan, jalur ini bisa menentukan hitam atau putihnya perekonomian pulau Jawa bahkan nasional.

Namun, jalur vital ini sekarang dalam keadaan terancam. Hal ini disebabkan karena abrasi yang terjadi dari tahun ke tahun. Abrasi pantai di Indonesia telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2017, terdapat 400 kilometer pantai di Indonesia yang telah tergerus atau abrasi. Dari jumlah tersebut sekitar 100 lokasi dintaranya tersebar di 17 provinsi di Tanah Air. Tidak terkecuali wilayah pesisir pantura yang melalui 5 Propinsi yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.



Foto : Keadaan jalur pantura

Saat ini, pantai utara (pantura) yang berada di Jawa Tengah terus digerus abrasi. Luas areal yang hilang dari Brebes hingga Rembang mencapai lebih dari 4.000 hektare (ha). Rata-rata daratan yang terseret arus laut 5-30 meter per tahun. Abrasi itu mengakibatkan rusak dan hilangnya hutan bakau (mangrove), perkebunan rakyat, areal pertambakan, dan permukiman penduduk yang berada di bibir pantai.

Kabupaten Pati menjadi daerah yang tentunya termasuk didalam jalur pantura. Kini, abrasi menjadi ancaman yang nyata bagi permukiman masyarakat Pati. Kabupaten Pati memiliki garis pantai sepanjang 60 km dan sedang mengalami kerusakan. Hal ini terjadi akibat adanya pembukaan lahan mangrove. Apabila hal itu dibiarkan, yang terjadi adalah tenggelamnnya daratan di tepian pantai.



Foto : Abrasi yang terjadi di sisi jalur pantura

Jarak tepian pantai dengan dengan permukiman warga dibeberapa wilayah hanya terpisahkan jalan selebar satu meter dari tepi laut. Selain itu, beberapa petak tambak hilang ditelan ombak. Air laut sudah mendekati permukiman penduduk. Padahal sebelumnya masih berjarak berkisar 100-150 meter.

Di sisi lain Kabupaten Pati, ada ratusan rumah, sejumlah sekolah, dan mushala yang dindingnya mulai terkikis akibat gelombang laut. Sebetulnya, kejadian tersebut dapat dihindari dengan cara penanaman mangrove dan perawatan pesisir dengan baik.

Harapannya dengan adanya penanaman ini bisa mencegah abrasi dan menjadi pemecah ombak arus air laut, walaupun kami tahu butuh waktu yang tak sebentar. Dan masyarakat bisa termotivasi dan ikut serta untuk pelestarian alam.

Penanaman akan kami laksanakan di Banyutowo pada tanggal 21 April 2019 dengan target 2000 pohon mangrove. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Tanyakan Tentang Kampanye ini





Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

50 Pohon

Anonymous

10 Pohon

Anonymous

10 Pohon

Hanya dengan niat saja berpahala, apalagi jika ikut bergerak. Semoga dilancarkan. Aamiin..

Anonymous

10 Pohon

Salam lestari. Semoga sukses

Anonymous

10 Pohon

  • Ramadhan Shalahudin Al Ayyubi

    5 Pohon

    Now, We need the trees

  • Anonymous

    10 Pohon

    Salam lestari. Semoga sukses

  • Kharisma Firdaus

    10 Pohon

    Cintai Alam... Sayangi Alam... Kasihi Alam... Hargai Alam...

  • Ing

    4 Pohon

    Mari selamatkan Bumi sebelum terlambat! Kalau bukan kita, siapa lagi?

  • Ing

    5 Pohon

    Mari selamatkan Bumi sebelum terlambat! Kalau bukan kita, siapa lagi?