fb Kampanye Alam "Probolinggo #RawatBumi: Selamatkan Desa Andungbiru dari Banjir Lagi" - LindungiHutan

Probolinggo #RawatBumi: Selamatkan Desa Andungbiru dari Banjir Lagi

"Sudah dua kali desa ini diterjang banjir bandang, dan tentunya hal tersebut menimbulkan kerugian yang cukup besar."

Dibuat: Ika Nurul Febrianti | Jan 28, 2019

Lokasi: Probolinggo | Kota: Probolinggo


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Salam lestari!!
Perkenalkan saya Ika Nurul Febrianti, saya merupakan Relawan Nusantara yang berasal dari Desa Andung biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Kabupaten Probolinggo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda-nya Jawa Timur. Kabupaten ini dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro.

Gunung Argopura adalah gunung berapi kompleks yang terletak kurang lebih sekitar 50 km dari pusat kota Probolinggo. Dengan ketinggian 3.088 meter, Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Disana terdapat hutan lindung yang berupa hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.



Foto: Desa Andangbiru

Di sebelah barat lereng Gunung Argopuro itulah Desa Andungbiru berada. Desa ini merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan hutan lindung yang berada dalam kawasan Gunung Argopuro. Sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab permasalahan di Desa Andungbiru, yaitu perluasan lahan pertanian dengan merambah hutan.

Perambahan yang massif menyebabkan pada bulan Maret 2017 dan December 2018 lalu desa ini terkena musibah banjir bandang. Banjir yang menelan dua korban jiwa dan merusak rumah serta menerjang sawah tersebut tentunya sangat merugikan dari segi material.



Foto: Banjir di Andangbiru Desember 2018

Oleh sebab itu, dalam rangka Hari Bumi, saya ingin mengajak teman-teman untuk ikut serta dalam “Gerakan Rawat Bumi” yang digagas oleh LindungiHutan, yaitu penanaman di 100 daerah se-Indonesia. Rencananya kami akan menanam di areal hutan yang gundul dan beberapa lahan petani setempat.



Foto: Lokasi penanaman

Jenis pohon yang akan kami tanam adalah klerek dan besaran donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 5.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Anonymous

40 Pohon

Semangat bermanfaat bagi lingkungan

Maya

20 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Anonymous

10 Pohon

Jaga alam, alam jaga kita

Aji Janmo Minulyo

10 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Hutanku Rindang

  • Maya

    20 Pohon

    Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

  • Aji Janmo Minulyo

    10 Pohon

    Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

    Hutanku Rindang

  • Anonymous

    10 Pohon

    Jaga alam, alam jaga kita

  • Anonymous

    40 Pohon

    Semangat bermanfaat bagi lingkungan