fb Kampanye Alam "Tapin #RawatBumi: Bersama Rehabilitasi Hutan Habitat Bekantan" - LindungiHutan

Tapin #RawatBumi: Bersama Rehabilitasi Hutan Habitat Bekantan

"Kebakaran hutan yang beberapa waktu lalu terjadi membuat habitat bekantan di Ekowisata Bekantan Tapin mengalami kerusakan. Ayo bantu kami perbaiki!!"

Dibuat: Hendra gunawan | Jan 21, 2019

Lokasi: Tapin | Kota: Tapin


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Perkenalkan, nama saya Gunawan, biasa dipanggil Ogunburax. Saya berprofesi sebagai jurnalis Tapin TV sekaligus sebagai Wakil Ketua Forum Komunitas Hijau Go Green Bastari. Bekantan (Nasalis larvatus) merupakan satwa endemik Pulau Kalimantan, salah satu habitat bekantan yaitu hutan rawa gelam yang berada di sisi kanal Sungai Muning Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Guna melindungi bekantan beserta habitanya pemerintah Kabupaten Tapin telah mentapkan kawasan konservasi bekantan seluas 90 Ha yang dijabarkan dalam SK Bupati Tapin No.188.45/060/KUM/2014.



Foto: Lokasi Ekowisata Bekantan, Tapin, Kalimantan Selatan

Pada saat ini, populasi satwa tersebut semakin menurun disebabkan oleh sifatnya yang sensitif terhadap perubahan lingkungannya, apalagi dengan ancaman kebakaran hutan dan lahan yang datang setiap tahun. Pemulihan serta penghijauan lahan restorasi lahan gambut di area ekowisata Bekantan yang terbakar pada musim kemarau yang lalu merupakan suatu tanggung jawab pemerintah dan segenap masyarakat. Restorasi ini dilakukan karena lahan seluas 80 Ha tersebut sempat rusak akibat kebakaran lahan pada tahun 2015.



Foto: Bekantan

Maka saya bersama rekan Forum Komunitas Hijau Go Green Bastari mengajak siapa saja baik perorangan maupun kelompok masyarakat yang mau berpartisipasi secara sukarela untuk merehabilitasi hutan dan lahan bekas kebakaran dengan kegiatan penanaman pohon serentak untuk menjaga ekosistem di ekowisata Bekantan.

Penanaman ini termasuk dalam rangkaian “Gerakan Rawat Bumi” yang diinisasi oleh LindungiHutan di 100 daerah se-Indonesia. Yuk ikut andil dengan mengikuti Gerakan Rawat Bumi atau juga bisa dengan cara berdonasi untuk penanaman dan parawatan pohon. (Deandra)



Foto: Kondisi habitat Bekantan pasca kebakaran



Foto: Lokasi penanaman

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 10.000/pohon. Penanaman akan dilaksanakan di Ekowisata Bekantan Kecamatan Tapin Selatan.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  4. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  5. Pengembangan Website Lindungi Hutan

Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Yuspianor

7 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Dengan menanam pohon termasuk bagian dari Peduli Tapin, berbuat dan bertindak tidak untuk kepentingan sesaat.

Roni Akbar Ramadhan

5 Pohon

Salam Lestari

Anonymous

5 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi

Menjaga Alam untuk generasi mendatang

Sinaga Polres Tapin

5 Pohon

Tetap semngat terus berkarya

Muhammad Fahruzaki

5 Pohon

Alokasi dari kampanye kaosrawatbumi