LindungiHutan - Aktifitas Kami

Apa Yang Kami Lakukan?


Tidak hanya melakukan aktifitas penanaman,
LindungiHutan juga melakukan aktifitas-aktifitas untuk mendukung aksi pelestarian hutan.

Campaign Penghijauan

Membawa kabar dari hutan lalu mencoba menjadi solusi dengan ajakan ke seluruh masyarakat agar turut berpartisipasi dalam sebuah campaign di daerah. Tujuannya adalah saling mendukung dan saling membantu demi lestarinya alam.

Penggalangan Dana

Dengan dana yang dimiliki, sahabat alam dapat mendukung sebuah campaign dengan melakukan donasi yang akan digunakan untuk pengadaan bibit, penanaman, perawatan bahkan sampai pemantauan kondisi hutan.

Penanaman Pohon

Tenaga yang dimiliki juga dapat ikut mendukung proses pelestarian alam, ini memang bukan tugas mudah untuk semua orang, perjalanan panjang dengan membawa bibit tentu merupakan tugas yang dapat diselesaikan oleh orang yang pentang menyerah.

Pemantauan Hutan

Proses penghijauan tidak selesai hanya dengan ditanamnya pohon, namun proses selanjutnya tak kalah penting. Tanaman perlu dirawat oleh mitra petani dan komunitas. Hasil perkembangan hutan dilaporkan dan dapat diakses melalui situs dan dengan teknologi Internet Of Things dan GIS.

Edukasi dan Sosialisasi

Pengetahuan dan informasi menjadi basis dalam mengambil langkah, kami juga menerbitkan informasi melalui sosial media dan situs ini. Juga untuk tambah mencintai alam, kami mengadakan seminar dengan relawan dan sahabat alam.

Pemberdayaan Petani

Mitra kami adalah petani dan komunitas sekitar hutan, mereka memiliki bibit dan mencari nafkah di sekitar hutan. Mereka memiliki pilihan antara tetap di hutan dan menjaga ekosistem atau malah meninggalkan hutan atau yang lebih parah, merusak hutan. Kami membantu mereka tetap berdaya tanpa menebang.

Jelajahi Hutan

Untuk lebih mengetahui kondisi nyata dari hutan, kami mengajak sahabat alam untuk turut mengetahui secara langsung keindahan hutan di berbagai daerah. Dengan konsep cinta lingkungan dan pelestarian ekosistem, peserta akan mendapat pelajaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup dan lingkungan hutan.

Komunitas Relawan

Semangat tak terbendung dari sahabat alam di seluruh daerah, mendorong kami membuat wadah bagi mereka untuk dapat bertemu dan menjadi penggerak pelindung hutan di daerahnya masing-masing. Kita tahu kita tak sendiri.

Relasi Stakeholder

Semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama untuk pelestarian lingkungan, kami mencoba kolaborasi dengan seluruh entitas seperti pemerintah, perusahaan, akademisi, komunitas dan seluruh masyarakat untuk turut terlibat dalam visi bersama menghijaukan Indonesia.