LindungiHutan - Detail Kampanye alam

Tees for Trees, Kaos yang mengubah hidup

Dibuat: Lindungi Hutan | May 13, 2018

“Saat memakai kaos Lindungi Hutan, hidup saya berubah. Saya bertemu dengan Pak Sururi yang telah menanam jutaan pohon mangrove, bertemu dengan Krisna, seorang anak SD yang menabung lima ratus rupiah setiap hari demi berdonasi pohon, juga melihat harapan yang baik untuk masa depan”

Perkenalkan, nama saya Miftachur Robani atau biasa dipanggil Ben.
Semua dimulai bulan Nopember 2016, saat itu saya diajak founder Lindungi Hutan, mas Rio untuk survey lokasi penanaman di daerah Tambakrejo, Semarang. Daerah yang baru pertama kali saya singgahi, walaupun masih dalam satu kota. Miris, karena air laut yang terus naik, masyarakat harus terus menimbun tanah untuk menaikkan permukaan tanah di rumahnya, namun bagi yang kurang mampu, rumah mereka menjadi semacam 'rumah hobbit’ yang ketika itu saya harus menundukkan kepala cenderung menjongkok untuk masuk rumah orang yang kita ingin temui. Cerita fenomena ini selalu saya bawa (sambil menahan tangis) setiap ditanya alasan “kenapa mas Ben mau join Lindungi Hutan?”. Mereka adalah komunitas yang memiliki bibit mangrove yang bisa ditanam dan jadi penahan gelombang dan laju abrasi di pesisir. Namun, mereka juga harus tetap hidup, cara adilnya adalah dengan membeli bibitnya, mereka yang menanam, mereka yang merawat. So, Lindungi Hutan berjalan.

Kemudian Februari 2017, saya diajak bergabung sebagai Chief Marketing Officer, lengkaplah formasi Mas Rio sebagai CEO, Mas Cacip sebagai CTO. Saya jadi yang termuda di tim ini. Hobi sebagai orang yang doyan ngobrol membawa saya ke berbagai acara baik di startup atau acara penanaman di hutan dari survey sebelum sampai bertemu Sahabat Alam Lindungi Hutan saat eksekusi acara. Hal yang membahagiakan bisa bertemu dengan orang seperti Pak Yazid dari Tambakrejo yang menyewakan kapalnya, mengajak anak-anak SD untuk mengetahui cara pembibitan sampai manfaat hutan mangrove yang mereka tanam. Sebuah harapan bagi masa depan anak cucu yang indah tentunya.


Bersama dengan Pak Sururi, petani bibit yang memberikan penjelasan pentingnya hutan mangrove.


Saat memakai kaos bertuliskan Lindungi Hutan dan berkesempatan bertemu dengan orang-orang yang notabene hidup di kota yang penuh hiruk pikuk, lalu mereka mau meluangkan waktunya untuk berjalan menyusuri jalan yang tidak mudah, tidak dekat dan melelahkan. Bisa bertukar pikiran, berbagi inspirasi, mempertemukan mereka dengan tokoh-tokoh yang berjasa melindungi hutan, sebuah kepuasan batin. Lebih dari itu, saat saya memakai kaos ini, kemudian ada yang mendekat dan bertanya, “Lindungi Hutan itu apa ya mas?”, “Sekarang sudah dimana saja ya mas?, Surabaya sudah ada mas?” sampai pada apresiasi “keren banget ya mas, semangat ya mas”. Sebuah charge energi yang tak pernah habis dan semua itu membuat hidup saya benar-benar berubah.


Foto saya bersama Sahabat Alam usai penanaman


Kini kita telah menanam hampir 15.000 pohon di lebih 20 hutan konservasi di Indonesia, memiliki lebih 1000 Relawan Lindungi Hutan di lebih dari 50 daerah di Indonesia. Dan hal ini mungkin bisa bertambah dengan memakai sebuah kaos dengan desain dan pesan sederhana : “lindungihutan”, sebuah ajakan untuk menjaga ekosistem Hutan Indonesia. Di bagian belakang tertulis “Bersama Menghijaukan Indonesia” sebuah nilai yang kami pegang bahwa apa yang kita impikan tidak dapat kita capai sendiri. Sebuah misi ingin menanam pohon sejumlah penduduk Indonesia pada 2020, sebagai warisan untuk anak cucu kelak.


Maka saya mengajak kalian untuk turut menyebarkan pesan baik ini ke seantero negeri dengan mengenakan kaos “lindungihutan” dalam project ‘teesfortrees’, pembelian satu kaos seharga Rp 170.000 maka kalian ikut mendonasikan 10 pohon untuk ditanam, dirawat dan dilaporkan perkembangannya oleh komunitas sekitar hutan melalui situs lindungihutan.com. Kaos ini bersifat pre order dan belum termasuk biaya kirim, untuk ongkir bisa dicek di situs penyedia jasa pengiriman seperti JNE dengan asal pengiriman Kota Semarang. Untuk fase pertama kami buka sampai tanggal 21 Mei 2018. Sedangkan untuk fase selanjutnya kami buka sampai 8 Juni 2018. Mari Bersama Menghijaukan Indonesia.

Salam Lestari dari saya, Ben.

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Product Bundling: Senin, 28 Mei 2018

3

  Hari lagi

60

  Pohon Terkumpul

Donasi Sekarang

Share kampanye alam ini untuk mengajak lebih banyak orang peduli melakukan aksi nyata.

Atau berkontribusi nyata dengan menjadi relawan LindungiHutan.

Gabung Aksi

Rahma Nurita Anggraeni

20 Pohon

Aku berharap hutan tidak semakin berkurang, tapi menjadi tumbuh kembali.

Anonymous

10 Pohon

Sari Marlina

10 Pohon

Duta Eka Prayudha

10 Pohon

Hijaukan Indonesia

Anonymous

10 Pohon

Bismillah semoga bermanfaat