Connect with us

Bisnis Lestari

LindungiHutan: 5+ Keuntungan Jalankan CSR Lingkungan Bersama Kami

Published

on

Penanaman mangrove LindungiHutan

Ya, CSR merupakan suatu kewajiban yang harus ditunaikan setiap perusahaan maupun korporasi. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara melaksanakan program CSR yang tepat sasaran, berdampak, dan tentunya berkelanjutan?

LindungiHutan punya solusinya! Berikut ini manfaat yang akan perusahaan Anda dapatkan ketika menjalankan program CSR lingkungan bersama LindungiHutan!

1. Mudah

Siapa yang tidak ingin kemudahan? Termasuk perusahaan Anda ingin mendapatkan kemudahan selama melaksanakan program CSR. Mudah ketika menentukan lokasi, mudah ketika berdiskusi membahas teknis pelaksanaan, mudah mengakses laporan pertanggung jawabannya, dan sederet kemudahan lainnya. Untuk itulah LindungiHutan hadir!

Gambar menanam mangrove
Penanaman mangrove di lokasi

Sebagaimana nilai yang kami pegang selama ini, bersama LindungiHutan, melaksanakan program peduli lingkungan tidak perlu menyita waktu dan tenaga. Kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan aksi penanaman pohon yang menyenangkan, mudah, dan tentunya bertanggung jawab. 

“Sejauh ini sih komunikasi dari prosesnya sampai akhir LindungiHutan menurut saya sangat fast respon ya, cukup baik dari persiapan semuanya nggak ada kendala sampai akhir gitu,” Tutur Sarah Qaida Islami dari Arkadia Works yang pernah melakukan kolaborasi penanaman bersama.

Baca juga: No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan

2. LindungiHutan Punya Banyak Pilihan Lokasi Penanaman

Terhitung sampai saat ini terdapat 40+ lokasi penanaman yang menjalin kemitraan bersama LindungiHutan. Lokasi tersebut tersebar mulai dari Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi. Seperti misi awal kami, yaitu hadir sebagai jembatan antara mereka yang ingin ikut melestarikan lingkungan dengan para Mitra Petani yang memiliki akses bibit dan pengetahuan mengenai lokasi penanaman setempat.

Harapannya, pelaksanaan CSR tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga masyarakat sekitar lokasi. 

3. Mendapatkan Laporan Sistem Monitoring

Tentu perusahaan Anda ingin program CSR yang dijalankan berjalan dengan berkelanjutan bukan? Oleh sebab itu, LindungiHutan menyiapkan sistem monitoring sebagai upaya untuk mendukung keberlanjutan program CSR. 

Monitoring penanaman pohon
Tampilan fitur monitoring .

Kami berkomitmen untuk memantau pertumbuhan pohon agar pohon benar-benar tumbuh dan bisa memberikan manfaatnya kepada lingkungan dan masyarakat. Untuk itu, monitoring kami lakukan!

Nantinya, jika perusahaan Anda menjalankan program CSR lingkungan bersama LindungiHutan, maka Anda akan mendapatkan laporan monitoring seperti gambar di bawah ini.

Di dalam laporan monitoring tersebut, Anda akan mendapatkan data jumlah pohon hidup, pohon mati, rataan diameter pohon, rataan tinggi pohon, umur pohon, hingga rataan emisi CO2 terserap.

4. Melibatkan Penduduk Lokal

Kami mendukung pemberdayaan kelompok masyarakat peduli lingkungan dengan menggandeng mereka sebagai penggerak yang menjalankan penanaman pohon, mengelola daerah penghijauan, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan langkah hijau kami.

Nantinya pohon-pohon yang sudah ditanam akan dimonitor secara berkala oleh Mitra Petani kami yang merupakan penduduk lokal. Pun, ketika penanaman berlangsung kami juga dibantu oleh Mitra Petani sebagai pihak yang paham akan kondisi setempat.

“Di sana juga didampingi oleh petaninya langsung yang memang sangat punya experience terkait penanaman dan medan di sana, sehingga kami yang dari Danamon yang memang belum tahu medan sana merasa lebih aman aja dengan pendampingan tersebut, dan pada saat penanaman pun diajarkan, dibantu, bagaimana cara penanaman mangrove di sana,” Ujar Mukhlasin Aghfan dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk setelah menanam bersama LindungiHutan.

Baca juga: Cerita Bank Danamon Menanam Mangrove Bersama LindungiHutan

5. Mendapatkan Halaman Kampanye Alam

Kampanye Alam LindungiHutan
Halaman Kampanye Alam yang akan didapatkan perusahaan Anda.

Setiap perusahaan yang melaksanakan program CSR penanaman bersama LindungiHutan akan mendapatkan halaman khusus berupa halaman Kampanye Alam. Halaman ini bisa Anda sebarluaskan melalui berbagai media sosial maupun channel publikasi yang ada.

Melalui halaman Kampanye Alam ini pula, Anda bisa mengenalkan perusahaan Anda dan apa yang menjadi tujuan/visi dari penanaman tersebut.

6. Publikasi dan Mendapatkan Laporan Pertanggung Jawaban yang Jelas

Ketika penanaman usai, perusahaan Anda pasti akan mendapatkan laporan pertanggung jawaban dari LindungiHutan. Di dalam LPJ tersebut memuat laporan kegiatan secara detail, laporan anggaran, hingga dokumentasi penanaman. 

Laporan pertanggung jawaban penanaman
Laporan pertanggung jawaban yang akan diberikan setelah penanaman.

Selain LPJ, pelaksanaan CSR perusahaan Anda bersama LindungiHutan akan kami publikasikan melalui media sosial, YouTube, hingga press release di blog.

7. Transparan

Publikasi dan laporan pertanggung jawaban merupakan salah dua dari upaya kami dalam mewujudkan transparansi selama kerja sama CSR berlangsung.

LindungiHutan berkomitmen untuk betul-betul transparan dalam arti semua informasi terkait proyek kerja sama dan CSR perusahaan yang telah dilakukan dapat diakses secara terbuka. Terlebih kami menyediakan laporan khusus terkait perkembangan proyek yang telah terlaksana.

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan