Jumbotron

1000 Pohon untuk pesisir kendal

Dibuat

32 Donatur

Jenis Pohon Tanam : Cemara Laut

584 pohon terkumpul dari 200 pohon

Batas Donasi: 08 Mar 2020

Penanaman: Minggu, 08 Maret 2020

Kampanye Alam Selesai

Bertepatan dengan hari Bumi dan bulan kelahiranku..biasanya pergantian usia selalu ditandai dengan perayaan pesta, makan-makan dll..kali ini aku mau merayakan hari bumi & moment bertambahnya usiaku dengan menanam pohon, untuk bumi yang lebih baik kedepannya. "ARIF RAHMAN HAKIM"
Halo Sahabat,
Salam Lestari!
Perkenalkan, Saya Arif Rahman Hakim. Saya adalah seorang pelajar yang sedang menempuh progam S1 Pertanian Agribisnis di salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Semarang, selain itu saya juga aktif di berbagai gerakan tentang alam dan lingkungan untuk merawat bumi kita tercinta ini. Saya berasal dari Kabupaten Kendal, salah satu daerah yang letaknya berada persis di sebelah barat ibu Kota Jawa Tengah yaitu Semarang, saat ini kondisi
lingkungan disekitar daerah saya sangatlah memperihatinkan, berbagai kerusakan alam dan lingkungan sangat jelas terjadi.

Nah, salah satunya kondisi pantai di kawasan perairan Kabupaten Kendal di Pantai Kartika Jaya semakin parah dan mengkhawatirkan karena dalam dua tahun terakhir mengalami abrasi (pengikisan) pantai sudah mencapai 5 - 10 meterdari garis pantai. Abrasisendiri merupakan proses pengikisan pantai oleh gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak.


Penyebab abrasi bisa dari beragam faktor nih Sahabat, salah satunya minimnya tanaman maupun tumbuhan yang merupakan komponenutama ekosistem pesisir yang penting bagi kelangsungan ekosistem. Cemara dapat menjadi pelindung alami pantai karena akarnya yang kokoh dapat menahan sedimen pantai dan meredam kekuatan gelombang air laut yang menghantam bibir pantai.Sehingga dapat berperan sebagai pembentuk lahan pantai secara alami.

Selain abrasi,tumpukan sampah plastik yang hanyut terdampar pada pesisir pantai sangat merusak pemandangan.
Apalagi kalian milenials berhobi traveling pasti menemui pemandangan sampah yang tak sedikit tertumpuk dipasir pantai dimanapun pantainya.

Jika Sahabat memiliki keresahan yang sama dengan Arif untuk lingkungan Indonesia. Saya mengajak sahabat untuk ikut andil dalam aksi ini, caranya sederhana kok, yaitu Dengan menanam pohon Cemara bersama atau cukup dengan berdonasi, manfaat pohon Cemara sendiri untuk memecah gelombang dan menahan pasir ataupun debu.

Dengan adanya aksi ini semoga kedepannya mampu memberi manfaat yang besar bagi daerah saya maupun Indonesia pada umumnya.
Salam Lestari !. save our home and save our earth.

(foto keadaan terdampak)

Keterangan: ini adalah foto salah satu keadaan pantai yang ada di daerah Kendal
Penyebab dari kondisi tersebut adalah ulah manusia yang semena-mena dan tak punya malu. Sehingga menyebabkan dampak seperti pencemaran lingkungan maupun kerusakan ekositem alam.
Harapan saya dengan adanya aksi ini mampu menjadikan pantai di pesisir kendal menjadi tempat yang menarik bagi warganya maupun masyarakat indonesia pada umumnya, sehingga akan mampu menciptakan pusat perekonomian daerah yang kuat bagi warga masyarakat di daerah tersebut.

Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah
Rp 7,000/pohon.

Sejak tahun 2009, abrasi melanda Pantai Kartika Jaya dan mengikis pesisir lebih dari 30 hektar. Tragedi ini menyebabkan rusaknya mata pencaharian warga setempat bahkan menenggelamkan beberapa rumah masyarakat pesisir. Hal ini sangat memprihatinkan dan sudah sebaiknya sesama manusia harus saling tolong menolong dalam berbagai macam aspek, salah satunya dengan menyelamatkan poros ekonomi dan pemukiman masyarakat dari abrasi pantai.

Bagaimana Cara Berdonasi ??
1. Klik Tombol “DONASI SEKARANG”
2. Input nominal yang akan di donasikanπ
3. Pilih metode pembayaran transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI), Go-
Pay dan Doku Wallet
4. Konfirmasi melalui WhatsApp, Website atau E-mail
5. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di
Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.
Salam Lestari !!

Kampanye alam"1000 Pohon untuk pesisir kendal" telah dilaksanakan diPantai Jungsemi, Kendalpada tanggal8 Maret 2020 dibantu olehP3MP dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah56 orang dari berbagai komunitas di antaranya adalahArmapala dan Relwan LindungiHutanKendal



Dokumentasi lengkap penanaman pada kampanye ini dapat diakses di link berikut "Penanaman Kendal"

#Update 07-Nov-2019

Update Kampanye Dimulai Nanti Pada Tanggal Pelaksanaan 15-12-2019

Anonymous

Anonymous

2 Pohon

Semoga sedikit bantuan ini bisa bermanfaat buat alam Indonesia
alam re

alam re

14 Pohon

Anonymous

Anonymous

14 Pohon

Hijau kan bumi ini
Anonymous

Anonymous

14 Pohon

Naufal Gumilang

Naufal Gumilang

14 Pohon

Lindungi hutan untuk anak cucu
Naufal Gumilang

Kado the Gift

209 Pohon

Naufal Gumilang

Muhammad Efendi

71 Pohon

Naufal Gumilang

Anonymous

28 Pohon