fb FAQ | Jawaban Pertanyaan yang Sering Kamu Tanyakan

Panduan Umum


Lindungi Hutan ialah platform crowdsourcing penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan
Kegiatan yang dilakukan Lindungihutan dimulai dari jelajah lingkungan melihat kerusakan lingkungan di sekitar kita, kemudian kita mencari komunitas dan “petani” di sekitar wilayah tersebut untuk sama-sama membuat agenda penanaman, bukan hanya itu kita juga membuka relawan di setiap kota untuk bersama-sama untuk mewujudkan penanaman  se Indonesia
Di aplikasi kita ada banyak cara dalam berkontribusi; pertama kamu bisa berdonasi ke Campaign yang ada di lindungihutan; kedua kamu juga bisa ikut gabung aksi Campaign Lindungihutan yang ada di daerahmu; ketiga dengan kamu meng- share informasi campaign ke orang-orang terdekatmu, kamu juga telah berkontribusi di Lindungihutan.

Dengan kamu sign up di Lindungihutan kamu tergabung sebagai sahabat alam, dan masuk ke dalam grup komunikasi antar sahabat alam di daerahmu, selanjutnya jika kamu ada rekomendasi tempat penanaman di wilayah sekitarmu kamu bisa menjadi relawan Lindungihutan dengan sebagai kordinator penanaman selanjutnya di daerahmu dengan cara

pastikan Anda dan Komunitas yang Anda gandeng peduli terhadap kelestarian hutan, punya visi yang kuat untuk penggalangan dana, dan mampu bertanggung jawab untuk kegiatan penanaman sampai perawatan pohon yang ditanam pada campaign yang dibuat.

 

Adapun syarat - syarat yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

 

  1. Daftar akun di lindungihutan
  2. Foto KTP/SIM/ identitas resmi lainnya
  3. Foto diri Anda sedang memegang kertas bertulis nama Anda
  4. Akun sosial media Facebook / Instagram / Twitter / Googleplus
  5. Data Komunitas yang digandeng (yang telah memiliki ijin penanaman, ijin lahan, dan penyediaan bibit)*
  6. Judul dan tema campaign
  7. Lokasi dan tanggal pelaksanaan campaign
  8. Foto dan video via youtube (opsional)
  9. Deskripsi campaign
  10. Target donasi, jenis pohon dan harga per bibit dari pohon yang akan ditanam

Syarat-syarat di atas menjadi acuan kami sebagai bukti untuk verifikasi dan menghindari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

*) hal ini untuk menghindari penanaman di area yang ilegal.

Untuk domisili Lindungi hutan saat ini kita ada basecamp di Semarang, Jawa Tengah tetapi kita ada group relawan di 77 kota/kabupaten di seluruh Indonesia memungkinkan akan lebih banyak lagi relawan- relawan di seluruh Indonesia

  • Kampanye

Kampanye di platform kami untuk penghijauan dan penyelamatan satwa. Pengguna dapat membuat dan mempromosikan kampanye mereka untuk mengumpulkan donasi.

  • Donasi

Donasi untuk kampanye berdasarkan berapa banyak pohon yang akan pengguna tanam. Ini mempengaruhi berapa banyak pengurangan emisi karbon dari donasi pengguna.

  • Penanaman

Kami mengumpulkan orang di seluruh dunia yang memiliki ketertarikan untuk menanam bersama. Semua orang dapat ikut dan berkontribusi di semua kampanye. Saat orang datang langsung ke hutan, dia jadi saksi kabar hutan.

  • Pemantauan

Bukan hanya donasi dan penanaman, tapi juga pemantauan jumlah pohon yang masih hidup, bagaimana kondisinya dan menghitung berapa pengurangan emisi yang dihasilkan.

Setelah masuknya donasi kita akan melakukan veritifikasi, selanjutnya nama donatur akan ditampilkan pada Campaign sasaran donasi.
Jika Donatur belum memilih Campaign, bisa kami bantu dengan mengalokasikan donasi ke Campaign lain yang membutuhkan.
  

Dalam cara kerja LH kita ada sistem monitoring campaign; minimal telah tertanam selama 3 bulan, secara periodik kita tampilkan laporan hasil pemantauan dari tanaman yang ditanam sesuai dengan campaign yang telah selesai.

Untuk tau kegiatan penanaman yang akan berjalan bisa di akses melalui aplikasi kita di Campaign LH, selain itu kita ada media sosial untuk kawan-kawan bisa ikuti

IG : @Lindungihutan

OA Line/ Square : @Lindungihutan

Facebook: www.facebook.com/lindungihutandotcom

Anda bisa menuliskan detail kerjasama yang bisa kami bantu dan mengirimkannya ke email kami [email protected]

Donasi Anda akan diterima oleh penyelenggara Campaign sebelum hari H acara. Setelah Anda melakukan transfer dan konfirmasi, donasi Anda kami terima dan kami kumpulkn bersama donasi dari beberapa donatur yang juga berdonasi. Jika Anda belum memilih Campaign yang Anda kehendaki, kami alokasikan donasi Anda untuk Campaign lain yang membutuhkan dan kami informasikan kepada Anda. Nama Anda akan muncul di daftar donatur Campaign yang menggunakan donasi Anda.
Iya, Donasi bisa dipindahkan ke Campaign lain dan kami berkewajiban untuk menginformasikan kepada Donatur tentang hal tersebut. Donasi dipindahkan berdasarkan pada beberapa faktor, diantaranya: 
  1. Campaign dibatalkan oleh penyelenggara.
  2. Penyelenggara Campaign diketahui melakukan pemalsuan, penggelapan, dan kegiatan lain yang menyalahi syarat dan ketentuan.
  3. Jumlah donasi tidak mencukupi untuk biaya pohon yang didonasikan.
  4. Donatur belum memilih donasi ke Campaign yang mana.
Jika donatur merasa kurang jelas atas informasi yang kami berikan, donatur bisa langsung menghubungi kami di kontak yang telah kami sediakan melalui website atau email.
Saat Pengguna melakukan donasi, gabung aksi ataupun registrasi, kami menyediakan kolom email dan nomor telepon untuk pengguna yang fungsinya adalah untuk menginformasikan kepada pengguna terkait donasi dan koordinasi lainnya melalui email dan nomor telepon tersebut.
Silakan kunjungi FAQ bagian "Penggalang" untuk informasi lebih lanjut.
“RawatBumi” adalah kampanye alam penanaman pohon dan bersih sampah dalam rangka peringatan Hari Bumi yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 April 2019, yang dilaksanakan secara gotong royong pada area konservasi di 100 daerah. Kampanye ini diinisasi oleh LindungiHutan bekerjasama dengan relawan, masyarakat, pemerintah dan perusahaan setempat dengan tujuan membangun kepedulian terhadap pelestarian alam.
Kegiatan “RawatBumi” bertujuan untuk menjadi momentum bukti bakti terhadap bumi yang kita tempati, dengan cara membangun harapan, mewujudkan kepedulian dan menampung kontribusi nyata dari seluruh elemen masyarakat sehingga terwujud lingkungan yang lebih terawat dan bumi yang lebih nyaman untuk ditempati.

Dari kegiatan “RawatBumi” ini, diharapkan dapat terjalin hubungan baik dan sinergi antar elemen masyarakat bahwa isu lingkungan merupakan masalah dan tanggung jawab bersama semua pihak, dan butuh kepedulian serta gotong royong seluruh elemen untuk menyelesaikannya..
Kegiatan ini akan menyasar daerah konservasi yang masih membutuhkan perhatian dari masyarakat, dengan sasaran stakeholder yang terlibat dari masyarakat umum, pelajar, pemerintah melalui dinas terkait, pihak swasta baik dari perusahaan atau industri UMKM. Keterlibatan pihak-pihak tersebut bisa sebagai donatur maupun gabung aksi. Untuk pembiayaan kegiatan, akan dilakukan secara crowdsourcing melalui website lindungihutan.com.

“RawatBumi” menargetkan penanaman jenis pohon bernilai konservasi sekaligus bersih sampah di 100 daerah se-Indonesia, serta melibatkan minimal 100 orang tiap daerah. Keterlibatan aktif dari pemerintah, swasta, komunitas, dan peliputan oleh media massa, juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan kegiatan ini.

Usulan lokasi kampanye “RawatBumi” ini berasal dari masyarakat umum dan Relawan LindungiHutan se-Indonesia yang masuk ke Tim LindungiHutan. Daftar lengkapnya ada di halaman lindungihutan.com/rawatbumi
Kamu bisa menjadi pelopor dengan ikut mendaftarkan daerahmu sebagai penyelenggara dengan cara hubungi kontak LindungiHutan, bisa juga dengan berdonasi untuk daerah setempat, atau membeli product bundling yang sekaligus berdonasi atau dengan usaha yang dipunyai bisa mensponsori acara. Dan pada hari H, yaitu 21 April 2019 kamu dapat ikut hadir dan bertemu dengan orang-orang lain yang peduli dengan keberlangsungan bumi ini.
Sila hubungi kami melalui email [email protected] dengan subjek "Jadi #PejuangHutan"
HutanMerdeka adalah kampanye alam penanaman dan penyulaman hutan yang diinisiasi oleh LindungiHutan sebagai wujud apresiasi terhadap 45 PejuangHutan yang akan dilaksanakan pada Bulan Juni-Agustus 2019
HutanMerdeka hadir sebagai ajakan kepada masyarakat untuk kembali peduli dengan hutan yang seringkali ada anggapan bahwa permasalahan hutan adalah komoditas sebagian pihak saja, seperti menganggap hutan mereka, padahal seharusnya HutanMerdeka dimana hutan memiliki hak untuk didengar suaranya dan diperlakukan sama dengan masalah lainnya
HutanMerdeka akan dijalankan dengan mengangkat cerita 45 PejuangHutan dengan tujuan membangun kesadaran masyarakat luas untuk ikut terlibat. Pada hari pelaksanaan HutanMerdeka akan diisi dengan kegiatan penanaman dan penyulaman yang dikordinasi oleh para PejuangHutan dengan dihadiri para PembelaHutan yang dapat turut berpartisipasi dengan berdonasi dan ikut kegiatan.
HutanMerdeka akan diselenggarakan di daerah dalam rentang Bulan Juni-Agustus 2019, setiap daerah mungkin akan diselenggarakan di tanggal yang berbeda menyesuaikan dengan kondisi lokasi penanaman
Untuk membuat kampanye alam dan menjadi PejuangHutan dengan cara klik “Buat Kampanye” lalu isi kelengkapan data yang dibutuhkan. Lalu untuk menjadi PembelaHutan dengan cara akses lindungihutan.com/hutanmerdeka lalu pilih kampanye yang akan didukung kemudian dapat memilih donasi, beli merchandise atau klik gabung aksi untuk ikut datang pada hari penyelenggaraan.
PejuangHutan adalah individu atau kelompok yang memanfaatkan waktu dan tenaganya untuk melakukan serangkaian kegiatan pelestarian hutan, mulai dari melakukan edukasi dan sosialisasi pentingnya hutan sampai dengan menjadi petani bibit dan menjadi tokoh penghijauan di area konservasi.
Setiap PejuangHutan memiliki cerita latar belakang yang beragam, mulai dari kesehariannya sampai apa alasan yang membuatnya tergerak untuk berbuat sesuatu untuk kelestarian alam, mereka hanya manusia biasa namun mereka hanya ingin menjadi yang makhluk yang bermanfaat bagi sesama, bagi lingkungan sekitarnya. Semua kisah PejuangHutan dapat dibaca di masing-masing kampanye alam.
PembelaHutan adalah individu atau kelompok yang mendukung kampanye alam HutanMerdeka dengan memilih berdiri di belakang PejuangHutan, bersiap melanjutkan perjuangan mereka dengan membagikan ceritanya, ikut berdonasi untuk kelancaran kegiatan, datang pada kegiatan atau memakai kaos HutanMerdeka untuk mengajak masyarakat lebih luas
HutanMerdeka memiliki tagline “Dukung Perjuangan Mereka” yang disebut dengan ‘mereka’ adalah para PejuangHutan. Kemudian HutanMerdeka juga punya kutipan “Karena Penjarahan di dalam Hutan harus Dihapuskan”, terinspirasi dari proklamasi, penjarahan adalah proses merampas milik orang lain, dan penjarahan yang lebih menakutkan adalah tidak mengambil peran sama sekali dan berfikir ini urusan mereka.
Campaigner memiliki hak untuk dapat menyampaikan kegiatan yang akan diselenggarakan di laman LindungiHutan dengan penggalangan dana yang transparan sehingga kebutuhan untuk kelancaran kegiatan dapat ditunjang. Sedangkan kewajiban campaigner adalah menyampaikan kondisi di hutannya dalam informasi yang benar dan bertanggungjawab atas kelancaran acara sejak survei, acara penanaman atau penyulaman sampai perawatan dan pemeliharaan pohon yang telah ditanam. Semua informasi akan dapat diakses di laman LindungiHutan sebagai tanggungjawab kepada donatur dan PembelaHutan
LindungiHutan berhak untuk menerima atau menolak kampanye alam yang diajukan oleh campaigner juga mempublikasi kegiatan penanaman. Adapun kewajiban yang harus ditunaikan oleh LindungiHutan adalah menyebarkan informasi terkait HutanMerdeka, memberi arahan kepada campaigner, menyediakan sistem yang transparan dalam penggalangan dana serta memberikan laporan hasil penanaman dan update kondisi hutan setelah penanaman
Pada setiap kampanye alam yang dilaksanakan di laman LindungiHutan, selain dengan menggandeng campaigner atau PejuangHutan yang juga merupakan petani bibit, LindungiHutan juga membuka kesempatan untuk para putra-putri bangsa untuk dapat membuat kampanye penanaman, kemudian LindungiHutan akan mencoba membantu menghubungkan dengan jaringan lokasi bibit baik dari pemerintah ataupun swasta dengan kata kunci yaitu bibit yang ditanam adalah bibit pohon untuk tujuan konservasi bukan pohon produksi yang nantinya akan ditebang untuk mengambil manfaatnya.
Secara umum kampanye HutanMerdeka memiliki target terkumpul 45 PejuangHutan dengan kampaye alam masing-masing, sehingga dapat dikatakan sukses jika dalam penyelenggaraan dalam skala nasional ada 75% kegiatan yang terdaftar dalam rangkaian HutanMerdeka berjalan berhasil. Adapun untuk masing-masing kampanye HutanMerdeka di daerah memiliki target 1.708 pohon tertanam dan 74 PembelaHutan hadir, maka HutanMerdeka di daerah dapat dikatakan sukses dengan lebih dari 50% target terlampaui.
Penggalang adalah pihak yang membuat kampanye alam di LindungiHutan berupa "Penghijauan" atau "Aksi Lingkungan".
Dengan menjadi seorang "Penggalang" maka Anda turut berperan aktif dalam kegiatan konservasi alam dan hutan. Anda akan memperoleh fasilitas sebagai berikut:
  • Halaman khusus kampanye alam yang dapat Anda sesuaikan link URL maupun konten materi di dalamnya. Contoh : lindungihutan.com/pohonuntuksumbawa
  • Sertifikat digital sebagai bentuk apresiasi resmi dari LindungiHutan
  • Merchandise khusus yang hanya dimiliki oleh "Penggalang" secara gratis
Penggalang di LindungiHutan bersifat:
  • Individu
  • Kelompok
  • Komunitas
  • Organisasi
  • Entitas Bisnis
  • Instansi Pemerintah, dan
  • Lembaga Swadaya Masyarakat
Kapanpun dan Dimanapun selama Anda terhubung dengan jaringan internet untuk mengakses situs lindungihutan.com.
LindungiHutan mengikuti peraturan dan regulasi yang berlaku di Indonesia dengan mendirikan Yayasan Lindungi Hutan berdasarkan Akta Notaris Ida Widiyanti, SH dengan SK Kemenkumham Nomor AHU-0003033.AH.01.04.Tahun 2018. LindungiHutan juga memiliki Izin Pengumpulan Uang dan Barang yang diperbaharui setiap tiga bulan dengan nomor SK Kemensos Nomor 252/HUK-PS/2020

Lindungi Hutan ialah platform crowdsourcing penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan

  1. Mengajak masyarakat Indonesia dan Dunia untuk berperan aktif dalam pelestarian Lingkungan Hidup di Indonesia. 
  2. Menjadi pioner teknologi pelestarian hutan di Indonesia. 
  3. Menjadi penghubung dan penggerak pelestarian Lingkungan Hidup di Indonesia.
  4. Menanam pohon sejumlah penduduk Indonesia sampai batas waktu yang tidak ditentukan. 
  5. Membantu peningkatan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pelestarian Lingkungan. 
  6. Menjaga hutan Indonesia agar tetap lestari. 
  7. Menjadi lembaga independen yang membantu mewujudkan kelestarian Lingkungan Indonesia terutama pada sektor kehutanan.

Relawan LindungiHutan merupakan para individu yang mendaftarkan diri ke lembaga LindungiHutan secara online melalui website “www.lindungihutan.com” untuk dapat berkontribusi dalam pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh LindungiHutan. Kegiatan tersebut mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh Tim Pusat dan Relawan LindungiHutan Daerah.

  1. Relawan baru yang sudah register di website, dapat memilih salah satu dari komunitas relawan LindungiHutan Daerah yang ada sesuai dengan daerah domisili kalian 
  2. Setelah melakukan pendaftaran relawan daerah, Relawan baru akan menerima email berupa link WhatsApp pengurus relawan daerah terkait pada email yang digunakan untuk register di website. 
  3. Silahkan konfirmasi ke pengurus relawan daerah melalui WhatsApp dari tautan tersebut untuk langkah selanjutnya
  4. Ajak 10 teman mu dan ikuti Ketentuan Relawan LindungiHutan Baru apabila tidak ada Relawan LindungiHutan Daerah sesuai daerah domisilimu 
  1. Mendukung penggalangan dana yang dilakukan oleh LindungiHutan di https://lindungihutan.com/kampanyealam
  2. Menyebarkan kampanye terkait dengan aksi konservasi lingkungan melalui media sosialmu di Instagram Lindungi Hutan atau web https://wanaswara.com/ 
  3. Relawan Lindungi Hutan yang sudah tergabung dengan Relawan LindungiHutan Daerah dapat ikut serta mengikuti kegiatan sesuai yang sudah terjadwalkan oleh pengurus relawan daerah
  1. Dapat ikut serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LindungiHutan Pusat dan LindungiHutan Daerah.
  2. Mendapatkan pengalaman dalam pelestarian lingkungan
  3. Sertifikat anggota resmi yang dikeluarkan oleh Tim Pusat (Apabila sudah tergabung ke dalam Relawan LindungiHutan Daerah)
Relawan LindungiHutan Daerah merupakan bagian dari kelembagaan yang terdiri dari para individu dengan visi dan misi yang sama dalam pelestarian lingkungan di daerah. Relawan LindungiHutan Daerah berstatus tidak terikat, tetapi bertanggung jawab.

Struktur Relawan LindungiHutan Daerah terdiri dari :

  1. Koordinator daerah relawan
  2. Sekretaris Umum 
  3. Bendahara
  4. Divisi Penelitian dan Pengembangan
  5. Divisi Media dan Komunikasi 
  6. Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia
  7. Divisi Penghijauan Hutan dan Konservasi
  1. Bersama dengan grup relawan dapat membuat kegiatanmu sendiri 
  2. Berdiskusi dengan relawan lain untuk menentukan solusi permasalahan lingkungan 
  3. Relasi dengan stakeholder lingkungan (pemerintah, organisasi)
  4. Mendapatkan pengalaman dalam berorganisasi
  5. Sertifikat pengurus resmi yang dikeluarkan oleh Tim Pusat

Prioritas utama kegiatan Relawan LindungiHutan Daerah adalah fokus pada penanaman/perawatan pohon di hutan lindung atau area konservasi. Kegiatan penanaman/perawatan pohon dapat dilakukan atas inisiatif daerah atau dilakukan serentak atas arahan Tim LindungiHutan Pusat. beberapa kegiatan penanaman serentak skala nasional:

  • Harapan Hutan (18 Desember)
  • Rawat Bumi (22 April)
  • Hutan Merdeka (17 Agustus)


Selain program kerja dari pusat diatas, kamu dapat melakukan kegiatan lainnya sesuai dengan agenda pengurus Relawan LindungiHutan Daerahmu. Kegiatan tersebut seperti edukasi, kampanye dan aksi bersih sampah baik dilingkungan penduduk, area pantai dan area pegunungan. Tidak hanya itu, setelah kalian bergabung dengan Relawan LindungiHutan Daerah kamu dapat mengikuti program webinar 3.0 yaitu pertemuan online dengan Tim LindungiHutan Pusat tiap bulannya di minggu ke 3

  1. Ajak sekelompok orang minimal 10 orang dengan jiwa relawan yang berdomisili sama denganmu 
  2. Seluruh bakal anggota mendaftarkan diri secara online di website www.lindungihutan.com
  3. Kirimkan identitas anggota kepada Tim Pusat dengan rincian Nama, Email, No Handphone dan Struktur kepengurusan anggota bersangkutan melalui form  https://s.id/formkepengurusan 
  4. Kirimkan rencana aksi kampanye LindungiHutan di domisili kalian ke https://s.id/FormPengumpulanProkja  

Mulai November 2020, Tim Pusat Lindungi Hutan melakukan Re-Organisasi. Bagi Relawan LindungiHutan Daerah yang tidak memenuhi Standar Relawan Aktif (https://bit.ly/3i2HxyO), Relawan LindungiHutan Daerah tersebut akan di takedown oleh sistem dan dianggap tidak aktif. Apabila sudah tidak aktif dan ingin membuat komunitas relawan di domisili yang sama, silahkan untuk mengikuti prosedur/ketentuan pembukaan Relawan LindungiHutan Daerah baru

Standar pelaporan kegiatan kepada Tim Pusat seminimal mungkin terdiri dari : 

  1. Nama kegiatan 
  2. Lokasi kegiatan 
  3. Deskripsi singkat kegiatan (4 kalimat) 
  4. Pencapaian kegiatan 
  5. Dokumentasi kegiatan 

Pelaporan dapat dilakukan secara online maupun offline dengan format sesuai dengan kapasitas dan inovasi relawan. Pelaporan diajukan maksimal 7 hari setelah kegiatan selesai. Pelaporan online dikirim melalui email ke [email protected]
Kerjasama instansi luar dengan Relawan LindungiHutan Daerah harus dikoordinasikan dan mendapatkan perizinan dari Tim Pusat. Segala bentuk penyalahgunaan kerjasama akan mendapatkan hukuman dari internal maupun secara hukum yang ada di Indonesia. Pengajuan kerjasama yang dilakukan oleh relawan kepada instansi luar harus sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang dibuat oleh Tim Pusat, sesuai dengan perkembangan zaman. SOP akan dikirimkan oleh Tim Pusat sebelum Relawan LindungiHutan Daerah membuat kerjasama dengan instansi luar.

Kewajiban dari Koordinator Daerah Relawan LindungiHutan : 

  1. Membentuk kepengurusan Relawan LindungiHutan Daerah , mulai dari Open Recruitment sampai kegiatan di akhir kepengurusan. 
  2. Open Recruitment dilakukan kondisional sesuai dengan kondisi di daerah relawan dengan dikomunikasikan dengan Tim Pusat.
  3. Menganalisis dan melakukan pendataan mengenai kerusakan Lingkungan yang memerlukan penanganan untuk melakukan aksi Relawan LindungiHutan Daerah.
  4. Membuat Kampanye untuk penanganan hutan/penanganan masalah  pelestarian lingkungan di daerah domisili. 
  5. Mengikuti program kerja Tim Pusat Yayasan LindungiHutan untuk dikoordinasikan kepada anggota Pengurus Relawan LindungiHutan dan Relawan LindungiHutan Daerah. 
  6. Memperlebar kerjasama dengan instansi daerah untuk membantu pelestarian lingkungan di Indonesia. 
  7. Menjaga nama baik Yayasan LindungiHutan di daerah domisili dan menjadi penghubung Tim Pusat dengan daerah domisili. 

Hak dari Koordinator Relawan LindungiHutan Daerah : 

  1. Merupakan inisiator terbentuknya Relawan LindungiHutan Daerah.
  2. Mendapatkan wewenang untuk mengatur Relawan LindungiHutan Daerah atas bimbingan dan persetujuan Tim Pusat. 
  3. Mendapatkan informasi perkembangan Relawan LindungiHutan di seluruh Indonesia melalui forum resmi yang dibuat oleh Tim Pusat.
  4. Mendapatkan relasi partner LindungiHutan di berbagai sektor beberapa diantaranya adalah pemerintah, industri, lembaga dan komunitas 
  5. Mendapatkan pengetahuan mengenai kehutanan, teknologi hutan dan keragaman hayati yang dikembangkan oleh LindungiHutan melalui beberapa kajian. 
  6. Mendapatkan piagam resmi dari Yayasan LindungiHutan sebagai inisiator terbentuknya LindungiHutan Daerah di akhir kepengurusan. 
  7. Status Koordinator Relawan LindungiHutan Daerah adalah relawan yang tidak terikat tetapi bertanggung jawab dan beretika bijaksana.
  8. Berstatus sebagai Pembina Relawan LindungiHutan Daerah, jika sudah selesai masa periode Koordinator Relawan LindungiHutan Daerah selama 1 tahun.

Kewajiban Sekretaris Umum :

  1. Bertanggungjawab atas tugas kesekretariatan berupa surat menyurat, proposal, LPJ, sertifikat, dan lain-lain serta membuat standar yang baku.
  2. Bertanggungjawab pada administrasi dan pengarsipan.
  3. Membuat notulensi dalam setiap pertemuan serta mengirimkan hasil notulensi tersebut kepada semua peserta rapat dan Lindungi Hutan Pusat.
  4. Menjadi pusat pengumpulan dokumentasi kegiatan semua organisasi.

Hak Sekretaris Umum Lindungi Hutan daerah :

  1. Meminta database relawan dan organisasi dari Anggota Relawan Daerah.
  2. Meminta laporan pertanggungjawaban berkala dari tiap Kadiv
  3. Berkomunikasi langsung dengan Lindungi Hutan Pusat terkait proposal dan sejenisnya
  4. Mengoreksi semua kesalahan yang terjadi pada surat menyurat, proposal, LPJ, sertifikat, dan sebagainya terutama dalam hal standardisasi penulisan, tanda baca, penulisan nama, gelar, dan lain-lain atas Koor Daerah.

Kewajiban Bendahara Lindungi Hutan Daerah :

  1. Mewakili Ketua apabila berhalangan hadir terutama untuk setiap aktivitas di bidang pengelolahan keuangan organisasi.
  2. Bersama Ketua dan Sekretaris merupakan Tim Kerja Keuangan (TKK) atau otorisator keuangan ditubuh pengurus.
  3. Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan organisasi di bidang pengelolahan keuangan organisasi untuk menjadi kebijakan organisasi.
  4. Memimpin rapat-rapat organisasi dibidang pengolahan keuangan organisasi,menghadiri rapat-rapat Organisasi dan rapat-rapat Lainnya.
  5. Memfasilitasi kebutuhan pembiayaan program kerja dan roda organisasi

Hak Bendahara Lindungi Hutan daerah :

  1. Membuat dan mengesahkan keputusan dan kebijakan organisasi bersama-sama Koor Daerah dalam hal keuangan dan kekayaan organisasi.

Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang penelitian dan pengembangan pelestarian Lingkungan yang akan dilakukan oleh Relawan Lindungi Hutan.
  2. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang Lingkungan.
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang penelitian dan pengembangan.
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Pengurus Lindungi Hutan Pusat.

Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  1. Mengelola Media Sosial Relawan Daerah Seperti Instagram, Facebook, Line dan Twitter.
    Melakukan penulisan kegiatan terkait aktifitas relawan daerah di Portal Berita Lindungi Hutan.
  2. Mencari Media Partner Relawan Daerah untuk meningkatkan publikasi seperti Portal Berita Online, Chanel Radio dan Televisi.
  3. Membuat design perihal poster atau sejenisnya
  4. Menjalin komunikasi dengan relasi Lindungi Hutan Daerah seperti Pemerintah, Industri ataupun komunitas lainnya.

Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  1. Perumusan rencana, kebijakan dan strategi SDM sesuai dengan arah strategis pelestarian Lingkungan Daerah.
  2. Analisis dan evaluasi dalam rangka menentukan tingkat kebutuhan optimal SDM baik dalam jumlah maupun kualitas.
  3. Melakukan pengkaderan relawan baru.
  4. Pembinaan dan peningkatan mutu relawan di lingkungan unit kerjanya.

Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  1. Melakukan Analisis Permasalah Lingkungan yang ada di daerah.
  2. Pendataan mengenai Pelestarian Ekosistem Hutan seperti pendataan luas lahan hutan lindung dan konservasi di daerah serta sejenisnya yang mendukung proses penghijauan.
  3. Menjalin relasi kepada pemerintah (Dinas lingkungan Hidup, Taman Nasional dan KLHK) terkait program kerja pemerintah dan Lindungi Hutan.
  4. Membuat Program Penanaman di daerah sesuai dengan kebutuhan yang ada.
  5. Menjalin relasi dengan masyarakat yang peduli dengan pelestarian lingkungan di daerah seperti LSM ataupun organisasi lingkungan lainnya.

Hak dari Relawan LindungiHutan : 

  1. Mengikuti segala bentuk kegiatan Relawan LindungiHutan (tidak wajib). 
  2. Mendapatkan informasi perihal LindungiHutan. 
  3. Mendapatkan e-Sertifikat dari setiap kegiatan yang diikuti. 

Kewajiban dari Relawan LindungiHutan : 

  1. Mengikuti Relawan LindungiHutan Daerah
  2. Memperlebar kerjasama dengan instansi daerah untuk membantu pelestarian lingkungan di Indonesia. 
  3. Menjaga nama baik Yayasan LindungiHutan di daerah domisili dan menjadi penghubung Tim Pusat dengan daerah domisili. 
  4. Ikut membantu dalam mensukseskan program Yayasan LindungiHutan.
Bagi relawan daerah yang sudah terbentuk kepengurusan lengkap bisa diajukan ke Koordinator Relawan LindungiHutan Pusat dengan mengirimkan struktur kepengurusan lengkap.