Dampak LindungiHutan dari Masa ke Masa

Mimpi Kami Ingin Menanam Pohon Sejumlah Penduduk Indonesia

832,473

Pohon telah tertanam

Dampak Kebaikan Sosial-Lingkungan yang Telah Tercapai

Angka di samping tak sepadan dengan fakta di lapangan berupa optimisme dan antusiasme terhadap masa depan yang lebih hijau.

400 Ton CO2Eq

Karbon Terserap

Dampak baik dari penanaman pohon oleh LindungiHutan adalah menyerap emisi karbon dan memperbanyak area hijau. Emisi karbon yang terserap oleh pepohonan dapat menjaga stabilitas iklim secara signifikan.

832.5k

Pohon Tertanam

Melalui ribuan kampanye alam yang berhasil dilakukan LindungiHutan, kini ratusan ribu pohon telah tertanam di 40+ lokasi penanaman di seluruh Indonesia. Penanaman pohon menjadi pilihan yang mudah untuk memperbaiki dan menjaga bumi tetap asri.

121

Penggerak

Kami mendukung pemberdayaan kelompok masyarakat peduli lingkungan dengan menggandeng mereka sebagai penggerak yang menjalankan penanaman pohon, mengelola daerah penghijauan, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan langkah hijau kami.

535

Mitra Hijau

Mitra Hijau adalah Perusahaan atau Brand yang berkontribusi dengan memberikan dukungan dana untuk kegiatan konservasi hutan yang kami lakukan. Kami sangat terbuka untuk bekerja sama dengan Perusahaan atau Brand yang ingin menjalankan program penghijauan sebagai aksi nyata dalam pelestarian lingkungan.

Jumlah Pohon Per Wilayah
Jumlah Area Tercover Per Wilayah (ha)
Jumlah Serapan Carbon Per Wilayah (Ton)
Jumlah Kampanye Alam Per Wilayah

Kontribusi LindungiHutan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Setiap langkah yang LindungiHutan lakukan bersama dengan individu, komunitas dan mitra hijau mendukung pencapaian SDGs.

Pelajari lebih lanjut kontribusi LindungiHutan

Lihat Selengkapnya

Ambil Bagian dan Pilih Peran untuk Berkontribusi dalam Gerakan Penghijauan

Kami tak bisa berjalan sendiri untuk mewujudkan mimpi agar dapat menanam pohon sebanyak penduduk Indonesia. Kami percaya satu orang tak dapat merubah segala situasi, tetapi kolaborasi bisa menjadi solusi.

Mengedepankan Kolaborasi Membantu Kami dalam Misi Menghijaukan Indonesia

Bukan satu proses lalu selesai, namun banyak pihak terlibat dan banyak tahapan yang dilalui. Berbagai macam peran yang bisa dilakukan apapun latar belakangnya, bagaimanapun caranya. Karena LindungiHutan percaya satu orang tak dapat merubah segalanya, namun kolaborasi adalah solusinya.

Pemberdayaan

Kami bekerjasama dengan para petani dan komunitas sekitar hutan yang bertanggung jawab di lahan yang legal

Perhatian

Penggalang dapat melakukan penggalangan dana dalam bentuk kampanye alam untuk lokasi yang dibutuhkan

Kepedulian

Masyarakat dapat membantu dengan berdonasi yang digunakan membiayai bibit, penanaman dan perawatan

Kerjasama

Organisasi, perusahaan, komunitas bahkan brand dapat bekerja sama

Keterlibatan

Dengan gabung aksi, relawan dapat langsung hadir di lokasi penanaman

Keberlanjutan

Bibit tak hanya selesai saat ditanam, namun akan dirawat dan dapat dipantau keadaannya

Bukan Proses Satu Hari

2016

Rob dan absari di utara Semarang yang menjadikan makam terpendam dan hunian warga ditimbun tiap tahun, sedangkan warga memiliki banyak bibit mangrove tak terbeli. Bagaimana jika mangrove terbeli dan tertanam?

Bukan Proses Satu Hari

2017

Ternyata masalah alam dan sosial tak hanya di satu tempat, bahkan banyak daerah lain yang membutuhkan kepedulian bersama. Platform penggalanga dana dan tenaga terciptanya untuk menjembataninya

Bukan Proses Satu Hari

2018

Ketertarikan masyarakat untuk terwujud dalam beragam cara, mulai dari donasi, ikut acara langsung bahkan membeli merchandise yang sekaligus untuk berdonasi. Di penghujung tahun, satu kegiatan kami dihadiri ratusan relawan

Bukan Proses Satu Hari

2019

Memperingati Hari Bumi, kami menginisiasi #RawatBumi, sebuah penanaman serentak di 100 kota Indonesia, yang dilanjut #HutanMerdeka pada bulan Agustus dan #HarapanHutan pada bulan Desember

Bukan Proses Satu Hari

2020

Tak cuma pribadi, bahkan organisasi ingin terlibat, mulai dari kampus, komunitas, perusahaan, bahkan influencer, brand dan UMKM yang diwadahi dalam program Collaboratree, Communitree, Corporatree, Universitree dan Influentree

Bukan Proses Satu Hari

2021

Berjalan seiring dengan perubahan, kami melakukan inovasi dan pengembangan Imbangi, sebuah fitur kalkulator jejak karbon untuk menghitung sekaligus mengimbangi emisi karbon dengan penanaman berbagai jenis pohon.

Bukan Proses Satu Hari

2022

Untuk mempermudah masyarakat mengakses konten edukasi mengenai pelestarian hutan, kami mempublikasikan konten-konten tersebut di berbagai platform seperti Blog, Instagram, dan Youtube. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk memilih platform yang paling sesuai dengan mereka.

Visi

Melestarikan hutan untuk kemanusiaan melalui teknologi, kolaborasi dan aksi konservasi

Misi

  1. Menciptakan teknologi tepat guna untuk kemudahan akses dan transparansi
  2. Merangkul berbagai pihak dalam kolaborasi yang berdampak dan inklusif
  3. Memberdayakan komunitas sekitar hutan untuk keberlanjutan aksi konservasi

Profil Singkat LindungiHutan

Awal mula pembentukan LindungiHutan merupakan gagasan dari mas Rio (Sekarang telah pensiun dari LindungiHutan dan mengerjakan aktivitas lain) dan mas Cacip (CTO) untuk membantu petani bibit dan kelompok masyarakat peduli alam yaitu kelompok CAMAR yang tinggal di wilayah pesisir utara Kota Semarang.

Lalu, tercetuslah ide untuk membuat sebuah platform yang mewadahi publik untuk ikut menanam pohon dengan mudah dan transparan sekaligus memberikan manfaat baik bagi hutan, alam dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya dan lahirlah LindungiHutan sebagaimana yang kakak kenal saat ini.

Pada tanggal 18 Desember 2016, penanaman pohon pertama kali dari hasil sumbangsih masyarakat terlaksana di daerah tempat kelompok CAMAR tinggal. Dan setiap 18 desember dianggap sebagai hari LindungiHutan berdiri.

Mulai januari 2017, mas Ben (CEO) mulai bergabung bersama kedua rekan yang telah mendahuluinya dalam upaya menghijaukan Indonesia.

Setahun kemudian, pada Maret 2018, LindungiHutan memegang izin resmi dari Kemenkumham dalam naungan badan hukum Yayasan Lindungi Hutan dengan ketetapan SK AHU-0003033.AH.01.04.Tahun 2018.

Perkembangan LindungiHutan hingga hari ini dapat kamu akses lebih lengkap melalui halaman profil LindungiHutan (LindungiHutan.com/profil) dan dampak nyata (LindungiHutan.com/dampak) dari aktivitas kita dalam memanfaatkan platform ini.

Kisah Penggerak Penghijauan

Nilai-nilai yang kami tanamkan

Mudah

Melalui platform LindungiHutan.com, semua orang yang ingin berkontribusi atau menanam pohon tak perlu mengikuti rangkaian prosedur yang sulit

Transparan

Semua data kegiatan terkait aksi, peran, hasil, maupun dampak terekam dan terarsip dengan baik yang dapat diakses secara terbuka.

Berkelanjutan

Kegiatan pelestarian tak hanya dilakukan pada suatu waktu, tapi juga memberi manfaat berkelanjutan untuk aspek ekologi, ekonomi, dan sosial.

Fleksibel

Mengedepankan kolaborasi dengan berbagai pihak yang berasal dari semua kalangan, kami menerapkan nilai fleksibilitas yang menyesuaikan dengan masing-masing kebutuhan.

Inklusif

LindungiHutan menerapkan nilai yang bersifat inklusif agar menjadi platform yang ramah dan menjangkau semua lapisan masyarakat sehingga aksi pelestarian hutan dapat dilakukan oleh semua orang.

535 Mitra Hijau

Lihat Semua

Kisah Mitra Kami

Mau kolaborasi dengan LindungiHutan?

Isi formulir berikut agar kami bisa menghubungi Anda

1
Tentang Anda

2
Bentuk Kolaborasi
 Email telah digunakan, gunakan email lain!

Pilih salah satu

0 / 150
1
Tentang Anda

2
Bentuk Kolaborasi

Anda bisa memilih lebih dari satu bentuk kolaborasi. Pilih lainnya jika Anda ingin bentuk kerjasama yang lain

Jumlah pohon minimum yang ingin Anda donasikan

Anda bisa memilih waktu penanaman lebih dari satu

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa itu LindungiHutan?

LindungiHutan.com adalah platform penggalangan dana dan kerjasama yang berfokus pada konservasi hutan Indonesia. Pengumpulan dana di LindungiHutan dilakukan melalui kampanye alam atau gerakan yang dapat dibuat oleh siapa saja. Kami bermitra dengan petani bibit hutan dan masyarakat sekitar untuk mempermudah proses penghijauan serta memberikan dampak kebaikan sosial dan lingkungan untuk masyarakat sekitar.

Apa Tujuan LindungiHutan

Penciptaan teknologi platform www.LindungiHutan.com memiliki tujuan untuk mendekatkan hutan kepada masyarakat. Melalui platform tersebut, semua kalangan masyarakat dapat berpartisipasi dan berperan langsung dalam aksi pelestarian hutan sebagai pendukung, penggalang, atau penggerak di lapangan.

Apa saja kegiatan LindungiHutan?

LindungiHutan.com merupakan startup penggalangan dana dan kerjasama untuk konservasi hutan Indonesia. Cakupan kerjanya meliputi penggalangan dana, aktivitas penghijauan, kolaborasi dengan Perusahaan atau Brand, Pemberdayaan Penggerak atau mitra penghijauan, dan edukasi masyarakat terkait hutan dan alam.

Kenapa Brand/Perusahaan Kami Perlu Bekerjasama dengan LindungiHutan

Setidaknya ada 5 alasan mengapa Brand/Perusahaan kamu perlu menjalin kerjasama dengan LindungiHutan.

  1. Mudah dan berkelanjutan. LindungiHutan memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat sekitar hutan dengan membantu pemberdayaan petani sebagai penjual atau penyedia bibit, dan sebagai controller pada setiap pohon yang berhasil ditanam.
  2. Meningkatkan citra baik bagi brand/perusahaan.
  3. Menambah kredibilitas bisnis dan kepercayaan konsumen.
  4. Menaikkan penilaian investor dan pemegang saham perusahaan.
  5. Skema kerjasama, biaya, dan lokasi kegiatan dapat diatur dan didiskusikan.

Bukan Hasil Satu Orang

Di balik layar platform LindungiHutan. Mereka yang bekerja untuk terus berupaya membuat bumi menjadi tempat tinggal yang lebih hijau dan lestari.

Penggerak
Pendukung
Penggalang
Mitra Hijau
Tim Internal
Gambar Penggerak
Gambar Penggerak
Gambar Penggerak
Penggerak

Penggerak adalah individu atau kelompok yang menjalin kerjasama dengan LindungiHutan yang bergerak di lapangan. Penggerak adalah mereka yang menjalankan penanaman pohon, mengelola daerah penghijauan, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan isu lingkungan. Penggerak disebut juga sebagai petani bibit karena mereka memiliki akses sebagai penjual atau penyedia bibit pohon yang ditanam.

Mari wujudkan mimpi itu bersama LindungiHutan

Jalin Kerjasama Buat Kampanye
Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications